Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Mencegah Penyakit Degeneratif

20.56
Ada banyak cara menjaga kesehatan mata. Mata adalah jendela hati. Kita perlu merawatnya semasih hidup sebab dengan penglihatan yang sehat, kita bisa menikmati indahnya pemandangan di sekitar. Selain itu, mata juga dibutuhkan untuk membaca dan melakukan aktivitas lainnya. Masalah pada mata bisa menimpa siapa saja. Lihat saja, orang-orang sudah mulai memakai kacamata sejak masih kecil. Itu bisa karena faktor keturunan atau karena kurang telaten dalm merawat mata. Faktor usia juga sangat berpengaruh sebab seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan mata biasanya sehingga kita akan memerlukan alat bantu untuk melihat. 


Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan mata:
1. Konsumsi makanan sehat
Melindungi mata bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat. Nutrisi yang diperlukan oleh mata antara lain Vitamin C, Vitamin E, seng, lutein, dan Omega-3. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat-zat ini, anda bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif pada mata. Ada banyak alternatif yang bisa dicoba, seperti salmon, tuna, bayam, telur, kacang-kacangan, jeruk, tiram, dsb. Tidak hanya harus sehat, namun porsinya juga perlu dibatasi agar anda tidak mengalami kegemukan. Seperti diketahui, obesitas merupakan salah satu faktor pemicu diabetes. Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang ada kandungan antioksidannya. Buah dan sayur biasanya memiliki antioksidan meski dalam jumlah yang bervariasi.
2. Cari tahu riwayat kesehatan anda
Anda perlu mengetahui riwayat kesehatan anda sebab beberapa penyakit memiliki efek terhadap penglihatan, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes. Jika anda menderita kondisi ini dan tidak mendapatkan penanganan segera, mata bisa terkena dampaknya. Sudah banyak orang kehilangan penglihatannya karena penyakit diabetes.
Konsumsi makanan sehat
3. Rasakan perubahan pada mata
Hanya anda sendiri yang tahu secara pasti kondisi mata anda. Jika anda mulai menyadari adanya masalah pada penglihatan, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Misalnya saja, anda melihat tulisan pada buku atau koran agak blur. Atau mungkin garis-garis terlihat double. Masalah lain yang mungkin muncul adalah kesulitan melihat di tempat redup / gelap. Semuanya bisa menjadi pertanda adanya masalah pada mata. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Perubahan sekecil apapun wajib menjadi perhatian.
4. Berolahraga
Olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk kesehatan mata. Dengan rutin berolahraga, anda tidak hanya menjaga stamina dan fisik aja, tapi juga kesehatan mata. Olahraga ringan seperti aerobik bisa mencegah penyakit degeneratif pada mata.
5. Pakai kacamata bila diperlukan
Ini juga termasuk cara menjaga kesehatan mata yang penting untuk dilakukan. Kapan anda perlu memakai kacamata? Saat anda berada di luar ruangan atau tempat-tempat dengan intensitas cahaya terlalu tinggi, jangan lupa memakai kacamata  gelap. Ini akan membantu mencegah paparan sinar UV yang berbahaya. Contoh lainnya adalah saat melihat gerhana matahari, anda juga perlu memakai kacamata khusus. Kapanpun anda merasa pencahayaan di sekitar terlalu terang dan mengganggu penglihatan, pakailah kacamata karena ini bisa menghindarkan anda dari katarak dan penyakit mata lainnya.
6. Periksa mata secara rutin
Masih banyak orang yang enggan memeriksakan kesehatan mata karena menganggapnya kurang begitu penting. Mereka baru ke dokter setelah muncul masalah yang serius. Memeriksakan mata bisa membantu mendeteksi adanya resiko penyakit lain seperti retinopati diabetik. Penyakit ini munculnya tanpa gejala, jadi untuk mengetahuinya, anda perlu melakukan tes mata.
7. Jangan terlalu intens di depan komputer
Jika anda merasakan sakit pada mata setelah memakai laptop, itu artinya mata butuh istirahat. Tanda lainnya yang mungkin muncul adalah perih, mata merah, dan penglihatan kabur. Meskipun anda banyak menghabiskan waktu di depan komputer, namun kesehatan mata tetap nomor satu. Atur kecerahan layar untuk mengurangi paparan cahaya yang masuk ke mata. Kemudian istirahatkan mata sesekali agar tidak terlalu penat. Itu tadi beberapa cara menjaga kesehatan mata.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Cara Menjaga Kesehatan Mata dan Mencegah Penyakit Degeneratif | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)