Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

6 Februari 2016

Contoh Hardware Komputer beserta Fungsi dan Penjelasannya

Contoh Perangkat Keras (Hardware) Komputer beserta Pengertian dan Fungsinya – Apa itu perangkat keras (hardware) komputer ? Hardware komputer adalah perangkat komputer yang dapat dilihat, dipegang, dan disentuh secara langsung atau memiliki bentuk/wujud secara fisik.
Contoh Hardware Komputer beserta Fungsi dan Penjelasannya
Contoh Hardware Komputer beserta Fungsi dan Penjelasannya

Hardware sendiri dapat berfungsi sebagaimana mestinya jika dipadukan dengan software (perangkat lunak) dan brainware (perangkat manusia). Apa pengertian dari software dan brainware ?

Sobat bisa membaca penjelasannya lebih dalam di : Pengertian Hardware, Software dan Brainware beserta Contohnya
Hardware juga memliki kemampuan instruction set, yang berarti sebuah perangkat keras dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan oleh pengguna. Karena hardware mengerti bahasa perintah tersebut, maka hardware dapat melakukan berbagai kegiatan/aktivitas sesuai kebutuhan penggunanya.
Adapun pengelompokan hardware berdasarkan fungsinya (secara singkat) yaitu :
  • Input device : perangkat masukkan (input).
  • Process device : perangkat pemrosesan.
  • Output device : perangkat keluaran (output).
  • Storage device : perangkat penyimpanan.
  • Peripheral : perangkat tambahan.
Input, proccess, output, storage, dan peripheral device adalah satu-kesatuan yang termasuk bagian dari hardware komputer. Sehubungan dengan itu, berikut penjelasan yang lebih lengkap dari masing-masing kelompok hardware tersebut :

A. INPUT DEVICE 


Input device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukkan perintah/intruksi ke dalam sistem komputer yang nantinya akan digunakan untuk proses lebih lanjut.

Suatu intruksi yang berasal dari luar dimasukkan ke dalam komputer untuk kemudian diolah atau diproses sehingga menghasikan informasi yang diinginkan pengguna.

Data yang dimasukkan oleh input device umumnya berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer (signal input) dan berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan (maintenance input).

Contoh input device dan fungsinya :
1. Keyboard
Alat input yang berfungsi untuk mengetik perintah berupa huruf, angka, fungsi dan kontrol pada komputer. Keyboard juga dapat digunakan untuk memasukkan karakter khusus serta sebagai media bagi pengguna untuk melakukan beragam perintah seperti menyimpan dan membuka file.
Adapun jenis-jenis Keyboard yaitu :
  • QWERTY
  • DVORAK
  • KLOCKENBERG
Hingga saat ini, keyboard Qwerty lah yang paling umum dipakai, yang bentuknya mirip seperti tuts pada mesin ketik. Keyboard Qwerty memiliki 4 bagian yaitu : typewriter key, numeric key, function key, dan  function key.

2. Mouse
Alat input yang befungsi sebagai alat perpindahan pointer atau cursor secara cepat, serta dapat digunakan untuk melakukan perintah yang lebih praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Kemunculan mouse lebih dikenal sejak adanya sistem operasi berbasis Graphical user Interface (GUI). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran/pergerakannya.
Mouse zaman sekarang umumnya terdiri dari tiga tombol, yaitu tombol kiri, tombol kanan dan tombol penggulung (scroll).
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik dimana penekanan ini akan berfungsi jika mouse erada pada objek yang ditunjuk, tapi jika tidak berada pada objek yang ditunjuk maka penekanan diabaikan.

3. Touchpad
Alat input yang berfungsi seperti layaknya mouse dan biasanya sebagai pengganti mouse dan umumnya dijumpai pada notebook atau laptop.

4. Touchscreen
Berfungsi seperti touchpad namun menggunakan perantara layar. Contoh dari touchscreen adalah pada Samartphone Android yang kebanyakan menggunakan layar sentuh dan laptop canggih yang memiliki spesifikasi monitor touchscreen.


5. Light pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesign gambar dengan monitor. Ligh pen mempunyai suatu sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang selanjutnya direkam. Layar monitor bekerja dengan merekam 6 sinyal elektronik setiap baris per detik.

6. Scanner
Berfungsi untuk menyalin (copy) teks atau gambar yang kemudian disimpan ke memori komputer. Melalui memori, file selanjutnya disimpan di harddisk atau floppy disk.
Fungsi dari scanner mirip dengan mesin fotocopy, bedanya hasil mesin fotocopy  dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu. Oleh karena itu, dengan adanya scanner sebuah file dapat dimodifikasi dan simpan kembali baik dalam bentuk text maupun gambar.
Selain untuk scan gambar dan teks, scanner dapat digunakan untuk apa ?

Wah, ternyata scanner juga bisa mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner untuk menscan lembar jawaban komputer yang sering digunakan yaitu SCAN IR. SCAN IR ini biasa digunakan pada saat mendeteksi jawaban LJK (Lembar Jawab Komputer) pada Ujian Nasional ataupun ulangan umum. SCAN IR ini terdiri dari lampu sensor (sebutannya optik) yang mampu mengelai jenis pensil 2B.

