Prospek Kerja Jurusan Managemen di Dunia Kerja

17.30
Peluang / Prospek Kerja Jurusan Managemen - Jurusan Manajemen merupakan jurusan favorit yang ada di dalam rumpun ilmu sosial dan humaniora. Tidak heran jika dalam seleksi masuk perguruan tinggi jurusan Manajemen memiliki passing grade yang tinggi. Persaingan untuk masuk jurusan Manajemen yang ketat membuat mahasiswa jurusan Manajemen merupakan mahasiswa yang memiliki kualitas tinggi, begitu pula dengan lulusan jurusan Manajemen. 

Prospek Kerja Jurusan Managemen di Dunia Kerja

Prospek kerja jurusan Manajemen sangatlah luas. Selain di bidang keuangan, lulusan manajemen bisa kerja dimana saja. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa referensi pekerjaan yang bisa dilakoni oleh lulusan jurusan Manajemen.

  • Pengusaha

Sebenarnya menjadi pengusaha bisa dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi, usaha yang dirintis oleh lulusan jurusan Manajemen pasti lebih tertata karena lulusan Manajemen sudah ditempa untuk memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi. Menjadi pengusaha adalah pilihan yang tepat untuk lulusan Manajemen yang tidak ingin menjadi karyawan. Selain itu, pengusaha memiliki kontribusi dalam pengurangan jumlah pengangguran karena usaha yang dirintisnya akan menyerap tenaga kerja.

  • Konsultan Perbankan

Semasa kuliahnya, mahasiswa jurusan Manajemen dibekali dengan pengetahuan tentang perbankan. Sehingga, salah satu prospek kerja yang menjanjikan untuk lulusan Manajemen adalah konsultan perbankan. Tugas dari konsultan perbankan adalah mengawasi jalannya kegiatan perbankan yang terjadi serta memberikan pertimbangan terkait dengan keputusan yang akan dibuat oleh bank. Perannya yang penting dalam menentukan berjalannya bank membuat gaji lulusan Manajemen yang bekerja sebagai konsultan perbankan tergolong besar.

  • Front-Officer Bank

Pekerjaan yang banyak dilakoni oleh lulusan jurusan Manajemen adalah front-officer bank seperti customer service dan teller. Dengan bekal ilmu manajemen yang dipelajari selama kuliah, lulusan jurusan Manajemen yang bekerja sebagai customer service atau teller bisa memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh nasabah bank.

  • Human Resources

Di dalam jurusan Manajemen terdapat beberapa konsentrasi, salah satunya manajemen SDM (Sumber Daya Manusia). Lulusan jurusan Manajemen yang mengambil konsentrasi manajemen SDM bisa bekerja sebagai HR atau Human Resources. Human Resources memiliki tugas untuk mengembangkan sumber daya manusia yang ada di perusahaan atau instansi agar bisa bekerja secara optimal, efektif, dan efisien. 

Human Resouces juga mengemban tanggung jawab untuk meningkatkan kebahagiaan karyawan, hubungan karyawan dengan atasan, kemampuan karyawan, dan bidang-bidang yang terkait. Orang-orang yang bekerja sebagai Human Resources harus memiliki daya kreativitas karena salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh mereka adalah merancang program untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusia.

  • Recruiter

Selain lulusan Psikologi, lulusan jurusan Manajemen bisa bekerja sebagai recruiter, khususnya mereka yang mengambil konsentrasi manajemen SDM (Sumber Daya Manusia). Tugas dari recruiter adalah mengurusi seleksi calon karyawan perusahaan. Mereka harus bisa memilih calon karyawan yang memiliki kualifikasi unggul sehingga bisa membantu mengembangkan perusahaan atau instansi.

  • Marketing

Konsentrasi manajemen pemasaran yang ada di jurusan Manajemen termasuk konsentrasi yang paling banyak diminati. Tidak heran jika lulusan jurusan Manajemen banyak yang berkecimpung di bidang pemasaran atau marketing. Marketing memiliki tugas yang penting dalam mengenalkan produk ke masyarakat. Pekerjaan yang biasa dilakukan oleh marketing meliputi merancang strategi pemasaran produk, menentukan target pasar, mengelola periklanan produk, dan sebagainya. 

Orang-orang yang bekerja di bidang marketing harus memiliki sifat kerja keras dan pantang menyerah menghadapi persaingan promosi produk yang ketat. Selain itu, kreativitas juga dibutuhkan karena strategi promosi yang kreatif akan menarik minat konsumen.

  • Akuntan

Pekerjaan sebagai akuntan tidak hanya dilakoni oleh lulusan jurusan Akuntansi. Lulusan jurusan Manajemen bisa bekerja sebagai akuntan, terutama orang-orang yang memiliki ketelitian tinggi dan kemampuan mengatur uang yang baik. Untuk menjadi akuntan, lulusan jurusan Manajemen harus mengambil konsentrasi manajemen keuangan. 

Baca juga : Prospek kerja teknik elektro

Akan tetapi, persaingan untuk menjadi akuntan sangatlah ketat. Hanya lulusan jurusan Manajemen yang memiliki kualifikasi unggul yang bisa menjadi seorang akuntan.

  • Konsultan Bisnis

Pekerjaan untuk lulusan jurusan Manajemen yang menjanjikan gaji besar adalah konsultan bisnis. Lulusan jurusan Manajemen bisa mendaftar sebagai konsultan bisnis pada perusahaan nasional, multinasional, hingga ke luar negeri. Tentu saja kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni harus dimiliki oleh konsultan bisnis.

Download Vidmate Aplikasi Untuk Download Film , Music, Anime, Game, Apps, Terlangkap

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)