Cara Buat Usaha Kursus Mengemudi Kecil Kecilan

08.26


Kemampuan mengemudikan mobil masih belum banyak dimiliki orang, sementara keinginan untuk mempunyai kendaraan tersebut  juga sangat besar. Biasanya sebelum membeli mobil  mereka akan mencari jasa kursus mengemudi terlebih dahulu. Kesempatan ini merupakan peluang usaha yang bisa anda kelola.
Jika anda mempunyai kemampuan mengemudi yang baik dan juga berpengalaman, anda bisa mengelola sendiri bisnis ini. Namun jika pengalaman anda masih belum cukup sebaiknya anda meminta bantuan orang yang lebih berpengalaman untuk bekerja sama. Intinya meskipun anda tidak punya pengalaman mengemudi yang jelas anda punya keinginan yang kuat memulai bisnis ini, pasti akan  selalu ada jalan yang terbuka.
Berikut ini ulasan untuk membuat jasa kursus mengemudi kecil-kecilan
Membuka kursus mengemudi kecil-kecilan bisa dimana saja baik di daerah perkotaan atau di pedesaan. Keterampilan mengemudi sudah sangat dibutuhkan dimana saja. Kemampuan ini mutlak dibutuhkan khususnya bagi pemilik kendaraan dan juga orang-orang yang mempunyai pekerjaan yang membutuhkan keahlian ini.
Walaupun belajar mengemudi bisa dengan teman atau keluarga namun biasanya belajar mengemudi dari orang lain akan lebih mudah. Salah satu alasannya, belajar dari orang lain ilmunya lebih cepat menyerap. Inilah peluang anda, terlebih anda mempunyai pengalaman mengemudi yang belum tentu dimiliki orang lain. Biasanya jika keluarga atau teman yang mengajarkan, mereka cenderung tidak sabaran.

Apa yang patut anda persiapkan ?

Kendaraan
Bagaimana cara memulainya? Anda bisa memanfaatkan mobil yang anda punya atau join dengan teman.  Pastikan mobil tersebut aman digunakan dan dilengkapi dengan alat-alat keselamatan seperti sabuk pengaman dan juga rem tangan berfungsi dengan baik. Pastikan pula weser, lampu dan tanda-tanda peringatan lainnya berfungsi. Jika anda punya modal cukup, idealnya anda menyediakan mobil baru yang cukup populer digunakan masyarakat.
Instruktur Mengemudi
Keberhasilan dalam usaha ini terletak pada instrukturnya. Dibutuhkan orang yang telaten, tenang, waspada dan sabar sebab anda akan berhadapan dengan berbagai macam orang yang tentunya memiliki karakter yang berbeda beda. Selain itu kondisi kendaraan juga patut diperhatikan, jangan sampai mobil yang anda gunakan sering mogok dijalan.
Buatlah materi pengajaran yang baik untuk memudahkan proses belajar seperti :
  • Pengenalan rambu-rambu lalu lintas
  • Dasar-dasar mengemudi seperti pengenalan sistem kemudi
  • Cara memindahkan perseneling dan cara menggunakan mobil matik
  • Cara parkir seperti parkir lurus, parkir paralel dan parkir mundur
  • Cara berhenti di tanjakan
  • Cara mengemudi saat macet
  • Cara mengemudi dalam / keluar kota
  • Safety Driving
  • Evaluasi dan pendalaman materi
Tarif Kursus
Tarif kursus bisa anda sesuaikan dengan jenis mobil. Biasanya mobil dengan transmisi matik biaya kursusnya sedikit lebih mahal ketimbang yang manual. Selain itu merk mobil juga biasanya menentukan harga. Biaya kursus bisa anda atur dengan menggunakan paket-paket. Bingung menentukan harganya? Anda bisa kok iseng jalan-jalan ke tempat kursus mengemudi yang sudah ada lebih dulu. Dari sana anda bisa mengadopsi cara-cara mereka sekaligus melihat harga jasa kompetitor anda.
Lokasi Usaha
Usahakan lokasi usaha Anda mudah untuk  dijangkau, jika anda belum memiliki lokasi usaha untuk sementara anda bisa menerima jasa kursus panggilan. Dimana anda akan memberikan kursus dengan mendatangi tempat calon siswa anda.
Jadwal Belajar
Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda begitu pula dengan kesempatannya. Untuk itu anda perlu membuat pilihan jadwal belajar agar siswa anda bisa menyesuaikan. Misalnya Jadwal I Senin-Rabu-Jumat (Pagi/ Sore) Jadwal II Selasa-Kamis-Sabtu (Pagi / Sore).

Cara Mengembangkan Jasa Kursus Mengemudi

Agar usaha kursus mengemudi Anda cepat berkembang ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan :
Pelayanan 
Anda bisa memberikan pelayan prima, seperti keramahan, layanan antar jemput, harga yang kompetitif, jam belajar yang memadai bahkan sampai menguruskan surat izin mengemudi. Anda juga bisa memberikan promo, misalnya tetap mengajar di hari libur
Promosi
Salah satu upaya agar usaha anda berkembang adalah dengan melakukan promosi. Anda bisa berpromosi lewat berbagai macam media antara lain media sosial, paflet atau stiker.  Anda bisa menempelkan promo usaha anda di beberapa tempat umum seperti warung makan, tempat cukur bisa juga dengan menempelkan stiker di kendaraan umum. Selain itu anda juga bisa beriklan di koran lokal atau di radio.
Mitra Usaha
Untuk memperlancar usaha, anda memerlukan mitra. Anda bisa bekerja sama dengan Kepolisian, Sekolah dan Kampus.  Anda bisa menawarkan kegiatan ekstra belajar mengemudi ke pihak sekolah atau kampus bisa juga sebagai media pengurusan SIM Kampus.
Anda juga bisa bermitra dengan usaha rental mobil, dengan begitu anda tidak perlu harus mengadakan banyak mobil. Terlebih mobil-mobil rental bervariasi sehingga anda bisa menyesuaikan dengan keinginan pelanggan. Anda tinggal mengatur bentuk kerjasamanya dengan pemilik rental mobil. Anda untung pemilik rental pun senang.
Semoga tips membuat jasa kursus mengemudi ini dapat membantu anda mendirikan usaha kursus mengemudi.
Salam Wirausaha

Aplikasi Untuk Download Video Dari Facebook

Cara Buat Usaha Kursus Mengemudi Kecil Kecilan | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)