Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

18 Januari 2016

139+ Istilah Umum dalam Internet beserta Artinya yang Belum Tentu Kamu Tahu

Daftar lengkap Istilah umum di bidang internet beserta pengertian/kegunaan/fungsinya – Apa itu internet ? Internet adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan komputer satu dengan lainnya untuk saling berkomunikasi dan bertukar data/informasi tanpa mengenal batas wilayah teritorial suatu negara (mendunia).

Istilah Umum dalam Internet beserta Artinya yang Belum Tentu Kamu Tahu
Istilah Umum dalam Internet beserta Artinya

Beragam istilah dalam dunia internet sudah sangat sering kita jumpai. Di antara ragam istilah tersebut, terkadang ada beberapa istilah yang masih asing atau tidak kita kenali. Selain itu, kita juga kerap kali sering menggunakan istilah tersebut namun tidak benar-benar paham arti dan fungsinya.

Istilah-istilah tersebut umumnya terbentuk dari kata-kata bahasa asing (umumnya Inggris/Amerika) yang kemudian digunakan menjadi istilah internet di Indonesia. 

Mengapa hal ini terjadi ? 

Hal ini karena kemajuan teknologi yang memungkinkan berkomunikasi tanpa mengenal adanya batas wilayah teritorial baik kota, negara bahkan benua (sering disebut dengan globalisasi). Karena pengaruh globalisasi ini, kosa kata/istilah dari bahasa asing kemudian diserap dan dilazimkan sebagai istilah internet yang umum digunakan di Indonesia. 

Karena perpaduan ini, suatu kosa kata terkadang terasa janggal jika diartikan dalam Indonesia, bahkan tidak ada hubungannya sama sekali. Contohnya adalah cookies yang berarti roti.

Nah, oleh karena itu kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang istilah-istilah tersebut secara sistematis mulai dari awalan huruf A sampai Z (kamus lengkap istilah dalam internet dari a-z). 

Apa saja istilah-istilah tersebut ?

Berikut adalah ulasan lengkapnya....


Istilah Umum dalam Internet beserta Pengertian/Fungsinya


1. 3G
2. 4G

3. Account 
Sebuah informasi atau data dari seseorang yang umumnya terdiri dari username (nama pengguna) dan password (kata sandi) serta beberapa keterangan lainnya.

4. Archie
Suatu alat untuk pengindeks-an arsip yang ada di dalam FTP (File Transfer protocol) yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pencarian dengan lebih spesifik.

5. Attachment 
Bentuk penyampaian pesan yang dilakukan dengan melampirkan atau menyertakan file dari komputer (umumnya digunakan dalam e-mail).

6. Bandwith 
Lebar pita, merupakan besaran yang menunjukkan kapasitas transfer banyaknya data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah jaringan. Kecepatan dapat berubah setiap saat tergantung kondisi pengguna internet. Satuan kecepatan dari bandwith yaitu Mbps (Mega bit per second) atau Kbps (kilo bit per second).

7. Banned 
Suatu tindakan yang dilakukan untuk memblokir identitas/akun tertentu oleh pihak pengatur dan pengelola (moderator). Umumunya dilakukan dengan penyampaian tegas melalui chat, e-mail, atau milis karena diduga identitas tersebut telah melakukan pelanggaran, baikberupa penyalahgunaan perjanjian, diduga mengganggu, merusak atau mengacaukan kegiatan internet.

8. Banner 
Media informasi yang umumnya berbentuk gambar untuk menampilkan sebuah iklan bergambar pada website. Banner ini umumnya berfungsi sebagai ajang promosi produk, merek, jasa, layanan, tempat atau hal lain yang berbau bisnis.

9. Blog 
Singkatan dari Web Log yang sebenarnya digunakan sebagai situs pribadi, namun sekarang mampu menawarkan berbagai informasi, baik berupa pendidikan, kesehatan, pengalaman, tutorial dan lain-lain di mana keberadaannya sudah seperti layaknya sebuah website.

10.  Blogger
Seseorang yang membuat, mengelola, merawat dan memoderasi blog.

11.  Blogging 
Kegiatan yang dilakukan blogger baik berupa mengisi konten, menata desain, mempraktekan teknik SEO, menjelajahi situs lain, dan lain sebagainya.

