Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

7 Januari 2016

Pengertian Hardware, Software dan Brainware beserta Contohnya

Komponen utama komputer : Hardware, Software dan Brainware – Hai sobat... Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian hardware, software dan brainware beserta contohnya. Apa itu hardware, software dan brainware ? Apa saja contohnya ? Yuk simak penjelasannya....

Pengertian Hardware, Software dan Brainware beserta Contohnya
Pengertian Hardware, Software dan Brainware beserta Contohnya



Komponen utama komputer atau pondasi sebuah komputer

Sudah kita ketahui bersama, komputer menjadi sarana yang sangat memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Suatu komputer dapat berjalan dengan baik tentu memiliki dasar atau pondasi untuk membangunnya. Sehubungan dengan itu, pondasi dari sebuah komputer itu terbagi menjadi tiga komponen utama yaitu hardware, software dan brainware. Ketiga memiliki peranan yang berbeda sesuai tugasnya masing-masing. Dengan bekerjasama, pondasi tersebut mampu menopang mekanisme kerja dari komputer sehingga berjalan dengan semestinya.

Adapun penjelasan mengenai ketiga komponen utama tersebut adalah sebagai berikut :

A. HARDWARE 

Pengertian Hardware
Pengertian Hardware

Pengertian Hardware

Hardware (perangkat keras) adalah komponen komputer yang dapat disentuh atau diraba secara langsung oleh manusia, dengan kata lain memiliki wujud/bentuk secara fisik.

Hardware sendiri memiliki beragam fungsi yang mendukung sistem komputer agar berjalan sesuai dengan semestinya. 

Kemampuan lain dari hardware sering disebut dengan instruction set, yang berarti sebuah perangkat keras dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan oleh pengguna. Karena hardware mengerti bahasa perintah tersebut, maka hardware dapat melakukan berbagai kegiatan/aktivitas sesuai dengan apa yang telah diperintahkan penggunanya.

Perintah-perintah tersebut tentu tidak berjalan begitu saja, ada yang mengontrol dan memoderator sebuah komputer agar bekerja sesuai mekanisme yang ada. Adapun yang menjadi otak dari sebuah komputer yaitu CPU (Central Proccessing Unit) atau sering juga dikenal dengan Proccessor. 

CPU ini menjadi pusat pengolahan data, pengontrol kerja komputer, dan memegang peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. Tanpa adanya CPU (proccessor), komputer tidak akan bekerja, jadi kinerja komputer tergantung dari CPU tersebut.

Untuk bekerja secara optimal, CPU juga membutuhkan alat. Alat tersebut berupa alat masukkan dan alat keluaran, di mana alat masukkan untuk memberi perintah dan alat keluaran  untuk memunculkan hasil pemrosesan suatu intruksi. Hasil keluaran biasanya berupa informasi atau data yang dapat juga disimpan melalui media penyimpanan.

Contoh Hardware 

Adapun contoh dari hardware yaitu :

Alat masukkan (input device), yaitu perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukkan suatu perintah dan data yang akan diproses oleh program atau komputer. Contoh dari input device yaitu : keyboard, mouse, joystick, scanner, taouchpad, touchscreen, dan sebagainya.

Alat pemrosesan, yaitu perangkat komputer untuk melakukan proses sebuah inputan/masukkan dari pengguna melalui alat input. Contohnya adalah processor atau CPU pada sebuah komputer.

Alat keluaran (output device), yaitu perangkat yang digunakan untuk memunculkan hasil keluaran atau menyampaikan suatu informasi kepada penggunanya. Contohnya : monitor, plotter, speaker, printer, proyektor, dan sebagainya.

Media penyimpanan data (storage device), yaitu media untuk menyimpan suatu data secara tetap, contohnya yaitu : harddisk, Flashdisk, CD, DVD, floppy disk dan sebagainya.

Perangkat tambahan (peripheral), yaitu perangkat tambahan komponen komputer atau perangkat yang sebelumnya belum ada di dalam komputer. Contohnya yaitu : Modem, TV tunner card dan capture card.


B. SOFTWARE

Pengertian Software
Pengertian Software

Pengertian Software

Software (perangkat lunak) adalah perangkat yang terdiri dari intruksi-intruksi atau program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai apa yang dikehendaki pengguna.

