Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Terbaru

14.29
Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan BenarHal sangat penting manakala kita akan melamar pekerjaan adalah surat lamaran. Surat lamaran ini sangat penting keberadaannya sebagai awal seleksi untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Entah itu di perusahaan ataupun di instansi - instansi tertentu. Oleh karena itu, untuk membuat surat lamaran ini harus diperhatikan betul mengenai formatnya, tata bahasanya, dll.  

Pada dasarnya membuat surat lamaran pekerjaan ini tidaklah sulit. Akan tetapi apabila kita tidak tahu bagaimana cara membuatnya maka kita akan kesulitan. Oleh karena itu di blog ini akan kami berikan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Anda dapat menggunakan contoh surat tersebut sebagai referensi.

Surat lamaran yang anda buat akan menjadi kesan pertama bagi HRD. Nah, apabila kesan pertama dari sebuah surat lamaran kerja tentu akan sangat menentukan langkah selanjutnya dari hal melamar kerja anda, bayangkan saja jika surat lamaran yang anda buat tidaklah baik, kalimatnya tidak rapi, bertele-tele dan juga kurang menarik, saya kira pihak HRD perusahaan akan langsung melewati surat lamaran kerja anda tanpa membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran anda. Sehingga Anda harus membuatnya dengan format yang baik dan benar.



Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar yang dapat anda gunakan sebaga referensi. Akan tetapi sebelum itu, alangkah baiknya jika kita belajar dulu bagaimana cara membuat surat lamaran yang baik dan benar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Dalam menulis surat lamaran kerja, ada banyak hal - hal yang harus kita perhatikan. Jangan sampai asal - asalan dalam membuatnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan manakala membuat surat lamaran pekerjaan :

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.

Gunakan kalimat yang sopan

Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.

Perhatikan syarat-syarat dari perusahaan

Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan 

Sertakan sertifikat pendukung lainnya

Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda


Sebenarnya inti dari sebuah surat lamaran kerja terbagi atas 3 bagian, Yaitu : 

1. Bagian Pembuka

Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Bagian lowongan kerja yang ingin ditempati ( diinginkan si pelamar )

2. Isi atau Uraian

Pada bagian ini menjelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu memberikan informasi biodata tentang usia, tempat tinggal, tempat tinggal serta keterampilan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diinginkan.

3. Penutup

Bagian ini berisi harapan dari si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.


Sumber : hengkikristiantoateng.blogspot.com

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar



Hal : lamaran pekerjaan


Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia 
PT. Maju Terus Pantang Mundur
Jl. Mawar Merah No 88
Jakarta Barat



Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Maju Terus Pantang Mundur yang saya dapatkan dari harian Merdeka pada tanggal 15 Nopermber 2014. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Maju Terus Pantang Mundur.



Berikut ini adalah data singkat saya 
Nama : _________
Tempat / tgl. lahir : _________
Pendidikan Terakhir : ________
Alamat :__________________
Telepon (HP) : _____________
Status : __________________

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S1
3. Foto copy transkrip nilai
4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5. Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.



Hormat saya,





_________

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar




Martapura, 15 Nov 2014
Kepada Yth. HRD
Pt. Maju Terus Pantang Mundur,
Jl. Sam Ratulangi No. 99
Martapura


Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : ________________
Tempat, Tgl. Lahir : ______
Alamat : ________________
No. Telp/HP : ___________
Pendidikan : ____________

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Marketing.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Surabaya. Dan dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan surat :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy Ijazah
3. Foto copy sertifikat
4. Foto copy KTP
5. Foto copy transkrip nilai
6. Pas photo terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.



Hormat saya,




__________.


Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia 
PT. Lentera Jaya Bagus
Jl. Panglima Cahaya Utama No. 30
Bogor


Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Lentera Jaya Bagus yang saya dapatkan dari harian Radar Bogor pada tanggal 10 September 2015. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Lentera Jaya Bagus.

Berikut ini adalah biodata singkat saya
Nama : _______________
Tempat / tgl. lahir : _____
Pendidikan Terakhir : ____
Alamat : ______________
Telepon (HP) : _________


Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto Copy Ijazah S1
3. Foto Copy Transkrip Nilai
4. Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
5. Foto 3x4 yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.



Hormat Saya,





__________

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar


Bandung, 14 September 2015

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Moge Laksana Maju
Jl. Kintamani Luhur No. 8, Bandung


Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar Pikiran Rakyat, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerjaa di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : ________________________
Tempat/Tanggal Lahir : ___________
Jenis Kelamin : __________________
Pendidikan : ____________________
Alamat : ______________________
Telepon :________________________

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

1. Foto Ukuran 3x4
2. Foto copy KTP Bandung.
3. Daftar Riwayat Hidup.
4. Foto copy Ijazah Terakhir.
5. Foto copy SKHUN.Foto copy Sertifikat Competensi.
6. Foto copy Sertifikat PKL.
7. Foto copy Surat Keterangan Refrensi.

Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.



Hormat saya,





___________

Setelah surat lamaran pekerjaan diterima oleh perusahaan atau instansi, maka selanjutnya adalah menunggu. Yaitu menunggu kita mendapat panggilan dari perusahaan tersebut untuk mengikuti tes wawancara. Untuk itu Anda harus belajar bagaimana cara menghadapi tes wawancara yang baik dan benar. Dan jangan lupa berdoa semoga urusan kita dilancarkan oleh Alloh SWT. 

Demikian beberapa contoh surat lamaran kerja, saya harapkan dari artikel ini dapat memberikan manfaat terutama bagi saudara yang sedang berupaya untuk mencari pekerjaan. Semoga apa yang kami tuliskan diatas bermanfaat. Sekian Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar. 

Download Vidmate Aplikasi Untuk Download Film , Music, Anime, Game, Apps, Terlangkap

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Posting Komentar

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)