Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

2 November 2015

Pengertian Repository dalam Sistem Operasi Linux

Apa itu Repository Secara Umum pada Sistem Operasi Linux ? - Linux sudah kita ketahui sebagai salah satu sistem operasi yang bersifat open source dan bebas dipergunakan oleh siapa saja.
Pengertian Repository di Linux
Pengertian Repository Linux

Dalam sistem linux ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dibanding dengan sistem operasi closed source. Linux memiliki berbagai distro yang di dalamnya terdapat repository. Nah mungkin kalian sudah pernah mendengar kata "repository", namun apa sih repository itu ?
 

Pengertian Repository


Repository adalah suatu kumpulan dari berbagai macam aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi linux atau ringkasnya adalah suatu paket aplikasi dalam distribusi Linux.

Repository juga dapat diartikan sebagai paket-paket khusus untuk sebuah program sistem operasi yang selanjutnya paket tersebut di install sehingga memperoleh kinerja yang lebih baik dari sebuah sistem operasi.
Fungsi dari repository 

Sebagai penunjang kinerja dari sebuah program, aplikasi dan sebagainya yang di dapat dari Server Mirror, CD/DVD dan media penyimpanan lainnya.

Masih bingung tentang repository ?

Jadi begini, dalam sebuah sistem operasi linux terdapat berbagai distro yang telah tersedia. Karena banyaknya distro yang bertebaran, dibuatlah yang namanya repository. Ibaratkan saja repsoitory sebagai paket khusus yang berada dalam distro. 

Repository yang berada dalam distro berperan untuk menunjang sebuah program dan aplikasi dari sistem operasi sehingga paket-paket tersebut tidak tercampur dengan paket distro lain.

Kita ambil contoh repository yang terdapat dalam Ubuntu. Terdiri atas 4 area yaitu main, restricted, universe dan multiverse.
  • Main adalah software yang didukung secara resmi
  •  Restricted adalah software yang didukung akan tetapi tidak seutuhnya bebas licensi, ada yang berbayar dan ada yang gratis.
  •  Universe adalah software yang dikelola oleh komunitas-komunitas ubuntu.
  •  Multiverse  adalah software berbayar/tidak gratis.
Setiap menginstall software di Linux, Linux akan mencari software yang akan diinstall dalam repository. Jika software tersebut sudah ditemukan, proses installasi akan dilanjutkan hingga benar-benar terinstall. 

Baca juga : Pengertian Distro Linux
 
Kesimpulan...

Biar lebih jelas mari kita ulang-ulang pengertian repositroy. Repositroy yaitu paket-paket yang dikhususkan dan disediakan dalam sebuah distro guna menunjang kinerja sistem operasi.




Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top