Cara Melaporkan Berbagai Peristiwa Secara Lisan

17.29
Setiap hari ada banyak kejadian yang terjadi di dunia ini. Peristiwa seru, langka dan mendesak, selalu memburu wartawan yang akan diwakili dalam pemberitaan. Acara berita TV adalah kumpulan acara yang dikumpulkan dari berbagai belahan dunia. Ini adalah salah satu tugas wartawan, yaitu kejadian Melaorkan yang telah dikumpulkan. Seorang reporter adalah kata penyerapan dari bahasa asing, yang berarti seorang reporter atau orang yang melapor. Setiap hari, reporter memeriksa tempat untuk mendapatkan berita. Ini adalah pekerjaan yang menarik dan menantang. Bagi anda yang ingin menjadi reporter, latih setiap hari, ceritakan tentang apa yang terjadi dengan gaya reporter.



Semua acara yang bisa kita kumpulkan dalam berita menarik, kalau kita bisa membawa laporan dengan baik. Banyak acara yang bisa kita ambil dari politik, pendidikan, kesehatan, hobi, bencana alam, dll.


Bagaimana melaporkan kejadian
Biasanya reporter yang di tempat tersebut langsung melaorkan kejadian yang diliputnya secara lisan. Kejadian yang dilaporkan harus berisi 6 item berita 5W + 1H. Inilah syarat dasar untuk kelengkapan berita. Kita bisa melaporkan kejadian ini dengan mengatakan:

  1. Apa (apa yang sedang dikhotbahkan)
  2. Dimana (adegan)
  3. Siapa (orang / tokoh yang terlibat)
  4. Kapan (waktu terjadinya)
  5. Mengapa (mengapa ini terjadi)
  6. Bagaimana (terjadinya kejadian)


Membaca dan menulis laporan (reportase)

Untuk menyajikan laporan yang baik, kita harus memperhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Perhatikan baik-baik yang telah kita saksikan
  2. Kelengkapan elemen 5W + 1H
  3. Gunakan bahasa yang efektif dan komunikatif
  4. Laporkan dengan jelas
  5. Minta pendapat tentang sumbernya

Nah, sekarang mari kita mulai melaporkan kejadian yang kita alami secara verbal. Berikut adalah contoh laporan tentang sebuah acara yang didedikasikan untuk HAT RI di desa Lebakwangi.


Contoh Melaporkan Peristiwa Secara Lisan



PERINGATAN HUT RI KE 70 DI VILLAGESWANGI

Pada hari Senin, 17 Agustus 2015, warga desa lebakwangi berkumpul di lapangan untuk menyaksikan perlombaan untuk merevitalisasi ulang tahun ke 70 RI. Persaingan taruna muda di desa Lebakwangi dan mahasiswa KKN Universitas Pankasakti Tegal akan berlangsung dari pukul 14.00 sampai akhir.

Cabang kontes, yang akan diadakan antara lain, adalah bahwa mereka mengadakan kompetisi kerupuk, lomba lomba lari maraton, memasukkan kuku ke dalam botol, memecahkan kendi, menggoyang bola dan lubang jarum pinhole untuk peserta dewasa. Selain lomba, yang saya sebutkan tadi, kontes karaoke untuk anak-anak dan orang dewasa akan diadakan malam ini.

Menurut Kareto, ketua kadet desa Desa Lebakwangi, acara ini digelar untuk merevitalisasi Hari Kemerdekaan Indonesia, namun juga sebagai sarana persahabatan antara penduduk Lebakwang. Kontes hari ke-17 pada hari Senin juga diselenggarakan berkat dukungan warga dan elemen pemerintahan desa. "Kompetisi ini disponsori oleh warga dan pengusaha di desa Lebakwangi, kami mengajukan proposal untuk sumbangan." Kata Carioto.

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Cara Melaporkan Berbagai Peristiwa Secara Lisan | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)