Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

13 Juni 2016

Apa Saja Ciri-ciri Makhluk Hidup dalam Kehidupan ? Ini Penjelasannya !

9 Ciri-ciri Makhluk Hidup dalam Kehidupan – Apa perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup ? Makhluk hidup dengan makhluk tak hidup dapat kita bedakan melalui ciri-ciri yang dimilikinya. Adapun ciri-ciri makhluk hidup dapat kita simak dalam ulasan berikut ini...

9 Ciri-ciri Makhluk Hidup dalam Kehidupan

Makhluk hidup memiliki ciri-ciri antara lain yaitu bernapas, bergerak, memerlukan makanan, berkembang biak, tumbuh dan berkembang, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, beradaptasi, dan memiliki bahan genetik. 

Berikut adalah penjelasan/penajbaran dari masing-masing ciri :

#1. Bernapas


Bernapas atau respirasi dilakukan oleh semua makhluk hidup. Jika tidak, maka bukan makhluk hidup. Proses pernapasan akan memecah berbagai zat makanan menjadi senyawa sederhana, yang kemudian menghasilkan energi. 

Proses pemecahan zat-zat makanan dibedakan menjadi 2 yaitu :
 
a.) Pernapasan aerob (menggunakan oksigen)
 
Pada pernapasan aerob, oksigen digunakan untuk membakar makanan yang terjadi pada sel. Proses ini sering disebut dengan Oksidasi biologi, dengan reaksi sebagai berikut :
 
Zat makanan + Oksigen ---- > Energi + Karbondioksida + Uap Air
 Reaksi kimia-nya :
C6H12O6 + 6O2 ----- > Energi + 6CO2 + 6H2O 

b.) Pernapasan anaerob (tanpa menggunakan oksigen)

Penguraian zat makanan yang berlangsung dalam keadaan anaerob menggunakan bantuan fermen (enzim), sehingga dapat disebut juga dengan peragian / fermentasi. Makhluk hidup yang umumnya menggunakan proses anaerob yaitu bakteri dan jamur.

Adapun reaksi fermentasi adalah sebagai berikut :

Glukosa ---- > Alkohol + Karbondioksida

Reaksi kimia-nya :

C6H12O6 ---- > 2C2H5OH + 2CO2

Berbicara mengenai fermentasi, manusia memanfaatkan proses ini dalam pembuatan makanan dan minuman seperti pembuatan tempe, tapai, oncom, roti, bir, alkohol, dan lainnya.

Bagaimana cara makhluk hidup bernapas ?

Makhluk hidup memiliki cara bernapas yang berbeda-beda misalnya hewan yang hidup di darat bernapas menggunakan paru-paru, ikan bernapas dengan insang, serangga bernapas dengan trakea, ikan yang hidup pada perairan yang kandungan oksigennya rendah memiliki alat bantu berupa labirin (ikan lele, gabus, dan lain-lain).

Selain hewan, tumbuhan juga bisa bernapas menggunakan mulut daun (stomata) dan batang melalui lenti sel.
 

#2. Bergerak


Makhluk hidup tentu semuanya bergerak. Semuanya ingin bebas. Manusia dan hewan dapat bergerak secara aktif, karena memilii alat gerak. Hal ini berbanding terbalik dengan tumbuhan yang bergerak secara pasif, karena hanya pada bagian tertentu saja.

#3. Memerlukan Makanan 


Makanan (nutrisi) sangat penting bagi kelangsungan makhluk hidup. Tanpa makanan, makhluk hidup tidak memiliki energi, sehingga sangat memungkinkan untuk mati. Untuk itu makhluk hidup mencari makanan sesuai dengan kebutuhannya.

Makanan bagi manusia dan hewan berasal dari makhluk hidup yang telah ada, baik berupa tumbuhan maupun hewan. Sedangkan tumbuhan mendapatkan makanannya sendiri dengan melakukan fotosintesis. Adapun reaksinya yaitu :

Ciri Makhluk Hidup yang Lainnya yaitu :

#4. Berkembang Biak
#5. Tumbuh Dan Berkembang
#6. Mengeluarkan Zat Sisa
#7. Peka Terhadap Rangsang
#8. Beradaptasi
#9. Memiliki Bahan Genetik

*Untuk penjelasan di atas, akan segera di update

Nah demikian artikel mengenai ciri makhluk hidup dalam kehidupan, semoga bermanfaat.

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top