Bagaimana Cara Berwirausaha

08.52

Banyak orang yang bercita-cita ingin berwirausaha namun bingung dengan bagaimana cara berwirausaha. Berbagai kendala sering meliputi seperti punya modal tapi tidak punya ide bisnis, ada juga yang punya ide bisnis tapi tidak tahu cari modal dimana. Disinilah pentingnya informasi wirausaha. Anda akan menemukan cara bagaimana memulai wirausaha.
Artikel wirausaha berikut ini akan membahas trik bagaimana memulai sebuah usaha. Berikut penjelasannya :
Menjual produk unik
Untuk menemukan ide peluang usaha baru, dibutuhkan hal yang kreatif dan inovatif. Kami yakin anda adalah salah satunya. Buatlah sebuah produk atau jasa yang lain daripada yang lain. Biasanya sebuah produk yang unik cepat mendapatkan pasar karena memancing rasa ingin tahu orang. Selain unik, produk yang anda buat haruslah bermanfaat. Lihatlah betapa berkembangnya industri kreatif saat ini. Seperti itu pulalah bisnis anda nantinya.
Memberi Ekstra Tambahan
Persaingan usaha sudah pasti akan terjadi. Nah untuk memenangkan persaingan usaha anda harus memberikan nilai tambah pada produk atau jasa anda. Misalkan anda berbisnis warung kopi. Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, anda bisa memberikan fasilitas tambahan seperti free wifi misalnya. Voucer minum kopi gratis setelah beli 5 gelas, dan lain sebagainya.
Menjadi Follower Usaha
Jika anda tergolong orang yang kurang kreatif, tidak ada salahnya menjadi seorang follower. Tidak jarang orang menjadi follower dengan melihat trend yang ada. Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan dengan membuka usaha yang sedang trend untuk ikut meraup keuntungan. Tapi yang perlu anda ingat adalah, menjadi follower resiko dan peluangnya hampir sama besar. Resiko pertama, pesaing anda cukup banyak bahkan menjamur. Namun anda tidak perlu khawatir. Namanya pengusaha, harus berani ambil resiko. Yang terpenting adalah ukur kemampuan anda terlebih dahulu dan jangan memaksakan diri. Biarlah menjadi follower namun memiliki nilai lebih.
Membeli franchise / Waralaba
Ini dia bisnis yang cocok bagi anda yang punya modal tapi tidak tahu harus buka usaha apa. Saat ini sudah banyak pilihan usaha yang membuka waralaba atau kemitraan. Perlu anda ingat, anda juga harus jeli melihat prospek usaha waralaba tersebut. Anda bisa membuat riset kecil-kecilan untuk menyesuaikan waralaba tersebut dengan kondisi pasar saat ini.
Sendiri Boleh, Rame-Rame juga Asik
Mendirikan usaha boleh dengan berbagai cara. Termasuk mengajak teman atau keluarga untuk berbisnis bersama. Dengan mengajak orang lain ikut berbisnis, beban anda akan ringan dan usaha juga bisa cepat berkembang. Yang jelas pembagian tugas dan keuntungan harus adil dan akuntabel.
Manfaatkan Keterampilan
Anda tidak harus memiliki keterampilan tertentu untuk menjadi pengusaha. Tapi kemampuan anda untuk mengelola orang-orang yang punya keterampilan juga bisa menjadikan anda seorang wirausahawan. Misalnya anda ingin mendirikan bengkel, yang anda perlukan adalah mencari lulusan STM atau orang-orang yang pernah bekerja di bengkel lain. Yang anda butuhkan adalah menyewa tempat dan membeli beberapa peralatan.
Ikut Pelatihan Wirausaha
Jangan sia-siakan semangat anda untuk berwirausaha. Penting bagi anda untuk ikut pelatihan wirausaha untuk memperbanyak pengetahuan dan menambah keterampilan anda dalam berusaha.  Jangan malu untuk mengikuti pelatihan. Muda, Tua bahkan bagi pensiunan, pelatihan wirausaha akan sangat bermanfaat.
Melihat Kebutuhan Sekitar
Mencari peluang usaha, bisa dengan jeli melihat apa yang menjadi kebutuhan sekitar. Misalnya sekitar rumah sakit. Banyak hal yang dibutuhkan orang sekitaran rumah sakit. Sebagai contoh anda bisa menyimak artikel http://www.kiatwirausaha.com/peluang-usaha-disekitar-rumah-sakit
Banyak jalan menuju Roma, Banyak cara untuk menjadi pengusaha. Segeralah Beraksi !
Salam Wirausaha

Robot Untuk Auto Like Facebook 100% Work

Bagaimana Cara Berwirausaha | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)