Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

18 Juli 2016

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Cakupan Areanya

Inilah Jenis Jaringan Komputer Berdasar Luas Jangkauan Area/Wilayahnya - Pada mata pelajaran TKJ atau TIK, kita tentu pernah mendengar jenis jaringan komputer. Baik itu berdasar topologi, luas cakupan, media dan lain sebagainya. 

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Luas Cakupannya


Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jaringan komputer berdasarkan luas cakupannya. Yuk simak pembahasannya.....

1.PAN (Personal Area Network )


Personal Area Network (PAN) adalah sebuah jaringan komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antar komputer dan perangkat pribadi untuk saling berbagi data dan informasi.

Untuk contoh perangkat pribadi adalah :
  • Komputer 
  • Laptop
  • Ponsel/handphoneTV  
  • Telepon rumahSistem keamanan rumah
  • Dan perangkat elektronik lainnya.
Contoh penggunaan PAN yang sering kita jumpai :
  • HP dengan komputer melalui kabel USB dan Bluetooth.
  • PDA dengan komputer.
  • Keyboard dan mouse dengan komputer. 
  • Headset wired maupun wirelles dengan komputer.
  • Kamera dengan komputer.
  • Printer dengan komputer.
  • Dan lain sebagainya.
Apa saja manfaat PAN itu ?
  • Mempermudah mengakses jarak jauh (1-10 meter ) dengan perangkat pribadi.
  • Mempermudah pelaksanaan kerja seperti mencetak file menjadi kertas dengan menggunakan printer.
PAN memilliki jangkauan yang kurang luas, hanya untuk beberapa meter saja. Luas cakupan yang umum digunakan adalah berkisar 1-10 meter. Jika kita menghubungkan perangkat pribadi yang jaraknya cukup dekat ( 1- 10 meter ), maka kita telah membentuk suatu Personal Area Network

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi atau untuk menghubungkannya ke jaringan Internet. PAN yang menggunakan jaringan kabel bus seperti USB dan FireWire. Di dalam PAN itu sendiri, ada juga yang dinamakan WPAN ( Wirelles Personal Area Network ).

Apa itu WPAN ? WPAN adalah jaringan area pribadi untuk menghubungkan jaringan yang terpusat di sekitar interconnecting perorangan dengan sambungan nirkabel ( tanpa kabel ). Wireless Personal Area Network (WPAN) juga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, UWB, Z-Wave dan ZigBee. Contoh WPAN adalah InfraRed, WIFI, dan bluetooth yang telah digunakan sebagai dasar untuk .sebuah standar baru, IEEE 802,15.
 

2. LAN (Local Area Network)


LAN adalah jaringan komputer yang luasnya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer sekolah, kampus, gedung, kantor, dalam rumah, atau yang lebih kecil dari itu. 

a.) Pembentukan Teknologi LAN

Untuk membentuk sebuah LAN dapat menggunakan teknlogi Ethernet dan WiFi.
  • Ethernet
Mayoritas LAN saat ini sudah menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan menggunakan perangkat switch. Switch ini mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.
  • WiFi
Saat ini teknologi 802.11b ( lebih dikenal dengan Wi-fi) sudah sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa sering disebut dengan hotspot.

Setiap komputer juga dapat mengakses data atau perangkat yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Di dalam jaringan LAN, operator atau pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. 

b.) Karakteristik LAN

LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  • Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator Telekomunikasi
  • Cakupan wilayahnya terbatas
     

3. MAN (Metropolitan Area Network)


Metropolitan Area Network (MAN) yaitu jaringan komputer yang menghubungkan suatu kota dengan kota lainnya dan memiliki transfer data yang berkecepatan tinggi. Jaringan ini menghubungkan berbagai lokasi seperti perusahaan, kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. 

a.) Karakteristik MAN
Berikut adalah karakteristik MAN yaitu:
  1. Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area perkotaan.
  2. Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
  3. MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
  4. MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
  5. Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana

4.WAN (Wide Area Network)


WAN adalah sebuah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dan dapat menghubungkan jaringan antar wilayah, kota atau negara, bahkan benua.

Jaringan WAN membutuhkan router serta saluran komunikasi publik. Contoh dari jaringan WAN ini adalah Internet. Jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global atau internet.

Dalam jaringan IP dikenal juga pengiriman paket secara connection oriented. Paket connection oriented ini adalah sebuah paket dimana sebelum paket dikirim, dilakukan setup koneksi logika dari tempat asal ke tujuan oleh proses packet control dengan request logical connection agar paket suatu informasi menempuh rute yang sama.

Baca juga : Contoh Hardware Komputer dan Fungsinya

Mode koneksi ini disebut virtual circuit yang penggunaan resourcesnya masih dalam bentuk sharing sehingga urutan paket dapat terjamin. Walaupun begitu, tingkat  kontinuitas real time tidak dijamin karena bergantung pada kapasitas dan tingkat kepadatan trafik dalam jaringan WAN tersebut.


2 komentar

Terimakasih atas infonya, jangan lupa mampir ke blog ane

Pengertain Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) Beserta Jenisnya
http://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/pengertain-komunikasi-dalam-jaringan.html

terimakasih kembali gan,

Ok gan...

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top