Belajar Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Yang Benar

18.06
Pada kesempatan ini kami akan berbagi sebuah informasi untuk anda yang sedang mencari artikel mengenai contoh surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar.  Bagi anda yang masih berstatus pelajar tentu sudah tak heran lagi dengan tata cara pembuatan surat izin, di materi pelajaran bahasa indonesia pun hal ini dipelajari. Fungsi dari surat izin adalah berguna untuk keperluan di sekolah bila kita sakit atau berhalangan, jika sakit maka menunjukkan surat keterangan dari dokter.

Bagi anak sekolah, ketika sedang sakit dan tak bisa berangkat sekolah harus menggunakan surat sakit tak berangkat sekolah. Ya, karena jika tidak menggunakan surat, maka akan dicatat alpa atau membolos. Namun sayang masih sering dijumpai bentuk surat izin tidak berangkat sekolah karena sakit yang penulisannya salah.

Inilah Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Lalu bagaimana susunan surat ijin sakit? Secara umum, surat sakit sama dengan surat ijin lainnya, yaitu terdiri dari beberapa bagian, antara lain yaitu.
  • Tempat dan tanggal, yaitu tempat pembuatan dan tanggal pembuatan surat
  • Tujuan, catatan jika memakai kata “Kepada” jangan gunakan lagi kata “Yth” begitupun sebaliknya, jika anda menggunakan “Yth” maka jangan gunakan “Kepada”. Atau bisa dibilang pilih salah satu saja.
  • Salam pembuka, umumnya menggunakan kalimat “Dengan hormat”.
  • Pembuka, berisikan pembukaan atau sapaan kepada yang dituju. Dan biasanya hanya berupa 1 atau 2 kalimat saja. Dan susunan kalimat yang digunakan pun biasanya cukup singkat namun efektif.
  • Isi surat, berisikan tentang identitas anak dan apa tujuan membuat surat tersebut.
  • Penutup, berisikan permintaan maaf dan terimakasih atas perhatian yang diberikan pihak penerima surat (guru). Jangan pernah anda menggunakan kata “nya” tapi gunakanlah “bapak/ibu”. Contoh “terimakasih atas perhatian bapak/ibu guru”.
  • Tanda tangan wali murid.

Letak Kesalahan Penulisan Surat Ijin Tidak Masuk Sekolah

1. Penggunaan bahasa
 
Surat izin tidak masuk sekolah termasuk surat resmi, maka bahasa yang digunakan baku dam efektif.
 
2. Penggunaan tanda baca
 
Penggunaan tanda baca surat ijin sakit sangat penting. Karena lebih rapi dan mudah dibaca. Berfungsi sebagai cara penyambung dan akan mempengaruhi arti juga susunan kata.
 
3.  Kerapihan
 
Disamping tanda baca, aspek yang mempengaruhi kerapihan surat ijin adalah tulisan tangan.
 

Cara Menulis Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Untuk kamu para pelajar yang sedang ada tugas tentang surat izin ataupun mendadak ada keperluan tidak berangkat sekolah berikut akan kami berikan contoh surat izin tidak masuk sekolah yang benar :




Lampung, 26 Agustus 20..
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-B
SMP N 1 Sukoharjo - Pringsewu



Dengan hormat,
Dengan ini saya orang tua/wali murid dari :
 
Nama : Agustin's Agung Kurniawan
Siswa : Kelas IX-B SMP N 1 Sukoharjo
Alamat : Jl. Patimura No 182 Sukoharjo II
 
Memberitahukan bahwa anak saya yang tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin 26 Agustus 20.. dikarenakan sakit influenza. Oleh sebab itu, kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-B memberi izin.
Demikian surat izin saya buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya,
Orang tua/Wali murid


Avelin
 
 

Sekian informasi mengenai contoh surat izin tidak masuk sekolah yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian, dan menjadi inspirasi dalam membuat surat izin yang benar, saat pembuatan surat izin pasti kalian semua perlu memperhatikan dalam penggunaan Bahasa juga Tanda baca.

Download Vidmate Aplikasi Untuk Download Film , Music, Anime, Game, Apps, Terlangkap

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)