Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

7 Mei 2016

Inilah Pola Pemukiman Penduduk Zaman Sekarang, Termasuk yang Manakah Daerahmu ?

Bentuk Pola Pemukiman Penduduk Zaman Sekarang – Manusia sebagai makhluk sosial cenderung mencari lokasi yang strategis sebagai tempat tinggalnya. Hubungan antar rumah yang dibangun oleh manusia itu membentuk pola-pola tertentu jika dilihat dari atas (satelit buatan).

Pola Pemukiman Manusia Zaman Sekarang

Pola pemukiman yang terbentuk itu menurut Zee (1979) dapat dijadikan sumber informasi tentang manusia dan aktivitas di dalam lingkungannya. Pola pemukiman memberikan kesan tentang persebaran fisik pemukiman dan kepadatan penduduknya.

Adapun faktor yang mempengaruhi bentuk pola pemukiman ada empat, yaitu :

a.) Aksesibilitas (keterjangkauan)

Hal ini berkaitan dengan lokasi yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan, pertumbuhan penduduk yang ada di situ, kemudahan mendapatkan layanan jasa seperti pusat pemerintahan dan mendapatkan kebutuhan hidup, serta rencana tata ruang.

b.) Tingkat Teknologi

Hal ini terkait dengan kemudahan untuk melakukan perjalanan (mobilitas), transportasi dan jaringan kerja serta tipe bangunan terkait dengan keamanan dan kenyamanan.

c.) Faktor Historis

Mengikut pada pola pemukiman yang ada sebelumnya (dari orang tua), rute jaringan dulu, dan perkembangannya sekarang.

d.) Lingkungan Alam

Pengaruh dari bentuk lahan (rata atau berbukit-bukit), ketersediaan air, saluran air, kemudahan dijangkau, kesuburan tanah, dan faktor alam lainnya.

Keempat faktor itu membentuk pola-pola pemukiman penduduk. Ini akan mudah diamati dengan menggunakan program Google Earth. Berbagai pola pemukiman penduduk tersebut secara garis besar dapat disimak  dalam ulasan berikut :

#1. Pola pemukiman memanjang (linear)


Pola pemukiman memanjang memiliki ciri pemukiman berupa deretan yang memanjang karena mengikuti jalan, sungai, rel kereta api atau pantai. Hal ini erat kaitannya dengan kemudahan orang-orang untuk melakukan berbagai aktivitas, karena dekat jalan atau sungai.

#2. Pola pemukiman terpusat (cluster)


Pola pemukiman ini akan mengelompok membentuk unit-unit yang kecil dan menyebar. Pola pemukiman ini sering kita temui di daerah pegunungan atau daerah dataran tinggi yang relatif kasar dan terkadang daerahnya terisolir.

Di daerah pegunungan, pola pemukiman memusat mengitari mata air dan tanah yang subur. Sedangkan daerah pertambangan di pedalaman pemukiman memusat mendekati lokasi pertambangan.

Penduduk yang tinggal di pemukiman terpusat biasanya masih memiliki hubungan kekerabatan dan hubungan dalam pekerjaan. Pola pemukiman terpusat sengaja dibuat guna memudahkan komunikasi antar keluarga/saudara atau antar teman bekerja.

#3. Pola pemukiman tersebar


Pola pemukiman ini banyak terdapat di daerah tinggi atau dekat dengan gunung api serta daerah yang kurang subur. Pada daerah tinggi dan gunung api, penduduk akan mendirikan pemukiman secara tersebar karena mencari daerah yang tidak terjal, morfologinya rata dan aman.

Sedangkan pada daerah kapur pemukiman penduduk akan tersebar mencari daerah yang memiliki kondisi air yang baik. Mata pencaharian penduduk pada pola pemukiman ini sebagian besar dalam bidang pertanian, ladang, perkebunan, dan peternakan.

Materi geografi lainnya : Tenaga Pembentuk Muka Bumi yang Perlu Kamu Tahu

Nah demikanlah artikel singkat mengenai Pola Pemukiman Manusia Zaman Sekarang, semoga bermanfaat.

Kalau di daerahmu termasuk pola pemukiman yang mana ? Ayo jawab di komentar :)

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top