7 Tips Cara Jitu Jual Barang Online

08.09


Punya barang atau produk yang mau di jual online ? Supaya barang yang anda jual bisa cepat laku atau terjual dengan laris manis, ada trik dan tipsnya. Tanpa perlu ber basa basi lagi berikut ini  7 tips berjualan barang online yang perlu anda simak :

Bangun Kepercayaan
Sebelum membeli sebuah barang, pembeli tentunya akan mencari tahu siapa dan dimana penjual nya. Nah tips pertama supaya barang yang anda jual cepat laku adalah lengkapi profil anda, seperti nama, nomor hp dan di area mana. Sebagian orang mungkin menganggap remeh hal ini namun perlu anda ingat, pembeli kan tidak datang ke tempat anda. Jadi mereka perlu mencari informasi yang jelas tentang si penjual. Pembeli akan lebih memilih Penjual yang terpercaya

Menentukan Harga
Tips kedua agar barang yang anda jual cepat laris adalah menentukan harga jual barang anda. Beberapa pengalaman dari penjual online menuturkan kesalahan dalam menentukan harga sangat mempengaruhi penjualan mereka. Harga berbeda sedikit saja sudah sangat berpengaruh, apalagi jika perbedaan harga telampau jauh.

Misalkan saja anda mau berjualan handphone seken. Anda lupa dulu belinya dengan harga berapa jadi anda dengan iseng menjualnya dengan harga 500 ribu. Sudah lama di pasarkan belum juga ada yang membeli, paling ada yang menawar dengan harga 150 ribu. Ternyata setelah cek bon belinya harganya hanya 300 ribu. Pantas saja jika yang menawar sedikit. Nah supaya hal ini tidak terjadi pada anda, lakukanlah riset terlebih dahulu untuk menentukan harga. Pasanglah harga yang reasonable price alias masuk akal.

Apa yang perlu anda riset ? Sebelum menentukan harga jual anda harus tahu dulu berapa harga pasaran untuk produk anda. Bandingkan kondisi produk anda dengan produk lainnya. Ingat ada kualitas ada harga. Jika produk anda berkualitas diatas rata-rata anda boleh menjual produk anda sedikit lebih mahal. Pembeli juga paham dengan hal tersebut. Sebaliknya jika produk anda berkualitas sama dengan produk lainnya, anda bisa memberikan harga sedikit lebih murah supaya barang yang anda jual lebih cepat mendapatkan respon pembeli.

Detail Produk
Berilah informasi yang jelas dan lengkap mengenai produk yang anda jual. Misalkan foto, kelengkapannya, cara penggunaan, buku petunjuk, beratnya dan lain-lain. Hal ini penting sebagai bahan pertimbangan calon pembeli.

Jadilah Penjual yang Jujur
Jujurlah dalam berdagang. Berikanlah informasi yang sebenar-benarnya kepada calon pembeli anda. Sebagai contoh ; Jika sistem penjualan anda COD “Cash On Delivery” jangan lupa untuk menyertakan tempat ketemuan, nomor handphone yang bisa dihubungi, dan waktunya. Jangan lupa menuliskan kondisi barang sejujurnya. Misalkan anda menjual handphone. Jual handphone Samsung Duos minus charger kondisi mulus. Atau jual handphone Samsung Duos, lengkap kondisi layar sedikit tergores.

Contoh lainnya ; Jika sistem penjualan anda transfer dulu baru barang dikirimkan, jangan lupa untuk mengirimkan no resi pengiriman kepada pembeli. Informasikan berapa lama estimasi barang sampai ke tangan pembeli.

Kasih Bonus Biar Makin Laris
Namanya gratisan siapa yang tidak mau ya? Nah untuk meningkatkan atau mempercepat penjualan anda. Tidak ada salahnya memberikan bonus kepada pembeli. Bonus bisa memberikan nilai tambah terhadap apa yang kita jual. Misalkan saja anda menjual produk pemutih wajah alami anda bisa menambahkan bonus masker wajah atau cleanser. Sebaiknya bonus yang anda berikan masih berkaitan dengan produk yang anda jual. Pembeli tentunya akan senang jika diberi bonus. Bisa jadi dari bonus yang anda berikan, mereka akan menjadi pembeli yang loyal kepada anda.

Cerdik Memilih Lokasi
Untuk pembelian dengan model COD, anda harus pandai memilih lokasi. Ada banyak hal yang harus anda pertimbankan utamanya biaya transportasi dan keamanan anda sendiri. Untuk mencegah tindak kejahatan, pilihlah tempat yang terang, ramai dan mudah diakses untuk bertemu calon pembeli anda. Kemudian upayakan anda tidak pergi sendiri, ajaklah teman atau saudara anda.

Pastikan kondisi Barang Siap Jual
Pastikan barang yang anda beli dalam kondisi siap jual. Misalkan baterai dalam kondisi penuh, kemasan rapi dan bersih. Jangan sampai begitu ketemu pembeli, handphone yang anda jual tidak bisa menyala karena kehabisan baterai. Akhirnya wassalam, handphone tidak jadi dibeli. Begitu pula dengan barang-barang lainnya. Jangan sampai anda menimbulkan kesan ingin menipu pembeli.
Masih banyak lagi tips berjualan online yang harus anda pelajari. Semoga 7 tips berjualan online tadi bisa menambah pengetahuan anda seputar bisnis online.
Salam Wirausaha

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

7 Tips Cara Jitu Jual Barang Online | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)