6 Hal Yang Harus Anda Tahu Sebelum Menjalankan Bisnis Francise

07.43

Jika ingin berbisnis  namun belum punya pengalaman serta kurang menguasai dunia marketing, maka salah satu solusi adalah menjalankan bisnis franchise atau waralaba. Bisnis ini juga minim resiko gagal meskipun Anda belum berpengalaman di dunia bisnis.  Sebenarnya apa itu bisnis franchise?
Bisnis franchise adalah sebuah kerjasama bisnis   seseorang mengambil brand sebuah bisnis yang sudah ada, termasuk tata cara penjualan dan marketingnya dengan syarat pembeli franchise (franchisee) harus membayar royalti pada pemberi franchise  (franchisor).


Contohnya, Anda ingin membuka sebuah bimbingan belajar, dan menggunakan nama salah satu bimbel terkenal berikut mekasnisme kerjanya. Maka syaratnya adalah Anda membayar rotalti pada bimbel ternama tersebut.  Dengan memakai nama dari bimbel ternama yang telah memiliki reputasi bagus tersebut maka tidak perlu lagi melakukan promosi keras untuk mendapatkan siswa. Bimbel tersebut sudah terkenal kualitasnya sehingga dicari banyak orang.
Itulah alasan utama kenapa bisnis ini cukup menjanjikan. Namun bagaimanapun, segala sesuatu punya resiko. Bagian yang perlu dilakukan yaitu meminimalisir resiko menjadi sekecil mungkin. Nah, apabila Anda berniat untuk menjalankan bisnis franchise, sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan tips-tips berikut:
  • Pilihlah bisnis franchise yang memiliki kredibilitas baik
Ketika Anda ingin memilih bisnis franchise, pastikan bahwa franchisor yang akan dipilih memiliki kredibilitas yang bagus. Pastikan produk atau jasanya sudah dikenal dan disukai masyarakat. Dengan demikian, Anda tidak lagi perlu promosi yang gencar sebab brand tersebut sudah diterima masyarakat.
  • Pastkan status hukum franchisor
Produk saja yang terkenal secara luas tidaklah cukup, Anda juga harus memastikan status hukum dari perusahaan franchisor itu sendiri. Pastikan bahwa franchisor tersebut memiliki status hukum yang kuat, tidak sedang bermasalah dalam perizinan, apalagi dalam sengketa. Jangan sampai hal ini terjadi sebab jika hal tersebut terjadi bisnis Anda akan terkena imbasnya. Jadi pastikanlah franchisor yang ingin Anda ambil tidak bermasalah dalam hukum.
  • Perhatikan target bisnis serta lokasi Anda
Telah mendapatkan franchisor telah terkenal serta status hukum kuat, namun tidak sesuai dengan sasaran bisnis, maka hal tersebut akan sia-sia saja. Sebelum memilih bisnis ini, perhatikankanlah kebutuhan di sekitar Anda kira-kira bisnis apa yang sesuai dengan masyarakat. Dengan demikian, produk Anda akan terpakai karena ada yang membutuhkannya. Atau, apabila Anda sudah menentukan bisnisnya, carilah tempat yang strategis dan cocok untuk mengembangkannya.
  • Pilih bisnis franchise sesuai dengan keuangan Anda
Melakukan bisnis memiliki resiko. Jika Anda seorang pebisnis pemula, mulailah bisnis franchise dengan modal yang kecil terlebih dahulu untuk berjaga-jaga agar tidak mengalami kerugian yang sangat besar.
  • Hindari tempat dengan bisnis sejenis
Agar barang atau jasa Anda menjadi pilihan konsumen, maka harus menjadi satu-satunya penjual setidaknya di area tersebut. Maksudnya adalah, usahakan memilih  tempat yang tidak ada usaha sejenis dengan Anda, sebab bisnis tersebut bisa menjadi kompetitor bisnis yang bisa mengurangi peluang Anda.
  • Produk dan jasa yang harganya terjangkau
Semakin banyak pembeli atau pemakai jasa Anda, maka semakin berkembang bisnis. Itu rumusnya. Bagaimana mendapatkan hal itu semua? Dengan memilih produk atau jasa dengan harga yang terjangkau oleh berbagai kalangan. Dengan demikian, akan banyak yang membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Anda harus menyesuaikannya dengan kondisi ekonomi tempat membangun bisnis.
Nah, itulah 6 pertimbangan penting jika ingin memulai dan memilih bisnis franchise. Selagi mempunyai keinginan, maka bisnis  bisa dijalankan melalui jalan apa saja. Jjika tidak punya modal, dapat bisa mengandalkan pengalaman dengan bergabung bersama orang lain.
Begitupun sebaliknya, apabila tidak mempunyai pengalaman bisnis namun punya modal, maka terdapat peluang menjalankan bisnis franchise. Semoga terbantu dengan tips-tips di atas. Selamat mencoba !

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

6 Hal Yang Harus Anda Tahu Sebelum Menjalankan Bisnis Francise | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)