Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

30 Juli 2016

Kamu Harus Tau ! Inilah Manfaat Berorganisasi bagi Pelajar

Manfaat Berorganisasi di Sekolah bagi Siswa/Pelajar/Mahasiswa - Di sekolah, kita pasti sudah sering mendengar istilah OSIS dan Pramuka. Keduanya merupakan 2 organisasi yang paling menonjol di sekolah-sekolah Indonesia. Bagi sebagian atau banyak pelajar di Indonesia, organisasi seperti itu tentu dianggap menyebalkan.

Manfaat Berorganisasi di Sekolah bagi Siswa/Pelajar/Mahasiswa

Namun, beda halnya dengan pelajar yang ingin satu langkah dari teman-temannya, ia pasti mengapresiasi organisasi yang ada di sekolahnya. Bahkan kalau kita perhatikan dan simak baik-baik, para pelajar yang ikut organisasi ini tergolong berbeda. Tentunya, ada beragam manfaat organisasi yang tanpa disadari sudah tumbuh dalam diri pelajar.

Nah, beragam manfaat tersebut akan kami jabarkan melalui ulasan berikut ini.....

#1. Lebih Percaya Diri

Organisasi mampu membangkitkan rasa percaya diri yang lebih bagi pelajar. Rasa percaya diri pasti akan timbul karena adanya dorongan untuk berbicara di depan umum. Bagi pelajar yang ikut OSIS, Pramuka atau organisasi lainnya pasti bisa merasakannya. Mereka-mereka ini pasti tidak lagi pemalu atau minder di hadapan banyak orang.

#2. Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Pintar ngomong atau bercakap-cakap juga dapat dikembangkan melalui organisasi. Memang sih, karakteristik orang itu beda-beda, ada yang cerewet ada yang pendiam. Tapi, ketika kamu sudah masuk ke organisasi, lama kelamaan pasti jadi lebih bisa ngomong (lancar), lebih rileks juga. Tentunya dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

#3. Mengembangkan Pola Pikir

Perubahan pola pikir secara drastis tentu dapat dirasakan oleh anak-anak organisasi. Pola pikir ini bisa meningkat karena diasah secara berkala. Contohnya saja ketika penyusunan agenda kegiatan. Anak-anak dengan pola pikir yang melebihi temannya pasti mampu memberikan usul, saran atau tambahan yang berkualitas. 

Dalam organisasi kita dituntut untuk selalu mengembangkan pola pikir lebih jauh. Memikirkan hal-hal yang kemungkinan akan terjadi dan solusinya.

#4. Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah

Dalam suatu organisasi, tidak selalu kegiatan yang sudah direncanakan itu berjalan mulus. Pasti ada hambatan atau kendala yang datang. Tanpa disadari, jika timbul suatu permasalahan, maka otak akan bekerja lebih keras untuk mencari jalan keluar. Semakin sering otak digunakan sebagai pencari jalan keluar, maka semakin kritis pula orang menanggapi suatu permasalahan.

Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi masa depan, di mana banyak problematika hidup yang perlu diatasi dengan pemikiran kritis, tanggap, dan cekatan. 

Selain manfaat yang telah dijelaskan, organisasi juga meningkatkan rasa betanggung jawab, jiwa korsa, disiplin tinggi, rasa solidaritas, empati, toleransi, dan masih banyak lagi.

Intinya, organisasi itu sangat bermanfaat bagi para pelajar. Pembentukan karakter melalui organisasi memang benar adanya.

Kepribadian baik itu tentunya dapat diimplementasikan untuk jangka panjang atau masa depan.

Baca fenomena sekolah lainnya : Pendidikan Hanyalah Formalitas Semata !

So, buat para pelajar, ayo ikut berorganisasi !

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top