Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

22 Februari 2016

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin/PKL SMK yang Baik dan Benar

Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin (PKL) SMK yang Baik dan Benar – Sebelumnya, kita kenalan dulu sama yang namanya Prakerin dan PKL. Apa sih itu Prakerin dan PKL ? Prakerin (Praktek Kerja Industri/Instansi) adalah kegiatan untuk melatih dan mengembangkan  keterampilan siswa SMK dengan melaksanakan praktek kerja secara langsung di dalam dunia kerja dengan menerapkan ilmu yang telah dipelajari di sekolah maupun di luar sekolah.


Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin/PKL SMK yang Baik dan Benar
Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin/PKL SMK yang Baik dan Benar

Lalu apa bedanya Prakerin (Praktek Kerja Industri) dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan) ? 

Menurut SiswaMaster.com : Sebenarnya PKL memiliki makna dan definisi yang hampir sama, perbedaannya adalah jika Prakerin umumnya dilakukan di kawasan industri/instansi maka PKL dilakukan di lapangan kerja secara langsung.

Contoh dari Prakerin SMK umumnya yaitu dari jurusan Akuntansi (di kantor perpajakan/bank), jurusan Administrasi Perkantoran (di kantor kecamatan/kabupaten/kota dan instansi lainnya), jurusan Seni (di sekolah) dan masih banyak lagi.

Sedangkan contoh dari PKL SMK umumnya yaitu dari jurusan Pemasaran/Tata Niaga (di toko/supermarket), jurusan Teknik Komputer Jaringan (di toko komputer), jurusan Multimedia (di perusahaan percetakan), jurusan otomotif (di bengkel kendaraan/perusahaan kendaraan), jurusan teknik mesin (di pabrik perusahaan), dan masih banyak lagi.

Sebenarnya penggunaan istilah Prakerin dan PKL itu sama saja, yang membedakan secara umum yaitu di teknis dan di mana tempat kegiatan tersebut dilaksanakan.

Mungkin perkenalannya sampai di sini saja dan kembali ke topik bahasan. Berbicara mengenai Prakerin/ PKL, tentu ada juga hasil laporan kegiatannya. Ya, sudah dari dulu siswa membuat laporan Prakerin/PKL, bahkan sudah terkesan “wajib” atau “harus”. Nah, untuk pembuatannya sendiri, laporan Prakerin/PKL terbilang gampang-gampang susah. Tidak gampang, tapi juga tidak terlalu sulit.

Sehubungan dengan laporan PKL, kami sudah membuat beberapa contoh kata pengantar laporajn prakerin/pkl smk yang baik dan benar untuk berbagai jurusan/bidang keahlian. Kata pengantar sendiri merupakan bagian penting dalam sebuah laporan Prakerin/PKL, bahkan tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu, sobat harus membuatnya dengan baik dan benar, jangan sampai salah. 

Bagaimana membuat Kata Pengantar yang baik dan benar ? Daripada pusing-pusing memahami caranya, lebih baik memahami contohnya saja. Berikut adalah contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin/PKL SMK yang baik dan benar.....

Ada 2 versi, silahkan sobat pilih yang mana yang paling pas untuk dijadikan referensi kata pengantar dalam penyusunan hasil laporan Prakerin/PKL sobat.

 

Versi #1. “ Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK “


KATA PENGANTAR

    Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kesempatan bagi kami sehingga kami dapat  melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan juga dapat menyelesaikan laporan ini dengan baik.

    Maksud dan tujuan penyusunan  laporan ini adalah sebagai pemenuhan tugas yang dimaksudkan untuk memenuhi nilai dan kelengkapan bukti belajar. 

