Cara Baru Budidaya Jamur Tiram Di Rumah

00.49
Tumbuh jamur tiram ini begitu sederhana sehingga hampir setiap orang yang merencanakan untuk panen, akan sukses. Mengikuti pedoman dan petunjuk menggunakan materi di tangan, 1 kg miselium dapat dikumpulkan hingga 3 kg jamur. Untuk melakukan ini, Anda akan membutuhkan ruang untuk penanaman, pertumbuhan, kualitas dan substrat miselium

Kredit AyoTutorial.com



Teknologi budidaya jamur tiram dibagi menjadi dua jenis: yang luas (tumbuh di bawah kondisi alam dengan biaya minimal) dan metode intensif (tumbuh dalam kondisi buatan). Kedua metode memiliki pro dan kontra mereka. Kerugian dari metode pertama adalah musiman dan ketergantungan pada kondisi cuaca. Kelemahan dari kedua - kebutuhan investasi dan adanya fasilitas khusus yang dilengkapi menjaga iklim mikro yang diinginkan. Keuntungan dari metode luas biaya rendah, dan intens - imbal hasil tidak tergantung pada musim, waktu pematangan cepat, kemungkinan pendapatan dan laba atas investasi.

Bagi mereka yang ingin menanam jamur tiram di rumah, bisa diterima kedua. Itu semua tergantung pada keinginan Anda dan kemampuan. Tapi prinsip-prinsip umum yang sama, hanya perubahan volume produksi. Tapi pertama-tama Anda perlu mempersiapkan tiram miselium dan substrat yang akan tumbuh. Ada beberapa cara pengolahan substrat: cairan (pengolahan air panas) kserotermiya (mengepul substrat kering) pasteurisasi (pengolahan substrat dibasahi uap) .target masing-masing metode - menjenuhkan veshenkivlagoy substrat dan membuatnya bernapas. Hal ini diperlukan untuk memastikan bahwa miselium dapat berkembang dalam lingkungan yang nyaman, tapi itu tidak tunduk pada kekalahan jamur berjamur terkandung dalam substrat. Sebagai bahan untuk blok substrat adalah mungkin untuk menggunakan jerami, batang jagung kering, sekam dari biji bunga matahari dan soba. bahan yang sangat baik adalah serutan kayu hardwood, tetapi pemetik jamur pemula sebaiknya tidak menggunakannya selama masa percobaan. Substrat untuk jamur tiram harus tidak mengandung membusuk dan cetakan. Hal ini penting untuk menghindari genangan air, terutama jika Anda memutuskan untuk memperlakukannya dengan air panas. Jika masih ada kelebihan kelembaban, Anda dapat meninggalkan itu mengalir selama beberapa hari. Setelah itu, bahan baku tanah untuk denda ke substrat juga bisa memegang vlagu.Posle berlalunya perlakuan panas, itu diperiksa untuk kelebihan kelembaban banyak -contractive tangan. Nah materi dibasahi akan menghasilkan, tapi air tidak akan bertindak naruzhu.Takoy substrat dianggap siap untuk meletakkan miselium.


Kredit AyoTutorial.com



Jika Anda memutuskan untuk membeli jamur tiram miselium, penting untuk mengamati beberapa rekomendasi sederhana. Lebih baik untuk membeli dari pemasok terpercaya, mendapatkan antena. Tanyakan variasi dan strain jamur (label pada kemasan), dan tingkat persentase butir fouling tahan terhadap jamur, untuk jangka waktu hraneniya.Vazhno memeriksa suhu di dalam nya, karena bisa terlalu panas saat melahirkan (optimal - + 20 ° C) .Itu seharusnya tidak memiliki bintik hijau atau hitam dengan bau amonia. Warnanya harus oranye terang dengan campuran kecil ekssudata.Dolzhny kuning dipatuhi kondisi penyimpanan bibit benih dalam lemari es. Suhu tidak boleh melebihi 3-4 ° C (tidak disimpan dalam freezer) penyimpanan .Srok miselium seperti - dari 2 sampai 3 bulan, substrat - 6-9 bulan. Setelah akuisisi paket dengan miselium, penting untuk memungkinkan mereka untuk mendinginkan, dan hanya kemudian menempatkan mereka bersama-sama, meninggalkan akses bebas dari udara. Jika miselium disimpan di rumah, paket harus berbohong terpisah dari satu sama lain. Tapi dalam kasus ini, kehidupan rak berkurang. Langsung sebelum meletakkan miselium adalah tanah, tanpa membuka paket, dan suhu uravnivayutego suhu substrat, sehingga menghindari thermal kejutan miselium. Hal ini penting untuk mematuhi kondisi steril saat membuka paket dengan miselium: memperlakukannya dengan larutan disinfektan. Perlu disebutkan bahwa ruang untuk budidaya jamur tiram dan ruang untuk penanaman miselium harus terpisah satu sama lain untuk menghindari infeksi bertelur. Semua manipulasi dilakukan selama peletakan miselium dalam kondisi steril, dengan sarung tangan.


Teknologi Jamur Tiram Tumbuh Dirumah

Teknologi berkembang jamur tiram di rumah terdiri dari beberapa tahap. Pertama, perlu untuk memproses bahan untuk substrat. Untuk bahan baku ini didakwa ke dalam tangki (tersedia dalam kantong plastik) dan diisi dengan air. Rebus selama 1-1,5 jam. Setelah itu, air yang dikeringkan. Substrat diletakkan di bawah tekanan dan dibiarkan dingin sampai 25 ° C. Jika bahan baku telah di tas, mereka tidak dapat mengungkapkan, tetapi akan perlu untuk membuat beberapa lubang untuk memungkinkan air mengalir bebas.

