5 Tips Sukses Mengelola dan Menjalankan Bisnis Les Privat

07.53

Bekerja paruh waktu sambil kuliah merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mengasah semangat kemandirian sejak dini. Bekerja sambil kuliah akan memberikan pengalaman penting. Salah satu  bisnis dan pekerjaan yang cukup tren dilakoni mahasiswa adalah menjadi tentor atau guru les privat.
Di banding pekerjaan paruh waktu lain, sebenarnya menjadi guru privat merupakan salah satu pekerjaan sampingan paling tepat buat mahasiswa. Pekerjaan ini tidak terlalu menyita waktu berjam-jam. Tidak pula melelahkan berjalan ke sana-sini yang menghabiskan tenaga. Untuk sekali mengajar, seorang guru privat hanya butuh paling lama 90 menit dengan fee 50 ribu hingga 100 ribu untuk satu pertemuan.

Selain efisiensi waktu dan tenaga, mengajar les privat sekaligus sarana mengasah kembali otak. Jika tertarik ingin mengambil kerja sampingan sebagai pengajar les privat, berikut tips-tips yang barangkali bisa membantu :

Perhatikan lingkungan
Memperhatikan lingkungan di sini maksudnya adalah mengamati apakah di sekitar kampus atau tempat tinggal banyak anak-anak yang kira-kira membutuhkan tambahan belajar. Jika kebetulan banyak siswa sekolah di lingkungan tersebut maka Anda bisa masuk tips kedua. Bagaimana kalau ternyata di sana minim siswa? Jika memang di sekitar kampus atau tempat tinggal sekarang tidak ada, maka carilah tempat strategis lainnya seperti di sekitar sekolah.

Dekati orang tua
Setelah mendapatkan siswa yang bisa dijadikan target, maka tips selanjutnya adalah berinteraksi dengan para orang tua. Jadi mahasiswa yang tinggal di daerah orang tidak boleh sombong. Akrabkan diri pada mereka (orang tua), bukan pada anaknya. Kenapa? Karena orang tualah yang akan membiayai dan ingin anaknya mendapatkan les. Sesekali tanyakan masalah yang dialami anak mereka di sekolah, dan mulailah untuk menawarkan diri sebagai solusinya. Soft skill ilmu komunikasi dan pembawaan sangat diperlukan di sini sebagai ajang promosi.

List siswa untuk menentukan cara mengajar
Setelah melakukan promosi secara tidak langsung pada orang tua calon siswa maka siswa akan mulai “mencoba” layanan jasa Anda. List berapa jumlah siswa untuk menentukan mekanisme belajar nantinya. Apakah siswa yang datang ke tempat Anda atau Anda yang mendatangi rumah-rumah mereka.
Jika siswa cukup banyak mengumpulkan mereka di sebuah tempat merupakan pilihan yang bagus. Sedangkan jika tidak terlalu banyak, dan tingkat kelasnya pun berbeda, sehingga tidak mungkin disatukan maka Anda lebih baik yang datang ke rumah mereka sebagai pemula sebelum memulai “lembaga bimbel” sendiri.

Rekrutmen pengajar
Jika jumlah siswa mulai berkembang, maka mulailah merekrut pengajar tambahan, kalau bisa setiap bidang studi sehingga siswa tidak perlu lagi mencari guru privat lain karena semua ada di lembaga. Hati-hati dalam memilih pengajar.
Teliti kompetensi dan kepribadiannya agar tujuan siswa untuk belajar tercapai serta siswa pun belajar dengan cara yang menyenangkan. Jangan sampai sebuah kesalahan seorang staff pengajar, integritas les privat yang Anda bangun jadi hancur. Lakukan pertemuan rutin dengan team Anda untuk evaluasi cara mengajar dan dampaknya terhadap siswa.

Bukan guru tapi teman belajar
Hal penting selanjutnya adalah bagaimana membawakan diri saat menyampaikan materi ataupun membantu siswa menyelesaikan permasasalahan sekolahnya. Jangan bertindak seperti guru yang terkesan mengajari namun bersikaplah seperti teman belajar yang menemani atau teman diskusi. Mereka akan kecewa jika cara mengajar kita sama saja dengan gurunya di sekolah yang mungkin terlalu serius. Dengan siswa privat, apalagi jika mengajar di rumahnya, bersikaplah lebih santai dan berusah akrab dengan siswa agar siswa betah belajar dengan Anda.
Tahukan anda, semua bimbel besar yang punya nama saat ini pada mulanya juga berawal dari mengajar privat, les kecil-kecilan. Tapi karena integritas dan kepuasan siswa, mereka tetap eksis dan berkembang sangat baik hingga memiliki cabang di seluruh Indonesia. Anda bisa? Tentu. Semuanya punya kesempatan.  Hal yang terpenting tingkatkan kualitas diri sehingga Anda dan team benar-benar pantas disebut sebagai tentor yang handal. Selamat mencoba.

Aplikasi Untuk Download Video Dari Facebook

5 Tips Sukses Mengelola dan Menjalankan Bisnis Les Privat | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)