6 Ide Pilihan Bisnis Untuk Mahasiswa

07.50

Jika masih mempunyai pemikiran bekerja setelah tamat kuliah, maka alangkah kunonya pemikiran tersebut. Ya, memang sekolah atau kuliah agar bisa mendapatkan pekerjaan untuk masa depan nanti. Namun bukan berarti bekerja hanya bisa dilakukan dengan ijazah. Terlalu lama, apalagi untuk Anda yang saat ini sedang dalam masa menjadi mahasiswa.
Meski mempunyai kewajiban utama untuk belajar, mahasiswa juga bisa berbisnis apalagi waktu yang habis di kampus tidak lagi selama waktu yang dulu Anda habiskan di sekolah. Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada serta ilmu  yang telah diperoleh untuk mendapatkan peluang usaha atau bisnis untuk mendapatkan uang.Berikut ini ide-ide bisnis yang bisa dijalankan sebagai mahasiswa :

  1. Mengajar privat
Mengajar privat merupakan ide bisnis atau peluang usaha yang cukup mudah untuk dijalankan sebab tidak terlalu terikat waktu yang bisa mengganggu jam kuliah. Hal yang paling penting, bisnis privat tidak membutuhkan modal.
  1. Translator
Jika Anda merupakan mahasiswa bahasa asing, maka aAnda bisa memanfaatkannya untuk menerima jasa penerjemahan. Ide bisnis ini mempunyai prospek yang cukup bagus karena akan banyak teman mahasiwa yang akan menggunakan jasa untuk menerjemahkan buku referensi mereka. Anda bahkan bisa mengajak teman yang lain sebagai team dengan pembagian hasil yang baik.
  1. Pembuat website
Jika Anda mahasiwa bidang teknologi informasi, maka bisa menekuni bisnis yang berhubungan dengan duniatersebut seperti pembuat website. Hal ini juga cukup menguntungkan karena saat ini dunia internet dipergunakan dengan luas di setiap tempat. Semua instansi dan pribadi membutuhkan website untuk informasi dan promosi, jadi akan banyak permintaan untuk meminta membuatkan website.Mahasiswa teknologi informasi lebih berkompeten membuat website dan sudah mengetahui istilah yang digunakan dan mendesignnya dengan baik.
  1. Penulis lepas
Jika Anda hobi dan mempunyai bakat menulis, maka gunakanlah kesempatan itu sebaik mungkin. Anda bisa menjadi penulis lepas untuk media cetak maupun online.Hal ini membutuhkan usahadan kesabaran memang, karena tentu saja tulisa Anda harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemilik media tersebut. Menjalankan hobi, mengasah bakat dan minta dan mendapatkan fee untuk itu, bukankah menyenangkan?
  1. Jadi illustrator
Jika Anda suka menggambar, maka saatnya unjuk bakat dan mengasahskill dengan menjadi seorang illustrator. Cobalah untuk sabar mengirimi karya Anda ke media-media. Siapa tahu ada yang tertarik mengajak untuk menjadi illustrator.Sambil mengasah kemampuan, mendapatkan bayaran, Anda juga punya kesempatan untuk mengenalkan karya pada orang lain.
  1. Berdagang
Jika jago dalam hal promosi produk, maka berdagang bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Jika dahulu kendalanya modal, waktu dan tempat, di zaman modern saat ini, hal tersebut bukan lagi masalah. Anda tentu punya gadget kan? Nah, manfaatkan gadget untuk bisnis online. Modal yang dibutuhkan hanyalah pulsa atau paket data internet. Dengan memanfaatkan teknologi canggih ini Anda bisa jualan tanpa harus memakan modal, tempat dan waktu.
Masih banyak sebenarnya bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiwa, namun beberapa yang disebutkan diatas adalah bisnis paling mungkin dan paling bisa dilakukan karena tidak membutuhkan modal besar dan juga tidak ada resiko kerugiannya.
Setiap orang diangurahi bakat dan minat tertentu.Maka jangan sia-siakan hal tersebut. Anda bisa menggunakan bakat dan minat untuk mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai mahasiwa.Modal utamadalam berbisnis adalah Anda mau mencoba, menjalankannya dan tekun. Selamat mencoba.

Aplikasi Untuk Download Video Dari Facebook

6 Ide Pilihan Bisnis Untuk Mahasiswa | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)