Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

19 Oktober 2016

Pengertian ISP, Contoh dan Prosedur Berlangganan

Pengertian ISP (Internet Service Provider), Prosedur Berlangganan dan Contoh ISP – Apa itu ISP ? ISP adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang saling berhubungan. ISP dapat juga diartikan sebagai pintu gerbang untuk menghubungkan diri ke internet.

Pengertian ISP, Contoh dan Prosedur Berlangganan

Adanya ISP ini, orang-orang mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan komputer dengan servernya. Koneksi antara komputer pengguna dengan server perusahaan ISP biasanya dilakukan lewat jaringan telepon (dial up) dengan menggunakan peralatan modem.

Melalui komputer server yang dimiliki ISP itulah orang dapat terhubung dengan jaringan komputer sedunia (internet). Maka dari itu, untuk dapat terkoneksi antara satu komputer dengan lainnya yang ada di dunia.


Lalu, apa saja yang diperlukan ?
  • Perangkat lunak dan keras.
  • Installasi dial up adapter.
  • Installasi dial up networking.
  • Installasi TCP/IP.
  • Pengisian data TCP/IP.
  • Installasi modem.
  • Pembuatan shortcut untuk koneksi ke internet.
  • Koneksi internet.
Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain dan hosting.

Awalnya, ISP identik dengan jaringan telepon, salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.

Sekarang, dengan perkembangan teknologi, ISP berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon, tapi juga menggunakan fiber optic dan wireless.

Di Bali, Denpasar khususnya, ISP dengan teknologi wirelless paling banyak tumbuh. Untuk mengakses internet, cukup menghubungi ISP melalui komputer dan modem, selanjutnya ISP yang akan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet sekaligus pembayaran biaya SLJJ (sambungan langsung jarak jauh) koneksi tersebut.

Adapun contoh perusahaan jasa ISP yang ada di Indonesia antara lain :

Wasantara. Net, merupakan provider yang dikelola oleh PT Pos dan Giro Indonesia. Untuk berlangganan ISP ini, pada umumnya orang dapat menghubungi atau mendaftarkan diri pada kantor pos besar setempat di seluruh provinsi di Indonesia. Setelah terdaftar, kemudian akan diberi account internet, password, software pendukung, keterangan mengenai biaya langganan tiap bulan, dan sebagainya.

TelkomNet Instan, penyedia layanan internet ini adalah PT TELKOM. Salah satu kelebihan dari TelkomNet ini yaitu tidak perlu registrasi atau pendaftaran berlangganan. Asalkan menggunakan telepon rumah dengan TELKOM, sudah dapat langsung koneksi ke internet dengan account dan password standard TelkomNet Instan.

IndosatNet, RedNet, MegaNet, BitNet, Cabinet, Cbnnet, Centrin, Dnet, Globalnet, Idola, Indonet, dan masih banyak lagi.

Lalu Bagaimana Prosedur Berlangganan ISP yang Baik ?

Seseorang yang berlangganan ISP harus patuh terhadap aturan-aturan berlangganan yang ditetapkan ISP tersebut. Biasanya masing-masing ISP memiliki kebijakan tersendiri, namun biasanya ISP-ISP yang ada melarang pelanggan untuk menggunakan koneksi internet untuk keperluan negatif dan melanggar hukum.

Untuk dapat menghubungkan diri pada salah satu ISP/provider lokal  di suatu daerah, maka kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Dengan mendaftarkan diri pada provder lokal, maka perhitungan pulsa akan dilakukan secara lokal. Ada dua jenis ISP yaitu grats dan berbayar, serta ada dua cara yang dapat dilakukan untuk dapat terkoneksi dengan ISP (dial up dan leased line).
  • Dial up yaitu koneksi temporer karena jaringan ini akan terkoneksi apabila diperlukan saja.
  • Leased line merupakan jaringan permanen atau real time yang online selama 24 jam penuh.
Setiap provider mempunyai keunggulan dan fasilitas yang berbeda, sehingga biaya pendaftaran, abonemen, biaya overtime, dan sebagainya juga akan berbeda antara satu provider dengan lainnya.

Maka dari itu, sebelum sobat mendaftarkan diri pada provider, ada baiknya mencermati fasilitas yang ditawarkan oleh provider tersebut.

Sobat mungkin pernah mendengar atau bahkan memakai TelkomNet Instant dan memang sudah cukup lama hadir di masyarakat. Pemakai sangat mudah dalam melakukan koneksi internet, cukup sediakan sebuah modem yang terhubung ke PC dan line telepon, pelanggan langsung terkoneksi dengan mudah. Cukup dial nomer tertentu, lalu memasukkan username dan password.

Tipe layanan ISP dapat dikategorikan menjadi dua bagian, yaitu :
  • Dial on Demand Internet
Dial on Demand Internet adalah layanan internet di mana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet.

Contoh layanan internet Dial on Demand Internet adalah TelkomNet instant dari Telkom, layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP Wirelless lokal.
  • Dedicated Internet
Berbeda dengan dial on demand internet, Dedicated Internet akan selalu terhubung selama 24 jam dengan internet. Sistem pembayarannya biasanya dilakukan secara rutin tiap bulannya. Dalam hal ini, harga pembayaran ditentukan oleh pilihan paket yang telah dipilih sebelumnya.

Sistem ini umumnya tergolong mahal, biasanya untuk menekan biaya langganan, ISP memberikan data yang boleh diunduh dan dIunggah oleh pelanggan selama 1 bulan. Total batasan data inilah yang biasa kita sebut sebagai “KUOTA”.

Contoh layanan ini yaitu :
  • Channel 11
  • Era Akses
  • Speedy Telkom
  • Dan layanan dari ISP wirelless lokal lainnya.
Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian ISP dan prosedur berlangganan ISP, semoga bermanfaat.

^Referensi : Buku LKS TIK Kelas IX Semester 1

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top