Dalam langkah kedua wadah (atau tas) pada substrat dipindahkan ke ruang steril (diperlakukan dengan pemutih, jika itu adalah ruang yang terpisah, atau 1% dari pemutih konvensional) dan menghasilkan miselium -BOOKMARK inokulasi ke dalam substrat. Jika ruangan memiliki sistem ventilasi, selama bookmark untuk menonaktifkannya untuk menghindari kontaminasi jamur. Pintu harus menutup erat. permukaan kerja dan tas juga didesinfeksi dan dibilas dengan air murni.

Kredit AyoTutorial.com



Di atas meja dituangkan miselium dan substrat dicampur, meninggalkan perhitungan yang miselium dari produsen dalam negeri harus dari 3 sampai 5%, dan impor - 1,6-2,5% dari berat total substrat. campuran yang dihasilkan berbaring di tas, erat tamping. substrat dicangkokkan dikemas dalam kantong 5 - 15 kg. Jika perkecambahan tiram meluas di rumah, hal ini diinginkan untuk cetakan tas kecil untuk memudahkan pengaturan suhu di dalam unit. Setelah itu tas yang agak pipih di satu sisi dan diterapkan di sisi perforasi. Membuat luka bersih adalah benda tajam (pisau, pahat) pada sudut 45 °. panjang celah - 0,5 cm Dalam hal ini jamur probivayutsyaplotnymi splices memiliki jumlah yang lebih besar dari tubuh buah .. Jika perlu untuk mencapai perkecambahan agregat yang lebih kecil, sayatan lateral yang dibuat dalam bentuk "tick" atau "salib" kedalaman 0,2 -. 0,3 cm blok dipadatkan jamur ditempatkan di rak-rak ruang inkubasi sehingga tidak berbatasan terhadap sisi berlubang dinding, memiliki akses udara yang baik. Sebuah tahap ketiga, - inkubasi.


Bagaimana untuk tumbuh jamur tiram selama inkubasi dan budidaya?

Tas yang ditempatkan di rak-rak memiliki akses bebas dari udara baik di bawah dan di antara mereka. Jarak minimum antara blok adalah 5 cm. Suhu kamar tidak harus di atas 25 ° C. Maka suhu internal akan 25-30 ° C Ketika heat shock (30 ° C), probabilitas menembak primordia (kuman) berkurang secara signifikan. Selama masa inkubasi tidak menganginkan ruangan, menciptakan konsentrasi tinggi karbon dioksida dan uap air persentase meningkat. Harian menghasilkan pembersihan basah menggunakan solusi diklorinasi. Masa inkubasi berlangsung 18-25 hari, setelah datang langsung berbuah. Bagaimana untuk tumbuh jamur tiram setelah transfer ke tempat budidaya?

Kredit AyoTutorial.com

unit jamur harus diinstal secara vertikal jarak jauh dari satu sama lain. periode berbuah pertama terjadi dalam waktu 1,5 bulan. Selama pematangan dan pertumbuhan jamur kelembaban dipertahankan berjarak 85 - 95%. Tergantung pada siapa yang akan harus membeli jamur tiram, suhu dapat bervariasi dari 10 sampai 20 ° C. Semakin tinggi suhu - terang topi jamur, tapi rasa tidak terpengaruh. Warna tutup tergantung pada pencahayaan. Semakin ringan - gelap topi. Intensitas cahaya harus 5 W per 1 persegi. m. blok Irigasi jamur yang lebih baik melakukan "kering", menggunakan humidifier. Dalam hal ini, tubuh jamur akan padat, tidak berair. Seperti penyiraman dapat menggunakan konvensional, namun menyemprotkan air yang suhu harus 10-25 ° C, perlu ke bawah dengan topi jamur 1-2 kali sehari. Ruang pada tahap ini harus memiliki ventilasi yang baik untuk jamur tiram memiliki waktu untuk kering antara waterings, karena mereka tidak bisa mentolerir kelembaban berlebih. Juga, dalam hal apapun tidak dapat sangat melembabkan primordia. Ketika kelembaban berlebih topi jamur yang piring cangkir berbentuk kuning. Selama berbuah jamur menghasilkan sejumlah besar spora yang dapat menyebabkan alergi, sehingga kawasan budidaya harus dikeluarkan dari perumahan komnat.Razvedenie veshenkina tidak berakhir di sana.


Pemanenan gelombang kedua dan ketiga

Setelah penghapusan tanaman pertama setelah 2 - 3 minggu kita bisa mengharapkan gelombang kedua berbuah. Untuk melakukan hal ini, sisa-sisa kaki dan blok jamur bust harus dihilangkan. Dipengaruhi oleh blok cetakan dibawa keluar ruangan dan digunakan sebagai pupuk organik. Dengan jamur tiram perawatan yang tepat, budidaya yang diproduksi sesuai dengan semua kondisi dapat berbuah hingga enam bulan. Tetapi jika Anda melakukannya untuk dijual, sebagian besar tanaman jatuh pada dua gelombang pertama. masalah besar bagi pertumbuhan intensif lebih lanjut adalah serangga (platypezidae) sehingga ventilasi udara harus ditutup kelambu dengan mesh dari 1 mm.

Kredit AyoTutorial.com


Berkenalan dengan rekomendasi ini, dapat disimpulkan bahwa hal itu jauh lebih mudah untuk pergi keluar dan membeli tiram di pasar. Tapi dalam kasus ini Anda tidak bisa yakin bahwa mereka tumbuh di lingkungan yang bersih, tanpa menggunakan zat dipertanyakan.

Kredit Ayotutorial.com


Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai