Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

7 Januari 2016

Upaya Pencegahan Pelanggaran HAM : Mendorong Manusia ke Jalan yang Lebih Baik

Upaya Pencegahan Pelanggaran HAM beserta penjelasannya – Sebelumnya, kita ulang kembali arti dari pelanggaran HAM itu sendiri. 


Upaya Pencegahan Pelanggaran HAM
Upaya Pencegahan Pelanggaran HAM – Mendorong Manusia ke Jalan yang Lebih Baik

Apa itu pelanggaran HAM ? 


Pelanggaran HAM adalah segala tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang, maupun aparat pemerintah yang dapat mengurangi, menghalangi, membatasi, ataupun menghilangkan Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang, yang dijamin oleh Undang-Undang dan tidak mendapatkan/dikhawatirkan tidak memperoleh keadilan dalam penyelesaian hukum berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku (tercantum dalam UU RI No. 39 Tahun 1999 Pasal 1 Angka 6).

Sudah ada sedikit gambaran bukan ?

Intinya pelanggaran HAM menyebabkan kerugian terhadap seseorang, baik itu pelanggaran HAM berat maupun ringan sama saja tidak baik untuk dilakukan. Pelanggaran HAM yang marak terjadi belakangan ini tentu memiliki sebab dan akibat. 

Adapun sebabnya bisa sobat baca di : Faktor Penyebab Pelanggaran HAM

Sebuah pelanggaran dapat bermula dari hal-hal kecil yang kemudian menjadi besar. Jika keburukan sering dilakukan, maka lambat laun akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan pada akhirnya mendorong seseorang untuk lebih berbuat dari yang ia telah biasa ia lakukan. 

Jika seseorang terbiasa melakukan hal-hal buruk, maka seiring berjalannya waktu hal buruk tersebut akan melonjak menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Begitu seterusnya hingga pada saat tertentu, mengakibatkan suatu konflik. Konflik, konflik, dan konflik. 

Hal apa yang kemungkinan bakal terjadi ? Kemungkinan terbesarnya adalah terjadinya pelanggaran HAM berat. Apa contoh pelanggaran HAM berat itu ? Contohnya seperti pembunuhan, penganiayaan, perbudakan, perampokan, penculikan, penyanderaan dan sebagainya (Intinya menganjam jiwa manusia).

Bukankah lebih indah jika hidup tanpa sebuah pertikaian ? 

Hidup memang indah jika kita sebagai manusia juga ikut menjaga sebuah Hak Asasi Manusia, baik itu diri sendiri maupun orang lain. Pepatah mengatakan bahwa “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Ya, itu adalah kata-kata yang memang harus dilakukan. Apalagi sangat relevan dalam proses penegakan HAM.

Tindakan terbaik dalam upaya penegakan HAM yaitu dengan mencegah semua faktor penyebab dari pelanggaran HAM. Jika faktor penyebabnya tidak muncul, maka pelanggaran HAM dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan.

Lalu, bagaimana kita sebagai warga negara mencegah pelanggaran HAM ?

Untuk mencegah sebuah pelanggaran HAM, diperlukan adanya peran serta dari berbagai pihak. Baik itu masyarakat maupun pemerintah. Adapun tindakan upaya pencegahan pelanggaran HAM yang dapat kita lakukan yaitu :

Upaya Pencegahan Pelanggaran HAM melalui Pemerintah


1.) Menegakkan supremasi hukum dan demokrasi

Pendekatan hukum dan pendekatan dialogis harus dikemukakan dalam rangka melibatkan partisipasi masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Para pejabat penegak hukum harus memenuhi kewajiban dengan memberikan pelayanan yang baik dan adil kepada masyarakat. Selain itu juga, harus mampu memberikan perlindungan pada tiap orang dari perbuatan melawan hukum, dan menghindari tindak kekerasan yang melawan hukum dalam rangka menegakkan hukum.

2.) Meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya berbagai bentuk pelanggaran HAM

Kualitas pelayanan publik yang baik akan membuat masyarakat menjadi nyaman. Tidak ada keluhan dan protes dari masyarakat menjadi tonggak upaya pencegahan pelanggaran HAM.

3.) Meningkatkan profesionalisme lembaga keamanan dan pertahanan negara

Semakin profesional sebuah lembaga, semakin baik pula masyarakat untuk mempercayai lembaga tersebut. Demikian halnya dengan lembaga keamanan dan pertahanan negara, jika mampu meyakinkan masyarakat bahwa mereka itu profesional, maka pelanggaran HAM mungkin menjadi semakin berkurang.

4.) Meningkatkan penyebarluasan prinsip-prinsip HAM kepada masyarakat

Penyebarluasan prinsip HAM pada masyarakat dapat melalui lembaga pendidikan formal (sekolah/perguruan tinggi) ataupun lembaga pendidikan non-formal (kegiatan-kegiatan keagamaan dan kursus-kursus). 

Tujuan dari penyebarluasan ini tentunya agar masyrakat mengerti dan paham seberapa pentingnya HAM itu. Jika masyarakat mengerti, maka akan meringankan beban pemerintah dalam upaya penegakan HAM.

Upaya ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin, apabila masyarakat tahu lebih awal, maka pelanggaran HAM juga tidak akan terjadi di kemudian hari.


Upaya pencegahan pelanggaran HAM melalui Masyarakat


5.) Meningkatkan pengawasan dari masyarakat dan lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan HAM yang dilakukan pemerintah

Jika pemerintah melakukan upaya penegakan HAM, kita sebagai warga negara juga harus mengawasinya. Baik tidaknya kebijakan pemerintah juga harus kita awasi dengan seksama. Jika ada kebijakan dan tindakan yang tidak sesuai peraturan perundang-undangan atau merugikan berbagai pihak, kita dapat mengoreksi segala kebijakan pemerintah dan melaporkannya.

6.) Meningkatkan kerjasama yang harmonis antar kelompok dan golongan dalam masyarakat

Kerjasama ini diharapkan mampu menciptakan hubungan yang saling memahami dan menghormati keyakinan dan pendapat masing-masing.

7.) Mempelajari, memahami dan menerapkan pentingnya Hak Asasi Manusia dalam kehidupan sehari-hari

Ketiga hal ini memang harus diterapkan di masyarakat agar segala bentuk pelanggaran dapat diminimalisir. Ketika seseorang mengetahui bahwa Ham itu sangat penting dan harus dilindungi serta dijunjung tinggi, maka pelanggaran HAM tidak akan ia lakukan.

8.) Menerapkan pentingnya HAM dalam kehidupan sehari-hari dapat dimulai dari perbuatan yang baik

Misalnya saja, rajin membaca, bersikap jujur, tidak sombong, ramah, suka berpendapat dan sebagainya. Perbuatan-perbuatan baik jika dilakukan secara terus menerus juga dapat menjadi kebiasaan. Intinya kebiasaan baik juga ikut mempengaruhi upaya pencegahan pelanggaran HAM di negeri ini.

Kesimpulan...

Pencegahan HAM dapat terealisasikan dengan baik apabila semua kalangan ikut aktif membantu penegakan HAM, baik itu masyarakat maupun pemerintah. Pencegahan HAM juga membutuhkan sebuah kerjasama yang baik di antara elemen masyarakat guna menciptakan hubungan yang damai, tentram dan nyaman.

Sekian, semoga bermanfaat :D

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top