Macam-macam Posisi Pemain Bola Voli beserta Nama dan Tugasnya

16.08
Selain sepak bola, olahraga bola voli memang menjadi olahraga yang sedang populer belakangan ini. Permainan yang memiliki ciri khas melambungkan bola dengan tangan ini nyatanya banyak digemari oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, terlebih anak muda.

Macam-macam Posisi Pemain Bola Voli beserta Nama dan Tugasnya


Dalam permainan bola voli, ada juga istilah formasi pemain yang perlu kita ketahui. Formasi pemain adalah suatu bentuk pengaturan posisi pemain dari suatu tim, baik pada waktu menyerang maupun bertahan. Susunan posisi pemain di lapangan dapat dibagi mejadi 2 bagian yaitu posisi depan dan belakang. Pemain depan biasanya bertugas sebagai penyerang sekaligus juga sebagai pembendung serangan dari lawan, sedangkan pemain belakang umumnya berperan sebagai pemain bertahan.

Perhatikan gambar berikut !

Dari gambar, kita bisa melihat posisi pemain bola voli sesuai nomornya. Nomor satu dari masing-masing tim adalah pemain yang melakukan servis, kita bisa menyebutnya dengan “server”.

Di nomor dua dan empat adalah pemain penyerang, namanya spiker atau smasher. Kemudian, di nomor tiga yaitu pemain yang dinamakan tosser atau set-upper.

Untuk yang terakhir, yaitu posisi di nomor lima dan enam, disebut dengan defender/cover dan libero.

Nah, bagi sobat yang masih penasaran dengan nama pemain dalam bola voli, maka tidak ada salahnya jika sobat membaca ulasan selengkapnya mengenai fungsi atau tugas dari masing-masing posisi.

 

1. Pengumpan (Setter/ Set-Upper/ Tosser)


Posisi pengumpan dalam bola voli bisa kita kenal dengan beberapa istilah. Ada yang menyebutnya dengan tosser, set Upper dan setter. Umumnya, hanya ada satu tosser dalam sebuah tim. 

Tugas utama seorang tosser selain dari mengumpan adalah menjadi inspirator dan pengatur serangan tim. Tosserlah yang berhak memutuskan dan memberi arahan kepada rekannya untuk menyerang.

Mengapa demikian ?

Karena untuk menjadi seorang tosser yang baik perlu memiliki kualitas umpan yang baik dan kecerdikan dalam memberi bola dengan berbagai variasi umpan.

Pada waktu pelaksanaan tugasnya di pertandingan, seorang tosser harus selalu fleksibel dalam menentukan posisinya di daerah serang lalu memberikan umpan kepada pemukul (smasher).

Seorang tosser juga harus bisa memutuskan apa yang harus dilakukan dengan bola yang didapat, dan semuanya itu dilakukan dalam waktu sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang pertandingan. Tosserlah yang paling besar pengaruhnya dalam hal taktik dan serangan tim.

Selain sebagai pengatur serangan, seorang tosser dituntut untuk bisa menguasai teknik tipuan, smash, dan blocking dengan baik. Jika seorang tosser mampu melakukan variasi teknik, maka tim akan sangat diuntungkan karena posisinya yang berada di depan dan di tengah-tengah net. 

2. Pemukul (Smasher/ Spiker)


Pemukul biasanya menempati posisi di daerah depan dan bertugas menyebrangkan bola sekeras-kerasnya ke lapangan lawan dengan tujuan agar lawan sulit atau tidak bisa menguasainya. 

Sesuai namanya “smasher”, pemain ini melakukan variasi serangan berupa smash sehingga memungkinkan tim untuk mencetak poin dan meraih kemenangan.

Karena posisinya yang berada di depan, maka seorang smasher juga dituntut untuk piawai dalam melakukan pertahanan depan, terutama blocking. Jadi, demi keberhasilan tim, seorang smasher memiliki peran ganda, yaitu sebagai “algojo” penyerangan dan sebagai “benteng” pertahanan.

