Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

18 Oktober 2016

Contoh Penutup Laporan Prakerin/PKL SMK yang Baik dan Benar

Setelah kita melakukan kegiatan Prakerin (Praktik Kerja Industri) atau PKL (Praktik Kerja Lapangan), kita diharuskan untuk membuat laporan kegiatan. Bagian BAB dan SUB-BAB harus diisi dan diselesaikan dengan baik. Namun, pastinya banyak pelajar SMK yang masih awam dan bingung mengenai isi dari laporan tersebut. Nah, kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit referensi mengenai penutup laporan prakerin/PKL.


Contoh Penutup Laporan Prakerin/PKL SMK– Versi 1


A.    Kesimpulan
    
     Dari Uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa kegiatan Praktik Kerja Lapangan sangat bermanfaat baik bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan maupun bagi pihak Dunia Industri. Selain itu kegiatan Praktik Kerja Lapangan juga menjadi tempat dimana siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan mengasah ketrampilan mereka khususnya dalam hal praktik dimana mereka dapat belajar lebih luas mengenai dalam hal dunia kerja serta melatih siswa-siswi menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.

B.    Kesan

    Adapun kesan yang kami rasakan selama Kegiatan PKL yaitu senang dan berterima kasih, karena selama kegiatan PKL kami mendapat banyak sekali ilmu dan pengalaman dalam hal dunia kerja. Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberi ilmu dan pengalaman tersebut sehingga kami dapat mengembangkan ketrampilan kami dalam hal praktik.

C.    Saran

    Beberapa hal yang penulis temukan di lapangan saat pelaksanaan PKL sebagian kecil justru tidak penulis temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Maka dari itu, penulis ajukan beberapa saran, antara lan yaitu :

1.    Saran untuk Sekolah

a. Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja yang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian, para siswa cenderung lebih mudah beradaptasi dalam dunia kerja.

b. Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan kemajuan teknologi di dunia kerja saat ini. Dengan demikian, para siswa dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperolehnya secara maksimal.

c. Hendaknya Guru pembimbing harus lebih sering memonitoring para siswanya di lingkungan PKL secara langsung sehingga siswa dapat berkonsultasi mengenai informasi-informasi terbaru dari sekolah.

2.    Saran untuk CV. Arjun Comp Media

a. Kepada Pimpinan CV. Arjun Comp Media Banjarnegara, penulis berharap agar tidak bosan-bosannya memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penulis dan para peserta PKL yang akan datang.

b. Untuk karyawan, penulis berharap agar memperkenalkan, menjelaskan, membimbing, dan mengarahkan berbagai jenis kegiatan dalam lingkungan praktik sehingga paserta PKL dapat belajar dengan maksimal. Hubungan kerjasama antar karyawan juga harus dijaga, dipertahankan dan ditingkatkan agar pelaksanaan kerja dapat lebih maksimal dan efisien.

c. Lebih meningkatkan tata tertib yang berlaku.

d. Penulis juga berharap kepada CV. Arjun Comp Media agar terus meningkatkan kualitas usahanya, baik dalam hal pelayanan customer maupun kualitas teamwork yang solid sehingga bisa meningkatkan kualitas dan mutu perusahaan yang lebih baik.

3.    Saran untuk Pembaca (Adik Kelas)    

a. Rajinlah belajar.
b. Utamakan sekolah demi masa depan.
c. Bila sedang praktik jangan sambil bercanda dan patuhi tata tertib yang berlaku.
d. Bertindaklah dewasa dalam hal pola pikir dan perilaku agar pelaksanaan PKL dapat berjalan dengan baik dan lancar.
 

Contoh Penutup Laporan Prakerin/PKL SMK– Versi 2


    Dengan selalu memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan PKL ini dengan lancar. Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua pihak yang sudah mambantu dan membimbing penulis dalam penyusun laporan PKL ini. Penulis menyadari masih banyak terdapat kesalahan, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis butuhkan demi menyempurnakan laporan penulis. Semoga semua isi di dalam laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya.

A.    Kesimpulan

    Kesimpulan yang diperoleh setelah menyusun laporan praktek kerja lapangan (PKL) sebagai berikut :
  1. Gunakan pakaian kerja dalam melakukan pekerjaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam bekerja.
  2. Pada saat mengamplas bagian yang sulit, pengamplasan harus sabar dan tekun.
  3. Penggunaan amplas harus memperhatikan nomor amplas yang sesuai agar hasil pengamplasan bagus dan rata.
  4. Gunakan handblock agar hasil pengamplasan rata dan maksimal.
B.    Saran

    Untuk melengkapi laporan ini saya akan menyampaikan beberapa saran yang mungkin dapat membantu mengisi kekurangan-kekurangan yang ada, antara lain sebagai berikut :
  1. Utamakan keselamatan kerja.
  2. Kuasai terlebih dahulu teori sebelum melaksanakan praktek kerja lapangan
  3. Gunakan waktu sebaik-baiknya.
  4. Jangan pernah merasa puas dengan hasil yang telah dicapai.

Nah, itu dia sedikit referensi mengenai penutup laporan prakerin. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang sedang menyusun laporan prakerin/PKL.

2 komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top