Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

19 November 2016

Contoh Latar Belakang untuk Laporan Prakerin

Hai sobat, jumpa kembali dengan blog ini. Kali ini kami akan memberikan contoh latar belakang untuk pembuatan laporan prakerin. Bagi sobat yang telah menyelesaikan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau Prakerin (Praktik Kerja Industri), maka contoh ini sangat direkomendasikan untuk sobat pergunakan. 

Contoh Latar Belakang untuk Laporan Prakerin

Sobat bisa copy paste, tapi kami harap sobat memberi link URL untuk artikel ini.

Baiklah, berikut ini adalah contoh latar belakang prakerin.....

     Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian kegiatan dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

    Program pembelajaran dapat berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat. Program pembelajaran yang berlangsung di masyarakat dapat berupa Praktik Kerja Industri (PRAKERIN). Program Praktik Kerja Industri disusun bersama antara sekolah dan masyarakat (dunia kerja) dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan SMK.

    Ada tiga alasan yang mendasar perlunya penerapan Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan yaitu :
  1. Kehidupan global yang transparan dan menuntut jati diri bangsa dalam hubungan dengan Negara-negara lain.
  2. Persaingan yang semakin ketat hingga memerlukan profesionalisme yang tinggi dalam penguasaan IPTEK tepat guna dalam berbagai aspek Kehidupan yang dilandasi dengan Iman dan Taqwa.
  3. Saling ketergantungan yang tidak dapat dihindari, sehingga menuntut kemitraan yang luas.
    Dengan pembelajaran dan bimbingan di sekolah bertujuan untuk mengembangkan  potensi akademis dan kepribadian peserta didik sehingga menjadi SDM yang berkepribadian baik dan menguasai IPTEK serta iman dan taqwa agar mampu mengembangkan dirinya sesuai dengan tuntunan perkembangan globalisasi.

    Proses pelatihan di Dunia Usaha dilakukan agar peserta didik menguasai kompetensi terstandar pada bidangnya, mampu mengembangkan dan menginternalisasi sikap-sikap kerja yang professional sebagai tenaga kerja yang berkualitas unggul. Keahlian professional hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu yang ada di Dunia Usaha. 

Oleh sebab itu, pembelajaran Praktik Kejuruan yang lengkap dan modern hanya mampu menyajikan simulasi, tidak akan mampu memberikan keahlian professional.

    Oleh sebab itu, SMK yang menciptakan kurikulum 2013 memiliki ciri antara lain :
  1. Materi / bahan pembelajaran didasarkan atas pertimbangan tuntutan pencapaian kemampuan kerja yang diperoleh melalui analisis pekerjaan.
  2. Kegiatan pembelajaran lebih mengutamakan pada prinsip belajar melalui perbuatan (learning by doing).
  3. Kegiatan pembelajaran tidak hanya di sekolah tetapi mengutamakan dalam bentuk kerja langsung di Dunia Usaha / Dunia Industri tempat Praktik Kerja Industri.
  4. Keberhasilan belajar siswa ditetapkan oleh suatu tingkat penguasaan kompetensi yang dipersyaratkan oleh Industri kerja.
Baca juga :
Nah itu adalah salah satu contoh latar belakang  prakerin semoga bisa membantu sobat yan sedang membuat laporan prakerin.

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top