Dengan begitu, software juga dapat berarti suatu data yang terdapat pada komputer yang memiliki format tertentu lalu disimpan secara digital di dalam komputer (baik itu program komputer, dokumen, dan informasi lainnya). 

Berbeda dengan hardware yang dapat dilihat, dipegang atau disentuh secara fisik, software tidak demikian. Karena bentuknya digital, maka seseorang hanya dapat melihatnya dan tidak bisa menyentuhnya secara fisik.

Sekadar pengetahuan, program, data dan instruksi di dalam software yang tersimpan dalam komputer adalah berbentuk angka-angka (biner) serta bahasa pemrograman lain yang dimengerti oleh komputer, lalu diterjemahkan ke bentuk yang lebih kompleks sehingga dimengerti manusia.

Bagaimana software dibuat ?

Untuk menciptakan sebuah software, seseorang harus mampu menguasai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman inilah yang kemudian dibentuk berdasarkan algortima, logika, ide, dan intruksi dari si pembuatnya. Setelah ragam intruksi dibuat (umumnya ditulis), langkah selanjutnya adalah dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dimengerti oleh hardware komputer.

Contoh Software 

Adapun contoh dari software, diantaranya yaitu :

Sistem Operasi 


Sistem Operasi (operating system) adalah sistem yang berfungsi untuk mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menghubungkan sumber daya tersebut dengan pengguna maupun dengan program lain sehingga program yang ada di komputer dapat mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut. Sederhananya yaitu software untuk menghubungkan komputer dengan pengguna. Contoh sistem operasi yaitu : Windows, Linux dan Mac OS

Program Aplikasi 

Program yang digunakan untul mengolah data elektronik seperti aplikasi pengolah kata, pengolah angka, paket aplikasi kantoran dan lain sebagainya. Biasanya dibuat oleh seorang programmer sesuai dengan kebutuhan konsumen untuk keperluannya. Program aplikasi ini juga dibuat berbentuk paket yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan.

Contoh program aplikasi yaitu : Libre Office, Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, Microsoft Visual Basic dan lain-lain.

Program bantu (utility)

Program yang berfungsi untuk membantu mengatasi gangguan dan ancaman terhadap jalannya komputer yang terjadi pada software. Selain itu, utility juga berfungsi untuk mengisi kelemahan suatu sistem operasi. Contoh dari program bantu (utility) yaitu : PC Cilin, Direct-X, Norton Utility, SCAN disk, anti virus dan sebagainya.

Sistem pengolah

Program yang digunakan untuk memperoses data masukkan (input).

Software Development Tool

Software Development Tool (perkakas pengembangan perangkat lunak) adalah program yang berfungsi sebagai kompilator bahasa pemrograman tingkat tinggi, tingkat menengah dan bahasa pemrograman tingkat rendah (rakitan). 

Adapun contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu : Pascal, C, C++, Delphi, PHP, Phyton, dan Pascal. 

Contoh bahasa pemrograman tingkat menengah yaitu : assembler dan translator
Sedangkan contoh bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu : bahasa mesin.

Pengendali Perangkat Keras

Device Driver (Pengendali Perangkat Keras) adalah program penghubung perangkat keras pembantu dengan komputer. Contohnya adalah : software untuk menghitung pada kasir swalayan dengan menggunakan bantuan scanner untuk menerjemahkan barcode. 

Software menetap (firmware)

Contohnya yang dipasang pada di jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.

Software gratis

Software gratis (freeware) adalah perangkkat lunak gratis yang diberikan oleh pengembang tanpa dibatasi oleh masa waktu. Intinya siapa saja bebas menggunakannya sesuka hati.

Software perusak

Software perusak ini adalah berbentuk program yang mencurigakan yang dapat menganggu, mengusik, bahkan merusak sebuah komputer. Perangkat lunak perusak ini sering juga dikenal dengan malware. 

Selengkapnya, sobat bisa membaca : Pengertian malware

Software uji coba

Software uji coba (trialware/shareware) yaitu software yang dibatasi untuk waktu tertentu (misalnya untuk 30 hari), intinya memberikan kesempatan bagi konsumen untuk menguji produk sebelum membeli versi lengkap dari software tersebut.  