12. Bookmark 
Menyimpan halaman web yang disukai di browser agar di lain waktu dapat dibuka kembali.

13. Browser/Web Browser 
Program aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet atau dengan kata lain sebagai wadah untuk membuka berbagai halaman website dari penjuru dunia yang ada di internet. Contoh dari browser ini yaitu Google Chrome, Mozila Firefox, Safari, Internet Explorer, dan lain-lain.

14. Browsing 
Aktifitas yang dilakukan seseorang untuk menjelajahi berbagai halaman web untuk mencari informasi dari internet dengan mengikuti link-link halaman web.

15. Buffering
Keadaan dimana aktifitas menonton video terhenti, umumnya karena kecepatan internet yang lambat, banyak pengguna di jaringan atau paketan habis.

16. Captcha
Kode verifikasi untuk melanjutkan ke proses selanjutnya dengan memastikan bahwa pengguna itu bukan robot.

17. CGI/Perl 
Bahasa komputer untuk membuat program interaktif dalam sebuah halaman web yang dikembangkan oleh pemakai sistem operasi berbasis UNIX/Linux.

18. Chat 
Layanan internet yang memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi melalui teks tanpa waktu tunggu (realtime).

19. Chatting 
Istilah yang mengacu pada kegiatan chat itu sendiri.

20. Comunnication Protocol (Komunikasi Protokol) 
Bentuk komunikasi satu set aturan standar yang dirancang sedemikian rupa sehingga sesama komputer saling terhubung dan saling berbagi data/informasi dengan meminimalisir segala kesalahan yang akan terjadi.

21. Connect 
Menghubungkan komputer ke koneksi internet.

22. Close Tab 
Menutup tab yang terbuka pada web browser.

23. Cookie
Informasi tentang client dari komputer server lalu kemudian disimpan ke komputer client itu sendiri.

24. Cyberlaw 
Aturan atau hukum yang berlaku di dunia maya (internet).
25. Cryptography
Bentuk penyampaian pesan dengan menggunakan sandi/kode tertentu sehingga pesan dapat terkirim dengan lebih aman.

26. CSS (Cascading Style Sheet) 
Kumpulan script/kode yang tersusun dengan rapi untuk memperindah tampilan dari suatu halaman web serta dapat mempercepat loading suatu website karena menyingkat struktur kode HTML. CSS terdiri dari 3 komponen yaitu selector, properti dan value.

27. Cybercrime
Segala bentuk tindak kejahatan yang dilakukan di dunia maya (internet)

28. Cyberspace
Istilah yang umum digunakan untuk menggambarkan dunia maya, dipopulerkan pertama kali oleh William Gibson (novelnya yang berjudul Neuromancer).

29. Cybersquatting
Aktifitas yang dilakukan untuk membeli domain di internet namun memiliki kesamaan dengan suatu perusahaan, nama produk, atau nama seseorang. Karena kesamaan tersebut pembeli kemudian menjual kepada perusahaan tersebut dengan harga yang relatif tinggi.

30. Dial-Up
Jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon.


31. Disconnect 
Memutuskan hubungan komputer dengan internet yang sedang terkoneksi.

32. Domain name
Alamat permanen suatu situs di internet yang bersifat unik dan digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs/alamat agar dapat ditemukan di internet.

33. Download
Aktifitas untuk mengambil file, gambar, video, audio dan data/informasi dari internet untuk kemudian disimpan/digunakan pada komputer pribadi.

34. Downstream
Kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal/pribadi melalui sebuah jaringan (kebalikan dari upstream).

35. DSL (Digital Subscriber line)
Suatu metode transfer data melalui saluran telepon regular.

36. E-commerce (Electronic Commerce) : Perdagangan atau transaksi perbankan elektronik melalui media internet.

37. E-mail (Elektronik Mail)
Aplikasi yang memungkinkan pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui jaringan Internet (surat menyurat elektonik melalui internet).

38. Encryption
Menjadikan sebuah pesan agar tidak dapat dibaca jika tidak menggunakan suatu program untuk membukanya.

39. E-payment
Alat pembayaran dengan memanfaatkan media elektronik seperti internet.

40. Flames 
Berbagai pesan di internet yang bersifat menghina atau menjelek-jelekan sehingga membuat penerima (e-mail) menjadi marah.

42.    Follow 

Aktifitas untuk mengikuti seseorang di internet, misalnya follow akun twitter dan instagram.
 

43.    Forward 
Kembali ke halaman web yang telah diakses/dibuka.

44. Firewall 
Sistem keamanan dalam internet yang berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan yang kecil terhadap jaringan yang lebih luas.

