Contoh Text Laporan Hasil Observasi Singkat Lingkungan, Tumbuhan, Hewan, dan Alam

22.34





Setelah Anda mengetahui pengertiannya, kita melihat struktur teks laporan observasi ini. Berikut adalah ikhtisarnya:
Struktur teks:
Definisi Umum
Deskripsi bagiannya
Deskripsi manfaat
Tutup

Untuk struktur itu sendiri hanya ada 3 struktur saja, yaitu definisi umum, suku cadang dan manfaat tanpa pertanggungan. Tidak apa-apa, tidak ada yang buruk.

Selanjutnya, perhatikan karakteristik laporan surveilans, serta gambaran umum:

Karakteristik Teks:
Tujuan
Jangan berpihak
Menurut fakta
Tidak berisi pendapat atau pendapat atau dugaan
Universal dan global
Menggunakan bahasa standar dan berbobot
Membahas satu objek
Contoh laporan observasi

Setelah membahas secara rinci definisi, karakteristik dan struktur teks laporan pemantauan, lihat di bawah untuk beberapa contoh teks observasi singkat di bawah ini. Berikut adalah ikhtisarnya:

# Contoh Laporan Survei Hasil dari lingkungan sekolah


SD Negeri Menur adalah sebuah sekolah dasar yang terletak di desa Menur, Kecamatan Marangen, Kabupaten Demak. Di daerah sekolah, ada habitat (biotik) dan tidak hidup (abiotik). Untuk hidup terdiri dari tanaman hias dan pepohonan. Adapun benda mati berupa bangunan berkelas, gedung perpustakaan dan lapangan voli.

Toh, tanaman hias itu sendiri berada di semua kelas depan dan di depan kantor direktur. Jenis tanaman hias yang ada disana, antara lain mawar, melati, anggrek, kembang sepatu dan Bougainville. Sedangkan untuk pohon itu sendiri, ini mangga, pohon beringin, pohon pisang dan bambu kuning.


Untuk lingkungan benda mati ada gedung sekolah yang terdiri dari kamar direktur, ruang guru, ruang kelas 1 sampai 6, perpustakaan, ruang makan, gym, kamar mandi dan lapangan voli. Setiap kelas memiliki 37 kursi dan 19 meja, termasuk kursi dan meja guru. Ada papan, kipas angin, sapu dan alat tulis.

Oh ya, jika Anda ingin melihat contoh teksnya, komentar singkat lainnya mengenai teks lingkungan, silakan klik untuk mengunjungi contoh teks pemantauan lingkungan, tolong untuk mencari tahu atau mendownloadnya.


# Contoh Laporan Hasil Observasi Tumbuhan


Lidah buaya adalah tanaman dengan nama latin "lidah buaya" atau "Aloe barbadensis milleg" - satu dari 10 jenis tanaman obat dan bahan industri yang menjadi penjual terbaik dunia.

Lidah buaya bisa bertahan di tempat dengan suhu tinggi. Biasanya tanaman ini ditanam di pot atau di pekarangan menjadi tanaman hias. Lidah buaya memiliki tonjolan yang sedikit terarah, bukan sisi tipis dan rapuh, bergerigi dan bercak. Untuk ukuran sendiri bisa mencapai 15-36 cm dan lebar 2-6 cm.
Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang kaya akan vitamin, kecuali vitamin D. Tanaman ini banyak digunakan untuk obat-obatan seperti cacing, amandel, keseleo, luka bakar, bisul, jerawat dan juga bisa dijadikan tanaman hias.

# Contoh Hasil Observasi Hewan

Kucing adalah salah satu spesies mamalia dari keluarga felidae, termasuk kelompok hewan pemakan daging karnivora.

Kucing dikelompokkan dalam 2, yaitu kucing besar dan kucing domestik. Termasuk kucing besar - harimau, singa, cheetah dan masih banyak lagi. Sementara kucing domestik adalah kucing dengan ukuran lebih kecil dan sering ditemukan di penyewa atau rumah.