C. BRAINWARE


Pengertian Brainware 

Brainware (perangkat manusia) adalah seseorang yang mengoperasikan hardware dan software untuk saling bekerjasama satu dengan lainnya.

Jadi intinya seseorang yang mengoperasikan atau mengatur sistem di dalam komputer disebut dengan brainware. Brainware ini juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual dimana mampu mengekspoitasi kinerja dari hardware maupun software.

Tanpa brainware, komputer juga tidak bisa bekerja. Demikian halnya dengan hardware yang membutuhkan software, software membutuhkan brainware, dan brainware membutuhkan hardware dan software.

Intinya komponen utama dalam sistem komputer ini saling bekerja sama.

Contoh Brainware

User/operator, yaitu orang yang tugsanya mengoperasikan komputer.

Administrator, yaitu orang yang mampu mengatur sistem kerja, urutan, dan pengelolaa data sampai dengan output.

Programmer, yaitu orang yang membuat sebuah program seperti software untuk kemudian digunaka oleh user atau administrator.

Sistem Analis, yaitu orang yang membuat cetak biri skema global sistem program untuk dikerjakan programmer.

Teknisi, yaitu orang yang yang bertugas dan memiliki wewenang untuk melakukan perawatan dan perbaikan terhadap sistem komputer yang mengalami kerusakan.


D. HUBUNGAN ANTARA HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE


HUBUNGAN ANTARA HARDWARE, SOFTWARE DAN BRAINWARE


Hubungan antara Hardware, Software, dan Brainware



Sudah sedikit disinggung di atas, hardware, software dan brainware itu saling berkaitan. Saling bekerjasama dan saling membutuhkan. 

Ketiga komponen ini tidak bisa dipisahkan untuk menghasilkan mekanisme kerja yang optimal. Karena itulah, ada istilah yang mengartikan ini sebagai konsep tri tunggal. Tiga untuk satu.

Hardware (perangkat keras) tanpa dipadukan dengan software, maka komputer hanyalah sebuah benda/mesin yang tidak berguna bahkan tidak bisa diapa-apakan. Oleh karena itu, dibuatlah suatu software (perangkat lunak) untuk menjadikan komputer lebih berguna sehingga dapat digunakan oleh pengguna. Perpaduan antara hardware dan software ini kemudian menghasilkan komputer yang memiliki ragam fungsi yang siap digunakan.

Hardware dan software bergabung, namun masih ada yang kurang. Apa itu ? Ya, benar sekali. Seseorang untuk mengoperasikannya (brainware). Jika tidak ada brainware, maka komputer itu diibaratkan hanyalah robot yang diam. Mesin yang memiliki fungsi namun masih dalam keadaan mati. 

Jadi, intinya brainware juga memiliki peranan yang sama pentingnya dengan hardware dan software. Ketiga komponen ini jika dipadukan maka akan menghasilkan komputer yang memiliki fungsionalitas kerja sehingga dapat bermanfaat bagi penggunanya.

Untuk tahap pertama, seseorang harus membeli hardware komputer. Setelah itu memasukkan program yang dibutuhkan ke dalam komputer. Setelah program dimasukkan ke dalam komputer, maka komputer baru dapat bekerja untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia.


Kesimpulan....

Baik itu hardware, software maupun brainware memiliki peranan dan tugasnya masing-masing. Ketiga komponen itu tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, melainkan harus bekerjasama untuk menghasilkan komputer yang dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Hardware, Software dan Brainware beserta Contohnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua....

Salam anak IT Indonesia !

4 komentar

Thanks pengetahuannya.. Salam kenal :)

iya gan salam kenal juga, makasih udah mampir :D

Makasih ya, artikel samean sangat membantu saya dalam presentasi besok...tapi alangkah lebih bagus jika di sertai dengan gambar soalnya saya gak terlalu faham dengan hardware...tau barangnya tapi gak tau namanya, tau namanya tapi malah gak tau seperti apa barangnya. http://evita217.blogspot.com/

oke mba kapan2 saya update artikelnya..

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top