3. Pembendung (Blocker)


Posisi pemain depan juga bertanggung jawab penuh terhadap serangan lawan. Ia berusaha menutup ruang gerak pukul lawan di daerah serang. Dengan adanya blocker, pertahanan tim akan lebih kokoh karena serangan lawan bisa dibendung atau dihalang-halangi. 

Bayangkan saja, seorang smasher melakukan smash tapi tidak dihalang-halangi oleh pemain !

Maka, apa yang akan terjadi ?

Tentunya lawan akan dengan mudahnya mencetak point demi point.

Jika sobat ingin menjadi blocker yang baik, kami merekomendasikan sobat untuk membaca artikel teknik block dalam permainan bola voli.

4. Defender


Defender atau Cover (Penutup) adalah pemain yang tidak melakukan bendungan namun bertugas untuk menutup daerah kosong di sekitar bendungan. Pemain ini memiliki tugas khusus untuk mempertahankan lini belakang dari berbagai serangan.

Pemain bertahan ini harus memiliki kekuatan dan kemampuan teknik passing yang baik. Posisi inilah yang memegang peranan penting dalam hal pertahanan. Maka dari itu, seorang defender tidak boleh maju ke garis depan untuk smash maupun blocking.

5. Libero


Pernahkah sobat melihat pemain yang berbdeda kostum dalam sebuah tim voli ? Jika pernah, maka itulah yang namanya libero. Kenapa warna kostumnya berbeda ? Hal ini untuk menandakan bahwa dia itu pemain belakang khusus.spesialis bertahan.

Sama seperti pemain penutup, libero bertugas untuk menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain lawan di garis belakang. Dalam pelaksanaan tugasnya, libero bisa bebas keluar masuk tetapi tidak boleh melakukan servish dan smash. Ia juga tidak perlu memiliki teknik smash.blocking yang baik karena libero lebih mengutamakan teknik passing bawah maupun passing atas yang baik sama seperti defender.

Seorang libero juga harus memiliki kemampuan dalam melihat arah gerak bola dan mengantisipasi gerak tipu yang dilakukan oleh lawan. 

6. Server


Server adalah posisi di mana seorang pemain voli melakukan servis dalam lapangan. Setelah melakukan servis, secara otomatis pemain ini merangkah menjadi pemain belakang untuk membantu pertahanan. 

Ada juga istilah “pinch server” yaitu pemain yang ditugaskan secara khusus untuk melakukan servis dalam pertandingan. Posisi ini jarang dipakai, karena kalau gilirannya telah usai maka ditarik keluar kemudian digantikan oleh temannya. Sama seperti smasher, pinch server juga dapat menjadi “algojo” penyerangan, tentunya ketika melakukan servis. 

Selain itu, server juga menjadi posisi yang menentukan pergantian momentum pertandingan. Jika momentum pertandingan dipegang oleh tim, tetapi seorang server melakukan kesalahan, mungkin saja momentum pertandingan itu akan berubah lalu dipegang kendalinya oleh lawan. Begitupun sebaliknya.

Satu hal yang berbeda juga dirasakan oleh server, yaitu bertanding melawan dirinya sendiri terhadap kegagalan servis. Tidak ada yang bisa membantu atau bekerja sama dengan server.

Sensasi dan ketegangan inilah yang hanya dirasakan oleh seorang server.

7. Universaler


Universaler adalah pemain serbaguna, bisa bermain di belakang, bisa juga bermain di depan. Karena itulah uniersaler menjadi pemain yang paling fleksibel dibanding dengan pemain lainnya. 

Kenapa fleksibel ?

Karena dimanapun posisinya, pemain ini asih bisa bekerja dengan baik. Ketika berada di posisi belakang, universaler dapat mengambil bola dengan baik sehingga pengumpan mampu memberikan bola kepada smasher dengan baik. Begitu pula ketika di depan, pemain ini mampu melakukan teknik smash dan blocking dengan baik. 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai macam posisi pemain bola voli beserta nama dan tugas-tugasnya. Semoga bisa menambah wawasan sobat mengenai olahraga bola voli.

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai