Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

28 Mei 2016

Menulis Teks Berita secara Singkat, Padat, dan Jelas

Menulis Teks Berita secara Singkat, Padat, dan Jelas – Apa itu berita ? Berita adalah laporan tentang kejadian yang baru atau keterangan yang terbaru tentang suatu peristiwa. Berita berupa suatu fakta yang menarik perhatian atau gagasan yang perlu disampaikan kepada khalayak melalui media massa.

Menulis Teks Berita secara Singkat, Padat, dan Jelas

Menulis berita merupakan suatu upaya menyampaikan kabar atau sebuah informasi mengenai sesuatu hal atau kejadian dalam bentuk tertulis. Seorang penulis berita yang baik dapat menuliskan sebuah berita dengan lengkap dan komunikatif, sehingga pembaca berita dapat memahami segala sesuatu yang disampaikan dalam berita tanpa kesulitan dan tanpa adanya kesalahan tafsir.

A. Unsur-unsur yang memengaruhi suatu fakta atau gagasan sehingga dapat dijadikan berita 

  • Kepentingan (significance)
Kepentingan yaitu kejadian yang dapat memengaruhi orang banyak atau kejadian yang punya dampak terhadap para pembaca.
  • Besar (magnitude)
Besar yaitu kejadian yang menyangkut  angka-angka berarti bagi kehidupan orang banyak atau kejadian-kejadian yang dapat digabungkan dalam rangka menarik pembaca.
  • Waktu (timeless)
Kejadian yang menyangkut hal-hal yang baru terjadi atau baru ditemukan.
  • Dekat (proximity)
Kejadian yang dekat bagi pembaca. Baik secara geografis maupun emosional.
  • Tenar/populer, luar biasa (prominence)
Menyangkut hal-hal yang terkenal atau sangat terkenal oleh pembaca.
  • Manusiawi (human interest)
Kejadian yang memberikan sentuhan perasaan bagi para pembaca, kejadian yang menyangkut orang biasa dalam situasi luar biasa atau orang besar dalam situasi biasa.

B. Syarat-syarat Berita yang Baik 


Syarat-syarat Berita yang Baik meliputi :
  • Harus benar, apa yang diberitahukan itu sesuai fakta dengan bukti-bukti yang konkret.
  • Sederhana, berita yang ditulis harus sederhana. Baik dalam isi maupun bahasanya sehingga dapat dimengerti berbagai lapisan masyarakat.
  • Singkat, berita yang baik adalah tidak bertele-tele, langsung pada pokok permasalahan, singkat, jelas, dan padat sehingga tidak menimbulkan kebosanan kepada pembaca. 
  • Jelas, apa yang diberitakan itu tidak semu, jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Hidup, apa yang diberitakan harus mendorong minat pembaca untuk terus membaca dan mengikuti perkembangan berikutnya.
Apakah smeua peristiwa dapat atau layak dijadikan sebuah berita ? Seorang penulis berita akan memilih mana peristiwa atau perihal yang layak untuk dijadikan berita. Hal ini bertujuan agar apa yang dituliskan benar-benar bermanfaat bagi orang atau masyarakat pembaca. 

Apakah sobat juga demikian ? Tentu dalam menulis berita, sobat harus dapat memilih berita yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Simaklah teks berita berikut ini !

Minggu ini, kelompok diskusi kamu mendapat tugas untuk mengisi kolom pada majalah dinding sekolah. Suatu kebetulan, kemarin di aula kantor Depdiknas Provinsi Jawa Tengah berlangsung pameran karya inovasi ilmiah sains dan teknologi tingkat SMP se-Jawa Tengah. Pameran yang diadakan dalam rangka menyambut Hardiknas tersebut dibuka oleh Gubernur Kepala Daerah.

Layakkah teks di atas dibuat menjadi sebuah teks berita ? Untuk menjawabnya, sobat perlu memahami dan menjawab 5W+1H (apa, siapa, kapan, di mana, bagaimana, dan mengapa).

Ingatlah pula bahwa berita yang sobat peroleh ditulis oleh wartawan. Yang paling penting kita ingat bahwa berita bukanlah sekadar fakta, tetapi fakta yang sudah ditafsirkan. Maksudnya, walaupun berita yang disajikan benar-benar merupakan fakta atau benar-benar terjadi, tetapi oleh wartawan disajikan dengan cara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus cermat dalam menangkap esensi berita. 

C. Latihan – Menulis Berita


Sekarang sobat akan belajar menulis berita. Untuk tahap awal, sobat dapat berlatih menulis kalimat berita terlebih dahulu. Buatlah kalimat berita dengan mencari gambar-gambar berita di internet.

Setelah membuat satu kalimat berita tentang gambar-gambar tersebut, kembangkan kalimat tersebut menjadi satu paragraf berita. Unsur-unsur berita (5W+1H) dapat sobat modifikasi sesuai dengan kreasi.
Penyusunan berita memiliki gaya tersendiri bagi setia penyusunnya. Ada penyusun berita yang cenderung meletakkan peristiwanya (apa) di awal berita, ada yang meletakkan tempat terjadinya berita (di mana) di awal berita, ada yang mendahulukan waktu berita itu terjadi (kapan), dan seterusnya. Unsur berita yang diletakkan di awal dianggap memiliki kepentingan yang lebih.
Jangan lupa jika sudah selesai, berilah judul berdasarkan berita yang telah sobat buat. Penulisan judul berita mempunyai karakteristik tertentu, antara lain : 
  • Bersifat bombastis, untuk menarik perhatian pembaca.
  • Cenderung dibuat singkat, yang kadang tanpa memperhatikan kelengkapan unsur-unsur kaimat.
  • Terkadang, judul berita terpisah dari konteks isi keseluruhan, karena hanya diambil bagian yang menarik perhatian.
Baca ini juga bro : Cara Mewawancarai Narasumber dengan Baik dan Benar
Nah demikianlah artikel tentang Menulis Teks Berita secara Singkat, Padat, dan Jelas, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tertarik untuk mencoba menulis teks berita ? Ayo lakukan !

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top