Belajar Kunci Gitar Dasar Lengkap Untuk Pemula

14.34
Ternyata jika kita ingin belajar kunci gitar itu tidak sesulit yang dibayangkan. Kadang ada yang mempunyai bakat untuk dapat bermain gitar sehingga sangat mudah ketika belajar kunci gitar. Namun ada pula orang yang kurang berbakat dalam bermain gitar sehingga pada saat belajar gitar agak sulit untuk menguasainya. Sebelum mulai belajar, sebaiknya lebih dahulu bisa memahami bermain gitar itu tak bisa hebat hanya dalam waktu satu malam. Namun bukan berarti tidak bisa dipelajari.

Namun anda tidak perlu putus asa jika belum bisa bermain gitar, karena keberhasilan dalam belajar kunci gitar bisa anda kuasai dengan cepat walaupun anda tidak berbakat bermain gitar. Bagaimana caranya ? nanti kita akan ulas secara lengkap di artikel ini.

Cara Belajar Kunci Gitar Dasar

Dalam artikel ini kita akan mengulas mengenai cara belajar kunci gitar yang mudah untuk anda yang masih pemula. Kita juga akan memberikan penjelasan mengenai kunci-kunci gitar dengan lengkap. Sebelum kami berbagi tips cara bermain gitar dengan mudah, anda harus belajar terlebih dulu kunci dasar bermain gitar.

1. Pelajari cara menyetel senar pada gitar

Tak semua senar gitar langsung mengeluarkan suara merdu saat dipetik, apalagi baru pertama kali dibeli. Untuk itu, senar gitar perlu disetel supaya tegangannya pas dan menghasilkan suara yang merdu saat dipetik.

Anda sebagai seorang pemula, belajar cara tuning pada senar gitar sangat penting, sebab bisa menjadikan telinga terbiasa mendengar jenis nada yang tepat. Caranya:
  • Ketahui nama-nama senar. Dari yang paling tebal ke bawah urutannya yaitu E, A, D, G, B, dan E.
  • Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ingin nada tinggi,  tinggal kencangkan senar gitar anda. Dan untuk nada yang rendah, maka putar saja tuner-nya hingga senar mengendur dan pada posisi yang tepat.
Kencang atau kendurnya senar ini sangat mempengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan bisa kamu ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya.

2. Memetik Senar Gitar

Sekarang saatnya kamu mencari tahu kunci-kunci dasar dalam memainkan gitar. Ada kunci A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan kunci G. Setiap kunci, punya cara sendiri dimainkan. Misalnya, saat akan memainkan nada A, hanya senar D-G-B saja yang ditekan dan senar A-D-G-B-E (bagian bawah) saja yang dimainkan atau digenjreng. Senar E tak perlu ikut dimainkan.

Pengetahuan ini paling tidak sudah diketahui saat sebelum belajar memainkan kunci gitar. Jika bisa, anda catat pada buku khusus dalam latihan main gitar agar tidak lupa.

3. Mainkan Kunci Dasar Gitar

Setelah mencatat semua kunci dasar yang perlu dikuasai, sekarang saatnya kamu mencoba memainkan kunci ini. Ini langkahnya:
  • Belajar menekan senar di  fret ataupun logam yang tegak lurus di leher gitar. Pastikan anda hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja.
  • Mulailah memainkan kunci dasar yang sudah kamu catat. Pilih dari yang menurut kamu termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama.
  • Jangan asal genjreng saja. Usahakan dapat menghasilkan nada merdu dan juga jernih.
  • Jika sudah berhasil dalam memainkan 1 kunci secara jernih, anda boleh ganti memainkan kunci yang lainnya.
Demikianlah cara belajar kunci gitar dasar yang bisa anda coba di rumah. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda.

Download Vidmate Aplikasi Untuk Download Film , Music, Anime, Game, Apps, Terlangkap

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)