    Karena bantuan dari berbagai pihak baik berupa moral maupun materi  yang mendorong semangat penulis sehingga laporan ini terwujud dengan tepat waktu. Laporan ini tidak akan terwujud tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu , pada kesempatan ini penyusun menyampaikan terima kasih yang setulusnya kepada :
  1. Bapak Drs. Ruslan Haris R. M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Banyumas.
  2. Bapak Wakhid Herri Nurcahyo S.Kom, selaku Ketua Prodi Jurusan teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).
  3. Bapak Ambang Fitriyanto S.Kom, selaku pembimbing kami dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan selama 3 bulan.
  4. Pimpinan, Staff,  Karyawan dan Keluarga Besar CV. Arjun Comp Media Banjarnegara yang telah memberi izin, pengarahan, dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami.
  5. Ayah dan ibu selaku orang tua yang telah mendukung dan membimbing kami.
  6. Semua pihak yang telah membantu terwujudnya penyusunan laporan ini.
    Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, baik dari segi penulisan maupun dari isi laporan. Oleh karena itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca. 

    Penyusun berharap dengan adanya laporan kunjungan industri ini akan bermanfaat bagi semua pihak, baik itu penyusun, pembaca maupun adik-adik kelas yang juga akan melakukan Praktek Kerja Lapangan dan membuat laporan Praktek Kerja Lapangan.

Banyumas, 24 Maret 1999


Penyusun,

 

Versi #2. “ Contoh Kata Pengantar Laporan Praktek Kerja Industri SMK ”


KATA PENGANTAR
    Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan juga menyelesaikan laporan ini dengan baik guna memenuhi syarat Uji Sertifikasi Praktek Kerja Industri serta kelengkapan bukti belajar sebagai bukti pertanggung jawaban atas kegiatan Prakerin di dunia Industri.

    Laporan Prakerin ini kami buat berdasarkan pengalaman dan berbagai data yang kami peroleh selama melaksanakan kegiatan Prakerin ini di CV. Nest Link Computer, Banjarnegara. Penyusunan laporan ini kami buat sedemikian rupa sehingga dapat diterima dan dipahami oleh pembimbing serta dapat menjadi acuan belajar bagi adik-adik kelas yang nantinya juga akan melaksanakan Prakerin dan menyusun hasil laporan Prakerin.

     Dengan ini kami menyadari bahwa laporan ini tidak dapat tersusun dengan baik tanpa ada bantuan dari berbagai pihak terkait. Oleh karena itu, kami tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada :

  1. Bapak Drs.Ruslan Haris M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Banyumas.
  2. Bapak Wakhid Herri Nurcahyo S.Kom, selaku Ketua Prodi Jurusan teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).
  3. Bapak Ambang Fitriyanto S.Kom, selaku pembimbing kami dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan.
  4. Pimpinan, Staff,  Karyawan dan Keluarga Besar CV. Nest Link Computer Banjarnegara yang telah memberi izin, pengarahan, dan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami.
  5. Ayah dan ibu selaku orang tua yang telah mendukung, membimbing dan mendoakan kami.
  6. Dan Semua pihak yang telah membantu dan memberi dorongan demi terwujudnya penyusunan laporan ini.
    Semoga dengan tersusunnya laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.

      Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan, arahan, bimbingan, dan bantuan dari pihak-pihak terkait sehingga laporan ini dapat  tersusun dengan baik.
Bandung, 10 Juli 1999
Penyusun,


Catatan : 

#1. Walaupun contoh kata pengantar di atas adalah jurusan TKJ, namun dapat digunakan untuk laporan kata pengantar jurusan lainnya seperti ; Jurusan Akuntansi (Keuangan), Administrasi Perkantoran (AP), Multimedia (MM), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Pemasaran (Tata Niaga), Otomotif, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan masih banyak lagi. 

#2. Disesuaikan berdasarkan bidang keahlian, nama, tanggal, tempat, sekolah dan pihak yang bersangkutan. Intinya sobat bisa mengganti sendiri sesuai dengan keadaan dan kenyataan. 

#3. Mungkin ada beberapa guru yang beda persepsi mengenai format dan ketentuan Kata Pengantar laporan PKL ini, jadi ada baiknya sebelum laporan dicetak, diperiksa dan dikoreksi terlebih dahulu ke Bapak/Ibu Guru yang bersangkutan.


Penutup....

Demikianlah artikel tentang Contoh Kata Pengantar Laporan Prakerin/PKL SMK yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat bagi kita semua, khususnya yang sedang menyusun laporan Prakerin/PKL. Sekian dan terimakasih....

SMK Bisa !

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top