5 Tips dan Strategi Agar Berhasil Menjalankan Bisnis Fotocopy

07.55


Bisnis fotocopy merupakan salah satu bisnias yang memiliki prospek bagus saat ini. Hal ini dikarenakan kebutuhan orang-orang untuk memfotocopy berbagai buku, dokumen atau tugas-tugas tidak akan pernah putus setiap waktu. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi salah satu wirausahawan di bidang fotokopi.
Namun, berbisnis di bidang fotocopy gampang-gampang susah. Hal ini dapat kita lihat dari bagaimana perkembangan usaha seseorang di bidang fotocopy. Ada yang baru beberapa waktu berjalan sudah tutup, namun ada pula yang semakin berkembang dan sukses dengan usaha fotocopynya.  Bagaimana sebuah bisnis fotocopy agar menjadi sukses? Nah, berikut strategi dan tips khusus untuk Anda :


  • Memilih lokasi yang strategis
Sama dengan bunuh diri apabila membuka bisnis fotocopy di area perkampungan yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Sebaliknya, akan menghasilkan banyak pundi keuangan apabila membuka bisnis fotocopy di area sekolah atau kampus.
Apa artinya? Lokasi bisnis sangat menentukan dalam sukses atau tidaknya sebuah bisnis, apalagi bisnis fotocopy yang tidak bisa ditujukan pada semua kalangan. Jadi, jelilah memilih lokasi yang strategis untuk membuka bisnis fotocopy. Pilihlah lokasi di dekat sekolah, kampus atau perkantoran, sebab anak sekolah butuh jasa fotocopy untuk buku dan tugas. Sedang di area perkantoran dibutuhkan untuk menggandakan dokumen atau surat menyurat. Dengan demikian, maka jasa Anda akan sangat diperlukan.
  • Tetapkan harga yang bersaing
Jika sudah mendapatkan tempat yang strategis, bukan berarti sudah aman. Biasanya tidak hanya satu atau dua saja tempat fotocopy berada di sana. Dengan kata lain, Anda punya banyak saingan.  Sebuah tempat fotocopy bisa sangat ramai, sementara yang lainnya malah bisa sangat sepi bahkan tidak ada pengunjung sama sekali.
Apa penyebabnya? Salah satunya adalah harga. Orang-orang, apalagi siswa dan mahasiswa akan memilih jasa fotocopy dengan harga yang paling murah meskipun hanya beberapa rupiah saja. Itu artinya Anda harus menetapkan harga paling murah dari semua fotocopy yang berada di sekitar.  Lakukan riset setiap waktu untuk mengetahui harga kompetitor bisnis Anda agar tidak kecolongan.
  • Memilih pekerja yang ramah dan professional
Jika mempekerjakan karyawan atau operator, pastikan mereka adalah orang-orang yang ahli dalam bidang fotocopy agar pekerjaan dapat berjalan lancar tanpa kendala. Kendala yang di maksud seperti proses kerja yang lama? Kerusakan atau hasil yang kurang bagus, hingga tidak terlalu pandai mengoperasikan mesin fotocopy. Jika mempekerjakan karyawan seperti itu, hanya akan rugi dengan menggajinya sedangkan usaha terancam.
Selain keahlian dalam teknis mem fotocopy, mereka juga harus memiliki kepribadian yang ramah sehingga pelangggan merasa nyaman berhubungan dengannya. Mereka juga harus sabar jika pelanggan meminta ini dan itu agar pelanggan tidak lari karena pelayanan yang kurang memuaskan.
Tahukan Anda, pelanggan-pelanggan tertentu, terutama orang-orang besar bahkan tidak keberatan membayar mahal untuk pelayanan yang bagus. Pastikan Anda dan karyawan memilikinya.
  • Tidak hanya fotokopi saja
Jika ingin menekuni bisnis, maka harus memanfaatkan peluang yang ada. Ibaratnya, sambil menyelam minum air. Artinya adalah jika membuka bisnis fotocopy jangan hanya tok pada jasa fotocopy saja. Lengkapi juga dengan bisnis print, cetak foto hingga menjual alat-alat tulis. Kenapa? Karena menjual barang tersebut dapat sekaligus.  Jadi sayang sekali bila menyia-nyiakannya.
  • Punya link banyak
Tempat yang strategis, harga bersaing, pelayanan ramah serta usaha tambahan saja belum cukup untuk membuat bisnis fotocopy benar-benar sukses.  Bagian yang terpenting selanjutnya adalah link atau jaringan. Bisnis apapun itu, link mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam perkembangan bisnis.
Jalinlah link seluas mungkin. Jika mengenal banyak orang dengan baik akan membantu dalam meluaskan bisnis fotocopy. Misalkan, punya link dosen, sehinggga saat dia butuh memfotocopy banyak buku, Anda bisa mengambil projek tersebut. Anda punya link di perusahaan, maka akan dipercaya memperbanyak dokumen-dokumen mereka. Di sinilah pentingnya memiliki banyak link.
Nah, bukankah tips-tips tersebut sangat sederhana dan mudah diterapkan? Apa Anda ingin mencobanya? Selamat berbisnis.

Aplikasi Untuk Download Film , Video, Music, Anime, Game, Apps, Terlengkap

5 Tips dan Strategi Agar Berhasil Menjalankan Bisnis Fotocopy | Siswa Master | 5

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)