Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika dengan Gaji Besar

07.22
Peluang/Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika masih terbuka lebar. Seperti yang kita ketahui, teknologi informasi dan komunikasi yang selalu berkembang dari tahun ke tahun tidak lepas dari peran ahli informatika.


Ahli informatika selalu berinovasi untuk mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi ke arah yang lebih canggih dan efektif. Ahli informatika sendiri merupakan jebolan dari jurusan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika menghasilkan para ahli informatika yang memiliki kompetensi dalam mengembangkan beraneka ragam program informatika melalui bahasa pemrograman.

Kuliah di Teknik Informatika sangat menyenangkan karena dalam sehari-harinya mahasiswa Teknik Informatika tidak bisa berpisah dengan komputer dan gadget lain. 
Selain belajar mengenai dunia informatika, mahasiswa Teknik Informatika mendapat mata kuliah lain seperti kewirausahaan, statistika, hingga sains untuk memperluas wawasan mereka. Sehingga, prospek kerja jurusan Teknik Informatika sangatlah luas mengingat masyarakat menuntut teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih.

Apa saja lowongan prospek kerja lulusan Teknik Informatika? Simak ulasannya di bawah ini.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika dengan Gaji Besar


1. Software Engineer


Sesuai dengan nama jurusannya, salah satu prospek kerja lulusan Teknik Informatika adalah menjadi engineer. Dalam hal ini, lulusan Teknik Informatika menjadi software engineer atau insinyur perangkat lunak. 
Tugas dari insinyur perangkat lunak adalah untuk mengembangkan perangkat lunak yang diperlukan oleh kebutuhan klien. Misalnya, perangkat lunak untuk hiburan, pendidikan, bisnis, dan lain sebagainya. 
Gaji lulusan Teknik Informatika yang bekerja sebagai software engineer tergolong besar, apalagi jika perangkat lunak yang dikembangkan digunakan oleh banyak orang.

2. Konsultan IT


Lulusan Teknik Informatika pasti memiliki pemahaman yang dalam mengenai dunia teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga, salah satu prospek kerja lulusan Teknik Informatika yang cemerlang adalah menjadi konsultan IT. 
Seorang konsultan IT akan menerapkan ilmu yang dipelajari selama kuliah di dunia nyata dalam suatu lembaga atau perusahaan. 
Konsultan IT bertugas merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di suatu lembaga atau perusahan.

3. Programmer


Lulusan Teknik Informatika sering kali dikaitkan dengan pembuatan program seberti perangkat lunak komputer. Mereka juga fasih bahasa pemrograman. Sehingga, banyak lulusan Teknik Informatika yang berprofesi sebagai programmer. 
Programmer memiliki bidang pekerjaan yang luas. Mereka bisa bekerja di dunia industri, perbankan, media, bahkan instansi pemerintahan.

4. Intelligent System Developer


Intelligent system developer atau pengembang sistem inteligen adalah prospek kerja lulusan Teknik Informatika yang paling elit. Gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini tergolong besar. Gaji dengan nominal yang banyak sepadan dengan pekerjaannya yang rumit. 
Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh intelligent system developer adalah merancang dan mengambangkan perangkat lunak yang bersifat intelijen, misanya sistem prediksi, sistem pakan, dan sistem lainnya.

5. Game Developer


Dalam proses pembelajarannya, mahasiswa Teknik Informatika mendapatkan pengetahuan dengan komputer grafis. Sehingga, dengan memadukan keahlian di bidang teknologi informasi dan komputer grafis, lulusan Teknik Informatika bisa menjadi game developer. 
Pekerjaan game developer adalah merancang serta mengembangkan perangkat lunak untuk game. Tentu gajinya cukup besar bahkan untuk lulusan Teknik Informatika yang masih freshgraduate sekalipun.

6. Software Tester


Software tester memiliki tugas untuk menguji perangkat lunak sebelum resmi diluncurkan. Pekerjaan mereka termasuk pekerjaan yang penting karena mereka bertanggung jawab atas kebenaran dan fungsi perangkat lunak yang akan digunakan oleh masyarakat. Sehingga, untuk menjadi software tester dibutuhkan rasa tanggung jawab dan kepekaan yang tinggi.

7. System Analyst


System analyst atau analis sistem adalah profesi yang bisa dilakoni lulusan Teknik Informatika karena berkaitan dengan perangkat lunak komputer. Analis sistem memiliki tugas untuk menganalisa sistem teknologi informasi dan komunikasi di dalam suatu perusahaan atau instansi. 
Mereka akan menggunakan perangkat lunak yang direkomendasikan untuk menganalisa masalah dalam sistem perangkat lunak dan menemukan solusinya.

8. Web Engineer


Website menjadi tempat untuk menyampaikan beragam informasi yang berbasis komputer. Tentu saja untuk merancang sebuah website diperlukan pengetahuan tentang pemrograman yang menjadi bidang yang dikuasai oleh lulusan Teknik Informatika. 
Tugas dari web engineer adalah merancang website beserta fasilitas pendukungnya seperti domain, fitur, dan layanan yang ada di dalam website. Selain itu, pengembangan dan pemeliharaan dari website termasuk ke dalam pekerjaan yang harus dilakukan oleh web engineer.

9. Teknisi


Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika selanjutnya adalah teknisi. Anda bisa menjadi teknisi komputer, laptop, atau jaringan. Tidak semua jurusan teknik informatika mempelajari sisi softwarenya saja, pasti ada pembelajaran tentang hardware. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki laptop atau komputer dengan mudahnya.

Prospek/peluang kerja jurusan teknik informatika masih terbuka luas dan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Gajinya pun tidak tanggung-tanggung, pasti lebih besar dari gaji karyawan biasa. Asalkan Anda mau mencoba mencari pekerjaan, Anda pasti bisa menemukan lowongan kerja yang berhubungan dengan Anda.

Jika Anda tidak inggin bekerja kepada orang lain, Anda bisa menjadi pengusaha. Dengan keahlian jurusan Teknik Informatika, Anda mungkin bisa mengembangkannya lagi untuk mencari pundi-pundi uang. Misalnya menjadi internet marketer, jasa membuat website, atau bahkan membuat start up sendiri. Keren bukan?

Anda itu bukan orang gaptek, jadi jangan suka mengeluh. Maksimalkan apa yang Anda punya, karena jurusan Teknik Informatika masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Semangat!

Download Vidmate Aplikasi Untuk Download Film , Music, Anime, Game, Apps, Terlangkap

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)