45. FTP (File Transfer Protokol) 
Protokol yang digunakan untuk mengirim (mentransfer) dan/atau menerima file dari internet, umumnya berbasis TCP/IP.

46. Game Online
Game yang dimainkan secara online (akses internet) dan dapat dimainkan secara multiplayer.

47. Gateway 
Menerjemahkan antara 2 protokol berbeda sehingga mampu menyediakan akses untuk menghubungkannya ke sistem jaringan.

47. Gopher 
Aplikasi internet untuk mencari informasi yang ada di internet namun terbatas hanya pada teks dengan cara menghubungkan komputer pribadi ke gopher server yang ada di dalam internet.

48. GPRS (General Packet Radio Service)

49. Guest book 
Layanan interaktif pada suatu website/blog yang memungkinkan pengguna untuk menulis pesan dan membaca tulisan dari seorang pengunjung.

50. Hacker 
Seseorang yang ahli di bidang pemrograman komputer dengan kemampuan untuk menembus atau membobol sistem keamanan jaringan (misalnya di internet).

51.    History 
Membaca atau menampilkan kembali halaman web yang telah dikunjungi, umumnya dilakukan melalui web browser.

52. Homepage 
Halaman muka dari suatu situs yang menampilkan informasi/deskripsi mengenai isi situs tersebut.

53. Hoax (mail) 
Suatu kebohongan dalam e-mail yang berasal dari alamat yang tidak jelas.

54. Hosting 
Ruangan penyimpanan seperti layaknya harddisk tempat menyimpan data, file, gambar dan lain-lain yang kemudian akan ditampilkan dalam sebuah situs.

55.    Hostpot 
Lingkup area yang menawarkan layanan akses internet dengan menggunakan Wi-Fi.

56. HTML (Hyper Text Markup Language) 
Sebuah bahasa markup atau kode yang digunakan untuk membuat halaman web yang kemudian menerjemahkan kode tersebut  melalui mekanisme internet sehingga dapat menampilkan informasi kepada pengunjung.

57. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) 
Protokol (antarmuka) yang digunakan pada awal URL site untuk menjelaskan program browser bahwa antarmukanya adalah HTTP. Contohnya adalah http://www.example.com

58. HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure)
HTTP dengan tambahan sistem keamanan untuk melindungi encrpyts dan decrpyts permintaan dari halaman web.

59. Hyperlink/link 
Koneksi yang menghubungkan sebuah halaman web ke halaman lainnya dalam internet.

60. Hypermedia
Suatu media yang bukan hanya teks saja, melainkan ada tambahan fitur baik itu suara maupun video.

61. Hypertext 
Teks Hyper yang maksudnya adalah sebuah teks yang berkaitan dengan dokumen lainnya.

62. IE (Internet Explorer) 
Program untuk menampilkan halaman website di internet (Web Browser) yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.

63. Inbox : Pesan masuk kepada penerima.

64. Internet Banking (i-banking) 
Layanan perbankan yang dilakukan menggunakan jaringan internet.

65. Internet Marketing
Teknik pemasaran untuk melakukan usaha/bisnis dengan memanfaatkan media internet.

66. Internetpreneur
Pengusaha yang berkecimpung di dunia internet.

67. Internet-TV
TV yang mengalami perbuahan dan modifikasi sehingga dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi melalui jaringan internet.

68. Intranet 
Sebuah jaringan lokal yang menghubungkan sesama komputer dalam jaringan lokal, umumnya digunakan untuk kepentingan internal suatu perusahaan, instansi atau organisasi.

69. IP Address : Protokol yang mengatur sistem pengalamatan dalam jaringan, umumnya dipresentasikan dalam angka biner yang membentuk satu kesatuan 4 deret bilangan antara 0 sampai 255. Masing-masing deret dipisahkan dengan titik (.), IP ini juga dibagi menjadi 5 kelas yaitu kelas A, B, C, D dan E. Contoh IP Address yaitu 192.168.0.2 (kelas C).

70. IRC (Internet Relay Chat) 
Fasilitas/layanan di internet yang memungkinkan untuk chatting.

71. ISP (Internet Service Provider) : Suatu perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk penggunanya.

72. Login/Sign-In : Proses masuk ke dalam sebuah halaman web (misalnya masuk ke dalam akun pribadi) dengan memasukkan password dan username pengguna.