7. Joystick dan games paddle
Kedua alat ini biasanya digunakan sebagai alat penggerak sebuah permainan di komputer. Joy Stick umumnya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle berbentuk kotak.persegi terbuat dari plastik yang dilengkapi tombol-tombol untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

8. Barcode Reader
Berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka.
Kode ini umumnya menempel pada produk makanan, minuman, buku, alat elektronik, perabotan dan sebagainya.
Penggunaan barcode ini sangat sering dijumpai pada supermarket atau swalayan untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya melalui barcode. Dengan adanya barcode, proses pengenalan biaya suatu produk akan lebih cepat, praktis dan efisien.
Barcode Reader ini termasuk alat masukkan (input), bukan alat keluaran (output) dikarenakan fungsinya untuk mengidentifikasi suatu kode produk yang kemudian diterjemahkan dan dimasukkan kedalam komputer.

9. Mikrofon
Alat masukkan yang fungsinya untuk merekam/memasukkan suara yang akan disimpan ke dalam memori komputer atau dapat juga digunakan untuk mendengarkan suara.

10. Kamera Digital
Semakin majunya teknologi sehingga komputer mampu menerima input dari sebuah kamera. Kamera ini memiliki kualitas gambar lebih bagus dan baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar menggunakan scanner.
Ketajaman gambar ini juga ditentukan oleh pixel, jadi semakin besar pixel semakin bagus juga kualitas gambarnya. Disamping itu, semakin bagus gambarnya, maka ukuran file nya juga semakin besar.
Berbeda dengan kamera biasa, kamera digital tidak memerlukan film. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke memori kamera dalam bentuk file, lalu dapat dipindahkan/ditransfer ke komputer.
Kamera yang beredar di pasaran ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis untuk mengambil gambar statis hingga dengan kamera yang mampu merekam gambar hidup atau bergerak (video).

11. Graphics Pad
Graphics Pads adalah alat input komputer yang digunakan untuk menggambar objek pada monitor. Ada beberapa jenis Graphics Pads, diantaranya yaitu :
  • Menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan itu ada permukaan membrane senfitif sentuhan (touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah ini lalu diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
  • Menggunakan bantalan sensitif sentuh (touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, lalu ditulisi pensil.


B. PROCESS DEVICE


Process device adalah perangkat komputer pemrosesan. Tapi, apa itu proses ? Proses adalah perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk menjalankan operasi data serta aritmatik dan logika yang dilakukan pada data.
  •  Processor (CPU)
  • RAM
  • ROM
  • Motherboard
  • VGA card
  • Power Supply

C. OUTPUT DEVICE
 

Output device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk memunculkan hasil informasi yang diperoleh dari hasil proses dari peralatan proses komputer.
Output atau keluaran yang merupakan hasil dari proses digolongkan menjadi dari 4 bentuk, yaitu huruf, gambar, suara dan video. Peralatan output ini menghasilkan informasi untuk manusia sehingga dapat dibaca, dilihat, didengar, dan dipahami.
1. Monitor
Monitor adalah perangkat keras yang harus ada pada komputer. Fungsi dari monitor adalah untuk menampilkan informasi baik gambar, teks ataupun video ke pengguna melalui tampilan layar. Jadi, monitor ini dapat diartikan sebagai perantara antara pengguna dengan komputer.

2. Proyektor (Infocus)
Perangkat keras yang umumnya digunakan untuk presentasi atau menonton film. Proyektor ini dihubungkan ke komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor komputer ke sebuah layar (screen) ataupun dinding.

3. Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk mengeluarkan suara. Dengan adanya speaker, kita dapat mendengarkan keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker. Jenis lain dari speaker adalah earphone dan headset.
4. Printer
Apa itu printer ? Printer adalah perangkat keluaran (output) yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas.
Adapun jenis-jenis printer yaitu :
  • Dot Matrik : Menggunakan tinta jenis pita (seperti terdapat pada mesin ketik)
  • Inkjet : Menggunakan tinta cair (liquid ink).
  • Laser Pinter : Menggunakan tinta serbuk atau powder (seperti bubuk gliter).

5. Plotter

Perangkat keras komputer yang mirip dengan printer namun memiliki ukuran yang lebih besar dan kegunaannya hanya untuk objek gambar. Jadi plotter adalah alat untuk mencetak gambar agar kualitasnya lebih maksimal dibanding printer pada umumnya.

D. STORAGE DEVICE  

Storage device  adalah perangkat penyimpanan.

  • Harddisk
  • Floppy disk
  • CD/DVD
  • Flashdisk

E. PERIPHERAL 


Peripheral adalah perangkat tambahan yang jika tidak ada, komputer masih tetap bisa dijalankan.
  • TV Tunner
  • Modem
  • Capture Card

Nah, demikianlah artikel mengenai macam/contoh hardware komputer disertai penjelasannya, semoga bermanfaaat bagi kita semua.

Salam anak TKJ !

#AyoBelajar


Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top