Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

3 November 2015

Pengertian dan Manfaat Internet

Pengertian dan Manfaat Internet – Dewasa ini teknologi semakin maju dan terus berkembang seiring perkembangan zaman. Kemajuan teknologi akan mempermudah aktifitas manusia dalam berkehidupan. Contoh umum dari majunya teknologi adalah internet.

Pengertian dan Manfaat Internet

Apa itu internet ?


Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang sangat luas yang menghubungkan berbagai komputer di dunia menggunakan standar protokol untuk saling bertukar data dan informasi. 

Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di belahan dunia. Internet menggunakan standar protokol global untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini sering kita kenal sebagai TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Internet menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibanding media yang lain ditengah perkembangan teknologi yang sangat pesat. Terbukti berbagai layanan di internet sangat sering kita gunakan seperti E-mail, jejaring sosial, blog, situs, dan lainnya.

Keunggulan internet 


Keunggulan/kelebihan internet sangatlah banyak, berikut diantaranya :
  • Keterbukaan
  • Komunikasi yang hemat dan murah.
  • Sumber informasi yang sangat bervariasi.
  • Jangkauan tidak terbatas.
  • Tantangan baru untuk membuka usaha baru.

Manfaat internet


Banyak kegunaan/manfaat internet dalam berbagai bidang kehidupan baik itu bidang pemerintahan, akademis, bisnis, organisasi, dan sebagainya. Kegunaan/manfaat internet diantaranya yaitu :

1. Sebagai media promosi

Internet saat ini menjadi strategi kemajuan dalam berbisnis. Bukan hal yang baru internet digunakan sebagai sarana untuk berpromosi. Sudah sangat banyak perusahaan di Indonesia dan dunia yang memanfaatkan jasa internet. Layanan dan fitur di Internet dijadikan alat berpromosi berbagai produk perusahaan ke berbagai kota dan mancanegara.

Kekuatan internet dalam promosi produk sangat luar biasa karena dapat menjangkau konsumen di mana pun tanpa mengenal batas waktu dan wilayah teritorial. Hal ini tentu sangat menguntungkan para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya menjadi jauh lebih baik.

Selain itu, promosi produk melalui internet akan menghemat biaya pengeluaran dibanding dengan media promosi lainnya. Kita juga dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga. Keuntungan internet sebagai sarana komunikasi yaitu :
  • Promosi tidak mengenal batas waktu dan wilayah.
  • Dapat menjelaskan secara detail mengenai produk yang akan kita tawarkan.
  • Menggaet calon konsumen lebih luas dan menyeluruh.
  • Membatasi biaya promosi untuk menghemat pengeluaran.
Contoh nyata dari penggunaan internet sebagai sarana untuk berpromosi adalah jasa periklanan (misalnya Google Adwords), situs resmi untuk promosi produk, berpromosi dengan jejaring sosial, dan lain sebagainya.

2. Sebagai media komunikasi

Fenomena internet sebagai media komunikasi begitu fantastis untuk saat ini. Internet memiliki kelebihan tersendiri dibanding media komunikasi lain. Informasi yang didapat melalui internet lebih murah, mudah, cepat, dan tidak mengenal batas wilayah yang jangkauannya mendunia.

Beragam situs saat ini juga sudah banyak bermunculan, jadi semisal kita ingin memperoleh informasi kita hanya mengetikkan kata kunci yang sedang dibutuhkan, lalu mencarinya di mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Ask).

Internet juga dapat dikatakan sebagai media komunikasi interaktif karena kemudahannya untuk berkomunikasi dengan saling bertukar informasi baik secara langsung maupun tunda. 

Jadi ketika si A berada di Indonesia dan si B berada di Jepang, maka keduanya dapat dengan mudah berkomunikasi melalui internet. Misalnya dengan E-mail, Skype, Video Conference, Internet Relay Chat, Internet Phone, Social Media, dan sebagainya.

3. Sebagai media bertukar data dan informasi

Kejanggihan internet seperti dengan adanya web menyebabkan pertukaran data semakin mudah. Pencarian dan pengaksesan untuk memperoleh informasi saat ini semakin cepat dan efektif melalui internet. Web menyediakan berbagai fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk menulusuri informasi yang ada tanpa dibatasi waktu dan wilayah. Intinya di mana pun dan kapan pun.

Segala informasi yang ada di internet kita bisa memanfaatkannya untuk hiburan, referensi, belajar dan aktifitas bisnis. Contoh dari pertukaran data dan informasi yang sangat umum adalah proses download dan upload ke internet.

Internet sebagai jaringan komputer yang mendunia seharusnya benar-benar kita manfaatkan dengan baik. Pemanfaatan internet yang baik tentu akan menghasilkan keuntungan tersendiri bagi diri sendiri maupun orang lain.

Dan dengan adanya internet, dunia seakan menjadi lebih dekat karena tidak mengenal batas-batas teritorial sebuah wilayah atau negara. 

Salam jomblo ! Eh, salam netizen !


Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top