73. Logout/Sign-Out : Proses keluar dari sebuah halaman web (misalnya keluar dari akun pribadi). 

74. Lycos : Sebuah Search Engine (mesin pencari) yang dapat digunakan untuk mencari informasi. Sobat bisa mencoba search engine ini di www.lycos.com

75. Mailing list (Milis) : Aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam suatu kelompok/forum melalui e-mail internet.

76. Merchant 
Suatu tempat pemasaran dan penjualan produk, jasa, atau layanan di internet

77. MIME (Multipurpose Internet Mail Extension) 
Ekstensi e-mail yang digunakan untuk mengirim berkas melalui attachment e-mail agar lebih mudah pengirimannya.

78. MLM (Multi Level Marketing)
Sistem penjualan/jasa melalui agen distributor group dengan mensponsori orang lain untuk melakukan hal yang sama (member cari member).

79. Modem (Modulator Demodulator) 
Perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog ke sinyal digital atau sebaliknya dan mampu menghubungkan suatu komputer ke internet.

80. Netter
Seseorang yang sering berkecimpung di dunia internet.

81. Network
Jaringan antar komputer yang saling terhubung satu sama lain (seperti LAN, WAN, MAN, dan internet).

82. Newbie 
Seorang pemula, umumnya baru mengenal sesuatu seperti mengenal internet, baru mengenal facebook, blog dan lain sebagainya.

83. News Group 
Aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum, umumnya memiliki kepentingan yang sama untuk membahas topik tertentu.

84. New Window 
Membuka jendela baru pada web browser untuk membuka suatu halaman web.

85. Offline 
Keadaan seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika tidak terhubung ke internet.

86. Online 
Keadaan seorang pengguna atau komputer itu sendiri ketika sedang terhubung ke internet (kebalikan offline).

87. Password 
Kata kunci yang umumnya berupa kombinasi huruf, angka atau simbol dan bersifat rahasia untuk mengamankan suatu informasi pribadi seperti akun di internet.

88. Paypal
Sistem pembayaran seperti rekening, namun datanya disimpan di internet (uang dalam internet). 

89. Point to Point Protocol (PPP) 
Protokol TCP/IP yang sering digunakan untuk mengkoneksikan komputer ke internet melalui modem atau perangkat lainnya.

90.  Pop-Up 
Bagian pada suatu situs yang melayang sehingga menutupi halaman web, umumnya berupa iklan, fanspage atau promosi gambar lainnya.

91. POP (Post Office protokol) 
Protokol untuk mengambil atau membaca sebuah e-mail dari sebuah server yang ada di internet ke komputer lokal/pribadi.

92. Protokol 
Aturan standar yang mengatur mekanisme suatu jaringan sehingga sesama komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi.

93. Proxy server 
Sebuah komputer server yang dapat melakukan sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari internet atau intranet. 

94. Referrer 
Suatu alamat situs/URL yang berasal dari pengunjung.

95.  Refresh 
Menyegarkan atau memperbaharui suatu halaman web.

96.    Reload
Memanggil kembali halaman web (dimuat ulang).

97. Search Engine (Mesin Pencari) 
Program suatu website yang digunakan untuk mecari informasi/data yang ada di internet. Contoh Search Engine yang sering digunakan saat ini yaitu Google, Yahoo, Lycos, Bing dan masih banyak lagi.

98. SEO (Search Engine Optimazion)
Suatu teknik pada suatu website/blog dengan bersaing menjadi urutan teratas dalam hasil pencarian mesin pencari untuk meningkatkan traffik/kunjungan. Suatu website yang menerapkan teknik SEO akan lebih mudah tampil di halaman pertama mesin pencari, dengan begitu pengunjung akan berdatangan karena website tersebut mudah ditemukan. Semakin baik tekniknya, suatu website akan mudah mengalahkan saingannya di mesin telusur.

99. SERP (Search Engine Result Page) 
Halaman web tertampil hasil pencarian mesin pencari berdasarkan kata kunci tertarget.

100. Shareware
Perangkat lunak (software) yang dibagikan secara gratis oleh pengembang dan biasanya dibagikan melalui internet.

101. Sign up 
Proses pendaftaran/registrasi layanan internet dalam pembuatan ID atau akun tertentu. Misalnya saja ketika belum mempunyai akun e-mail, kita bisa mendaftar akun lewat situs yang melayani e-mail (seperti gmail, yahoo mail). Saat mendaftar kita dikenai prosedur/mekanismenya seperti mengisi biodata, nomor HP dan lain-lain. Sign Up ini juga berlaku pada saat pendaftaran Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

102. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) 
Protokol untuk mengirimkan e-mail dari komputer lokal/pribadi kepada server melalui jaringan internet (kebalikan dari protokol POP).