Kucing memiliki taring tajam, serta cakar yang tajam. Cakar ini bisa disembunyikan dan diangkat jika perlu. Kucing memiliki pemandangan yang sangat tajam di malam hari, sehingga hewan ini cukup aktif di malam hari atau biasa disebut hewan nokturnal. Kucing domestik bisa tumbuh hingga 60 cm, tinggi 45 cm dan berat 16 kg.

Seperti hewan peliharaan lainnya, kucing merupakan favorit beberapa orang yang perlu diperhatikan, karena mereka memiliki daya tarik yang berbeda.


Contoh teks laporan hasil observasi singkat

Kantong Semar

Kantong semar adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam spesies karnivora atau daging yang hidup dengan memakan serangga kecil seperti lalat, semut dan lebah.

Tujuh tas yang di ambil unik, yaitu membuka ransel sangat lebar, setelah itu tanaman ini akan menunggu sampai ada serangga yang datang dan duduk di atasnya, setelah ekstraksi yang akan datang, kantung itu dengan cepat menutup kelopak dan serangga - penyangga kecil akan tertangkap di dalamnya.

Pemerintah mulai memperhatikan tanaman ini, yakni melakukan konservasi agar tidak mematikan tanaman ini dan menjaga kelestariannya.

Beruang madu


Madu madu adalah jenis beruang yang memiliki ukuran terkecil dibandingkan dengan 8 jenis beruang lainnya. Hewan ini menjadi ikon provinsi Bengkulu.

Madu madu memiliki panjang 1,4 meter, tinggi punggung 70 cm dan berat berkisar antara 50 sampai 65 kg. Matahari memiliki satu-satunya yang tidak ditutupi bulu karena tempatnya di pepohonan. Beruang surya dapat bekerja pada kecepatan 48 km / jam dan memiliki kekuatan yang cukup kuat.

Madu madu adalah jenis mamalia dari binatang dengan tubuh pendek dan berkilau. Di bagian bawah leher ada tanda unik dengan warna oranye. Diklasifikasikan sebagai omnivora, yang berarti bahwa hewan ini termasuk dalam semua konsumen, antara lain serangga, madu, burung dan hewan kecil lainnya.

Karena keunikannya, banyak orang berburu binatang buas. Selain itu, penghancuran ekosistem juga menyebabkan sinar matahari beruang kehilangan rumahnya.

Bumi dan Bulan

Bulan adalah satelit alami milik Bumi, yang merupakan pendamping terbesar di tata surya. Bulan berputar atau berputar mengelilingi Bumi. Satu putaran kita kenal dengan 1 bulan.

Kita hanya bisa melihat bulan di malam hari. Pada malam hari, bulan nampaknya memancarkan cahaya, namun ternyata cahaya yang dipancarkan dari bulan bukanlah cahaya tersendiri, namun berasal dari matahari.

Jarak bumi ke Bulan sekitar 363.104 km (225.622 mil) atau sekitar 30 kali diameter Bumi, dimana diameter Bumi sekitar 7.917,5 mil. Bulan itu sendiri memiliki diameter sekitar 3.344 km.

Bulan bersirkulasi di Bumi setiap 27,3 hari (periode Orbit) dan perubahan periodik dalam sistem Bumi - Bulan-Matahari bertanggung jawab atas fase berulang Bulan setiap 29,5 hari (periode Sinode).

Ada kegilaan sentrifugal yang membuat bulan tidak jatuh ke tanah, tapi bergerak di sepanjang bumi, dan kekuatan ini juga membuat bulan lebih jauh dari Bumi menjadi 3,8 cm per tahun.

Tidak ada kehidupan di Bulan, karena tidak ada air dan udara. Selain itu, pada permukaan bulan ada kawah terbentuk akibat benturan komet atau asteroid. Bulan terdiri dari beberapa struktur, termasuk inti, mantel dan kulit kayu. Inti Bulan memiliki bagian internal yang sangat kaku setinggi 240 km, dan bagian luar cairannya memiliki ketebalan 300 km.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai