Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

7 Januari 2016

Pengertian, Fungsi dan Keunggulan Microsoft Publisher

Pengertian Microsoft publisher, Fungsi, Kegunaan serta kelebihan dan kekurangannya – Sobat sudah pernah dengar aplikasi ini ? Saya yakin sobat masih awam dengan aplikasi buatan microsoft ini. Ya, wajar saja jika sobat masih awam. Di sekolah pun masih sangat jarang yang mempergunakannya. Walaupun begitu, aplikasi ini juga memiliki berbagai manfaat yang patut untuk dicoba...

Mengenal Microsoft Publisher : Pengertian, Fungsi dan Kegunaan
Mengenal Microsoft Publisher : Pengertian, Fungsi dan Kegunaan


Pengertian Microsoft Office Publisher


Microsoft Publisher adalah program aplikasi yang termasuk dalam bagian Microsoft Office Suite dari Perusahaan Microsoft yang digunakan untuk kegiatan desktop publishing. Hah ? Desktop Publishing ? Apa itu ? Ya, desktop publishing intinya menghasilkan sesuatu untuk diterbitkan, seperti majalah, poster, brosur, katalog, kartu ucapan, koran, mading, kalender, dan lain-lain.

Sesuai dengan namanya “Publisher” yang berarti Penerbit. Jadi intinya aplikasi ini dipergunakan untuk membuat sesuatu yang akan diterbitkan bahkan untuk tujuan komersial.

Ada beragam versi dari Microsoft Publisher, diantaranya yaitu Microsoft Publisher 2007, Microsoft Publisher 2010, dan yang terbaru yaitu Microsoft Publisher 2013. Semuanya memiliki tampilan/desain yang berbeda, namun fungsi, tujuan dan kegunaannya tetap sama. Yaitu untuk menciptakan karya desktop publishing.

Kenapa harus memakai Microsoft Publisher ?

Walaupun kita bisa membuat koran atau majalah menggunakan Microsoft Word dan Powerpoint, namun hasilnya tetap akan beda jika kita menggunakan Microsoft Publisher. Mengapa ? Karena fitur dari Microsoft Publisher sangat cocok dan khusus untuk kegiatan desktop publishing. Jadi hasilnya akan lebih memuaskan.

tampilan microsoft publisher 2013
tampilan microsoft publisher 2013


Microsoft Publisher menyediakan berbagai macam template yang siap digunakan. Jadi ketika kita ingin membuat suatu karya, kita hanya tinggal memilih template sesuai kebutuhan. Setelah itu kita mengeditnya sesuai keinginan dengan meggunakan fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya.

Seandainya kita akan membuat sesuatu menggunakan Publisher, tentu hasilnya tidak akan mengecewakan dan lebih cepat untuk jadi. Misalnya saat membuat kartu nama. Kita tinggal memilih template, edit, simpan dan cetak. Jadi deh.

Atau juga membuat majalah dinding untuk tugas sekolah. Hasilnya akan jauh lebih menarik, bagus dan bermakna tentunya dengan pembuatan yang sangat mudah. Hal ini berbanding terbalik jika kita harus membuat mading secara manual. Harus menulis, harus menggambar, harus inilah, itulah yang tentu cukup merepotkan. Pilih mana, manual atau ms publisher ?

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Publisher


Microsoft Publisher memiliki berbagai fungsi dan kegunaan, diantaranya yaitu :

  1. Untuk pembuatan banner.
  2. Untuk pembuatan sertifikat.
  3. Untuk pembuatan majalah.
  4. Untuk pembuatan kartu nama
  5. Untuk pembuatan kartu undangan.
  6. Untuk pembuatan kalender.
  7. Untuk pembuatan kartu ucapan.
  8. Untuk pembuatan brosur.
  9. Untuk pembuatan katalog.
  10. Untuk pembuatan poster.
  11. Untuk pembuatan koran.
  12. Dan untuk pembuatan desktop publishing lainnya.


Keunggulan Microsoft Publisher


Ms. Publisher memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan, diantaranya yaitu :

  1. Adanya banyak template yang siap digunakan.
  2. Mudah digunakan dalam pembuatan karya desktop publishing, bahkan untuk pemula sekalipun.
  3. Hasil jadi dapat dicetak dan disimpan ke berbagai format.
  4. Hasil jadi dapat dikirim melalui e-mail.
  5. Hasil jadi dapat diconvert dengan mudah menjadi bentuk HTML.
  6. Hasil jadi dapat langsung disimpan secara online, sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
  7. Banyaknya fitur yang mendukung pembuatan desktop publishing sehingga hasilnya lebih bagus dan menarik.


Kekurangan Microsoft Publisher


  • Merupakan program berbayar, artinya tidak gratis.


Penutup .....

Nah itu dia pengkajian dari pengertian microsoft publisher, fungsi/kegunaan microsoft publisher, serta kelebihan dan kekurangannya. Dengan mengenal microsoft publisher kita bisa membuat suatu karya desktop publishing secara mandiri. Adapun desktop publishing tersebut seperti koran, majalah, poster, kartu nama, brosur, sertifikat dan lain sebagainya.

Kita tidak perlu repot-repot untuk membayar jasa desain pembuatan desktop publishing, karena dengan menggunakan microsoft publisher kita juga bisa membuatnya. Tentunya sangat mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.


Tertarik untuk mencoba aplikasi ini ?

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top