103. Spam 
Pesan komersial atau iklan yang ditujukan kepada penerima (umumnya di newsgroup/e-mail) namun sebenarnya pengguna tidak menginginkan pesan tersebut masuk.

104. Spider
Istilah yang mengacu pada penjelajah suatu website di internet, atau dengan kata lain mesin pencari itu sendiri.

105. Streaming
Kegiatan menonton gambar bergerak/video secara online.

106. Subscribe
Layanan yang memudahkan seseorang untuk berlangganan, misalnya subscribe channel youtube atau berlangganan blog sehingga ketika ada artikel/video baru langsung bisa diketahui.


107. Surfing
Aktifitas berselancar menjelajahi halaman web di internet (bisa juga dikatakan browsing).

108. Telnet
Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi agar seorag pengguna internet dapat mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. 

109. Thread 
Serangkaian surat yang ada dalam sebuah forum diskusi di internet.

110. Unfollow
Batal mengikuti akun seseorang di internet.

111. Unsubscribe
Batal berlangganan, misalnya batal berlangganan blog/channel youtube.

112. Update
Memperbaharui sesuatu agar lebih optimal, misalnya memperbaharui program antivirus agar virus baru juga dapat discan dengan baik.

113. Upload 
Kegiatan yang dilakukan untuk mengunggah/mengirim informasi atau data berupa file, dokumen, foto, video atau audio dari komputer pribadi ke internet.

114. Upstream 
Kecepatan aliran data dari komputer lokal (milik pribadi) ke komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan, misalnya jaringan internet.

115. URL (Uniform Resource Locator) : Suatu sistem yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat website, alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web contohnya adalah www.siswamaster.com

116. Username
Nama pengguna, biasanya terdapat dalam sebuah akun di internet.

117. VPN (Virtual Private Network) 
Jaringan yang sebagian di antaranya terhubung dengan internet, tetapi di sisi lain lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami pengacakan (proses enkripsi) sehingga mengakibatkan network secara private/virtual (tertutup).

118. WAP (Wirelles Aplication Protocol) : Protokol untuk aplikasi wirelles yang merupakan hasil kerjasama industri untuk membuat standarisasi terbuka dan berbasis pada standar internet.

119. Web Designer 
Seseorang yang ahli dalam mendesain sebuah website agar tampilannya tampak menarik dan bagus jika dinilai oleh pengunjung.

120. Web Developer
Seseorang yang memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman untuk menciptakan website dinamis yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

121. Web Hosting
Perusahaan yang menyediakan layanan untuk berbagi tempat penyimpanan suatu data/informasi pada sebuah website (intinya penyedia hosting).

122. Web Master
Seseorang yang memiliki keahlian di dunia website

123. Web Page : Halaman web

124. Web Portal
Website yang menyediakan berbagai informasi dan layanan bagi pengunjungnya.

125. Webmail 
Sebuah web yang menyediakan fasilitas dan sarana untuk pengiriman, penerimaan dan pembacaan email.

126. Website (Situs) 
Kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar, gerak, suara, dan atau hubungan dari semuanya itu baik bersifat statis maupun dinamis yang membentuk suatu rangkaian bangunan yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan dengan berbagai link.

127. Wi-Fi (Wirelles Fidelity)
Bentuk transfer data untuk mengakses internet yang dilakukan secara nirkabel (tanpa kabel).

128. WWW (Worl Wide Web
Sistem menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, audio atau video dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh browser.

129.    Xml
130.    Veronica
131.    Voice mail
132.    Spyware dan Adware
133.    POP Mail
134.    Phising
135.    Plugin Netfind
136.    Netiquette
137.    Netizen
138.    HSDPA
139.    FAQ (frequently asked question)
140.    Cracker
141.    Cache
142.    Broadcast
143.    BITNET

*Maaf jika artikelnya belum lengkap, namun seiring berjalannya waktu akan terus diperbaharui menjadi lebih lengkap*


Kesimpulan...

Sebenarnya istilah-istilah tersebut tidak begitu asing apabila kita sudah sering menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi semakin seseorang mengenal dunianya, istilah asing juga semakin dekat dengannya.

Demikianlah artikel tentang istilah-istilah umum di dalam dunia internet, semoga bermanfaat...

Salam Anak IT Indonesia !

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top