Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

20 Oktober 2016

Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Tujuan dan Tingkatannya

Pengertian Apresiasi Seni, Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Tingkatannya - Pernahkah sobat mengapresiasi karya ? Pastinya sudah bukan ? Nah, sehubungan dengan itu, kali ini kita akan mengkaji lebih dalam mengenai  apresiasi seni. Yuk simak pembahasannya...



#1. Pengertian Apresiasi Seni


Menurut etimologi (segi bahasa), apresiasi berasal dari Bahasa Latin, “appretiatius” yang berarti suatu penghargaan atau penilaian. Selain itu, di dalam Bahasa Inggris kita mengenalnya dengan “appreciate” yang artinya melihat karya, menentukan nilai, menikmati ,menyadari keindahan, dan menghayatinya.

Apresiasi : proses penilaian atau penghargaan positif yang diberikan seseorang terhadap suatu karya.

Karya : suatu kegiatan yang dilakukan manusia dan membuahkan hasil.

Setelah kita memahami pengertian apresiasi dan karya, selanjutnya kita akan memahami seni. Apa itu seni ? Seni adalah suatu strategi yang digunakan manusia dengan cara mengimajinasikan ide, gagasan, dan inspirasi menjadi nyata agar dapat dilihat/diketahui oleh publik.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa apresiasi karya seni adalah kegiatan yang dilakukan untuk menilai suatu karya seni. Penilaian tersebut dapat berupa mengenali, menilai, mengakui, dan menghargai nilai seni yang terdapat pada karya seni tersebut.

Dengan kata lain, seseorang akan menilai suatu karya seni baik dengan cara melihat, menikmati, mendengar, menilai , menghayati, menjiwai maupun membandingkan karya satu dengan lainnya.

Menurut Brent G. Wilson (buku : Evaluation of Learning in Art Education), apresiasi memiliki 3 domain (konteks), yaitu :
  • Feeling (Perasaan) : berkaitan dengan perasaan mengenai suatu keindahan.
  • Valuing (Penilaian) : berkaitan dengan nilai karya seni.
  • Emphatizing (Empati) : berkaitan dengan penghormatan/penghargaan terhadap dunia seni dan profesi (pelukis, pepatung, pemahat, pegrafis, pedesain, pekria, dan lain sebagainya).

#2. Tujuan dan Manfaat Apresiasi Seni


Apresiasi seni sangat bermanfaat bagi suatu bangsa, karena dengan kita ikut mengapresiasi, maka secara tidak langsung kita telah ikut mengembangkan kemampuan seseorang. Pengembangan tersebut bisa didapat baik melalui kemampuan pikiran, tindakan dan pengembangan kepribadian seseorang. 

Tujuan pokok (utama) dari apresiasi seni yang sebenarnya adalah agar publik tahu maksud dan tujuan dari pembuatan karya seni tersebut. Akhirnya, masyarakat pun dapat menilai, menanggapi dan menikmati suatu karya seni yang telah ada. 

Adapun tujuan akhir apresiasi seni antara lain yaitu :
  • Untuk mengevaluasi  dan mengembangkan nilai keindahan karya seni ;
  • Untuk mengembangkan daya kreasi dan imajinasi ;
  • Untuk menyempurnakan karya seni.

#3. Apa Fungsi dari Apresiasi ?


Ketika kita mengapresiasi karya, kita tentu perlu tahu apa sebenarnya fungsi dari mengapresiasi. Adapun fungsi tersebut antara lain :
  • Sebagai sarana meningkatkan rasa cinta terhadap karya anak bangsa Indonesia, sekaligus peduli terhadap sesama.
  • Sarana untuk penilaian, penikmatan, empati, hiburan dan edukasi.
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.
Selain itu, apresiasi juga mampu menimbulkan hubungan timbal-balik yang positif antara penikmat karya seni (apresiator) dan pembuat (seniman). Karena hal inilah, diharapkan seniman mampu menciptakan karya seni yang jauh lebih baik dan berkualitas dari sebelumnya.

#4. Jenis Apresiasi Seni


Apresiasi seni dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • Apresiasi pasif : apresiasi yang umumnya dilakukan oleh orang yang masih awam terhadap seni, namun memiliki minat yang baik terhadap suatu karya seni.
  • Apresiasi aktif : apresiasi yang muncul setelah menilai suatu karya seni.

#5. Macam-macam Tingkatan dalam Apresiasi Karya Seni


“Sense of Beauty”, atau rasa keindahan pasti sudah dimiliki setiap orang di dunia ini. Jika seseorang menilai, tentu akan berbeda dengan yang lainnya. Penilaian si A tentu berbeda dengan penilaian si B, tergantung bagaimana seseorang menghayatinya. Ada yang beranggapan bahwa karya seni itu bernilai negatif ada juga yang menilai negatif. Itu semua tergantung dari sudut pandang pengamat mengenai keindahan yang dianutnya.
 
Mengapresiasi tidak hanya untuk menilai karya seni saja. Kita dapat menerapkan kegiatan apresiasi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kita hendak membeli baju di Mall, dan terdapat banyak sekali pilihan baju. Kemudian kita memilih salah satu baju sesuai selera kita dan memakainya. Kemudian orang lain menganggap penampilan kita menjadi lebih gagah/menawan. Namun, ada juga orang yang memilih baju lainnya (yang menurutnya cocok dengan kepribadiannya ). Itupun bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk apresiasi.

Dari contoh tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa persepsi orang itu benar-benar berbeda antara satu dengan lainnya.

Secara lebih spesifik, hal ini timbul karena :
  • Status sosial yang berbeda-beda.
  • Tingkat intelektual.
  • Pemahaman terhadap seni dan tingkat penilaian seseorang itu beragam.
Nah, karena itulah kemudian muncul suatu tingkatan dalam apresiasi

Lalu, apa saja tingkatan apresiasi itu ? Dan apa pengertiannya ?
  • Apresiasi empatik : suatu sikap apresiasi yang menilai karya seni dengan tangkapan indrawi saja. Dengan kata lain, penilaian baik dan buruknya suatu karya dilakukan dengan pengamatan semata. Biasanya, apresiasi jenis ini dilakukan oleh orang awam yang kurang mengerti dunia seni.
  • Apresiasi estetis : sikap apresiasi yang menilai keindahan karya seni disertai pengamatan dan penghayatan yang lebih mendalam. 
  • Apresiasi kritis : apresiasi yang menilai karya seni dengan mengklasifikasi, mendeskripsi, menjelaskan, menganalisis, menafsirkan/menginterpretasi dan mengevaluasi serta menyimpulkan hasil pengamatannya secara akurat dan bertanggung jawab. Dengan kata lain, apresiasi ini dilakukan dengan cara ilmiah dan lebih bersifat keilmuan. Biasanya dilakukan oleh kritikus yang memang sudah mendalami bidang tersebut.
Kesimpulan....

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa apresiasi seni adalah sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan pribadi seseorang. Baik orang yang menjadi apresiator maupun seniman itu sendiri. Selain itu, kita secara tidak langsung juga telah ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya dan karya anak bangsa. 

Jadi, kapankah kamu akan memulai mengapresiasi suatu karya ?

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top