Jenis Alat Musik Ritmis Lengkap Dengan Contohnya

18.01
Musik merupakan sebuah media hiburan yang disukai semua kalangan masyarakat sejak zaman dulu sampai zaman modern sekarang ini. Membahas tentang musik tentunya tidak akan terlepas dari instrumen musik atau alat musik. Menurut fungsinya alat musik dibagi menjadi 3 yaitu ritmis, melodis, dan harmonis. Lalu sebenarnya apa saja jenis alat musik ritmis itu? Kita akan bahas lengkap di sini.

Apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis? Alat musik dengan jenis ritmis yaitu alat musik yang tak memiliki nada, tapi memiliki perbedaan pada tinggi bunyi untuk mengeluarkan irama. Alat musik ritmis berfungsi sebagai pengiring dan pembentuk irama sehingga karya musik yang dimainkan dapat stabil. Alat musik jenis ini bisa dikenali lewat cara memainkannya, dilakukan dengan di pukul ataupun di kocok.

Jenis Alat Musik Ritmis

Seperti yang kami sebutkan diawal, alat musik ritmis dibedakan menjadi jenis modern dan jenis tradisional. Masing-masing jenis tersebut memililki alat musiknya sendiri-sendiri. Berikut ini adalah beberapa contoh dari alat musik ritmis:

Contoh Alat Musik Ritmis

Ada begitu banyak alat musik ritmis tradisional di dunia ini, di bawah ini kami akan menampilkan beberapa di antaranya:

1. Kendang

Kendang adalah alat musik tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari sebuah tabung bermembran kulit lembu. Kendang sering dimainkan pada pertunjukan jaipong, campur sari, wayang kulit, kuda lumping, dan beragam kesenian tradisional lainnya. Tabuhan kendang menghasilkan bunyi-bunyian ritmis yang menyemarakan pertunjukan-pertunjukan seni tersebut.

2. Tifa

Tifa adalah sebuah alat musik tradisional Papua yang terbuat dari batangan kayu sebagai tabung suara dan kulit hewan sebagai membrannya. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditepuk. Sering dimainkan saat pertunjukan tari tradisional Papua, atau pada acara-acara adat, juga ketika pertunjukan seni tradisional Papua yang lainnya. Pada tabung kayu instrumen ini, kita dapat melihat beragam ukiran dan aksesoris yang menambah keunikan alat musik ini.

2. Bongo

Bongo adalah alat musik ritmis tradisional yang berasal dari Kuba berkembang sejak abad ke-19. Ada juga yang menyebutnya berasal dari Afrika. Alat musik pukul ini terdiri dari sepasang gendang (kecil dan besar) yang bagian bawahnya tidak tertutup. Alat musik bongo dimainkan dengan cara meletakkannya di antara kaki. Gendang kecil disandarkan pada satu paha, sedangkan gendang besar dikempit menggunakan betis yang berlawanan.

Alat Musik Ritmis Modern

Penyebutan modern pada alat musik ini dikarenakan bahan dasar pembuatannya dan kepopulerannya yang datang belakangan. Berikut ini contohnya:

1. Drum

Satu jenis alat musik ritmis modern yang merupakan hasil pengembangan dari alat musik pukul tradisional. Alat ini diberi tampilan modern karena bahannya bukan lagi dari kayu dan kulit, melainkan menggunakan bahan dasar plastik. Drum yang modern biasanya ditampilkan dalam satu set. Terdiri atas banyak drum serta beragam dimensi baik kecil atau besar. Musik-musik modern saat ini (rock atau pop) banyak menggunakan alat musik ini. Cara memainkannya dengan memukul membran menggunakan stick yang terbuat dari kayu.

2. Triangle

Alat musik ritmis modern berbentuk segitiga. Terbuat dari bahan logam, baik itu baja atau dari bahan logam yang lainnya dan diberi sebuah gantungan dari kawat atau nilon sebagai pegangan. Triangle berkerja dengan cara menghasilkan bunyi dari getaran seluruh badan instrument (idiofoni). Cara memainkannya yaitu dengan memukul sisi bagian dalam maupun luar triangle sehingga menghasilkan bunyi.

Demikianlah penjelasan mengenai alat musik ritmis dan contohnya. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai