Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

23 November 2015

Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel

Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel beserta kegunaannya - Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel – Apa itu Microsoft Excel ? Microsoft Excel adalah sebuah program dari Microsoft Office yang mempunyai fungsi pengolah data  berupa perhitungan atau grafik. 

Pengertian dan Fungsi Microsoft Excell

Program ini memungkinkan penggunanya untuk membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan mudah dioperasikan.

Hingga saat ini, Microsoft Excel menjadi salah satu program spreadsheet terpopuler dan dipergunakan oleh berbagai kalangan, baik di platform Windows maupun Mac OS.

Untuk mengoperasikan Excel sendiri terbilang gampang-gampang susah. Jika kita memang sudah tahu rumus dan logika perhitungan excel, maka dengan gampangnya menggunakan aplikasi ini. Sebaliknya jika kita belum paham maka kita tidak dapat menggunakannya secara optimal. Bahkan jika salah menggunakan rumus dapat berakibat kesalahan dalam membaca data. Maka dari itu pelajarilah rumus dan logika excel agar dapat mengoperasikan excel dengan baik dan optimal.

Komponen Microsoft Excel


Dalam Microsoft Excel terdapat beberapa bagian atau komponen, diantaranya yaitu :

  1. Row Heading, penunjuk lokasi baris dalam sebuah lembar kerja (worksheet) Excel
  2. Column Heading, penunjuk lokasi kolom dalam sebuah lembar kerja Excel
  3. Cell Pointer, penunjuk sel yang aktif
  4. Formula Bar, Tempat di mana rumus diketikkan untuk digunakan dalam sebuah lembar kerja Excel.

Fungsi Microsoft Excel


Microsoft Excel ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan diantaranya yaitu :

  1. Untuk membuat laporan keuangan akuntansi.
  2. Untuk keperluan administrasi sebuah instansi.
  3. Untuk mengurutkan beragam data baik pengolah angka maupun kata.
  4. Untuk melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus dan logika.

Sejarah Microsoft Excel


Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang menjadi cikal bakal lahirnya Excel. Program ini dinamai Multiplan, yang merupakan program sangat populer dalam sistem operasi CP/M (kecuali sistem MS/DOS yang memiliki Lotus 1-2-3). Mengingat ada saingan, Microsoft tidak tinggal diam. Mereka mulai mengembangkan program spreadsheet baru yang disebut dengan Excel.

Pada tahun 1985, versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh sedangkan pada November 1987 versi kedua Excel muncul untuk sistem Windows.

Karena Lotus 1-2-3 terlambat terjun ke pasar program spreadsheet Windows, pada akhirnya Excel menggeser posisi Lotus dalam pasar program spreadsheet(1988). Hal inilah yang kemudian menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang software komputer pribadi yang handal dan professional.

Microsoft lambat laun terus mengembangkan program pengolah angka ini dengan mengupdate versi dari tahun ke tahun. Versi terbaru dari Excel untuk Windows saat ini yaitu Excel 2013 (versi 15), sedangkan untuk Mac OS adalah Excel for Mac.

Pada awal peluncurannya, nama excel menjadi perdebatan antara Microsoft dengan perusahaan lain yang juga memiliki program dengan nama Excel. Dan pada akhirnya Microsoft mengakhiri tuntutan tersebut dengan mengubah nama menjadi Microsoft Excel dalam rilis pers dan dokumen Microsoft.

Namun pada kenyataannya, hal ini diabaikan oleh Microsoft. Microsoft bahkan membeli Excel dari perusahaan yang menuntut sebelumnya. Karena itulah penggunaan nama Excel tidak menjadi masalah lagi.

Sebagai singkatan program Excel, microsoft sering menggunakan huruf XL. Excel juga menyediakan keunggulan antarmuka dibanding program spreadsheet pendahulunya namun esensinya masih sama dengan VisiCalc (software spreadsheet yang terkenal pertama kali).

Sejak tahun 1993, Excel sudah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Application yang menambah kemampuan Excel dalam menambah fungsi yang didefinisikan oleh pengguna untuk dipergunakan dalam worksheet. Di versi berikutnya, Excel menambah IDE (Integrated Development Environment) untuk bahasa VBA Excel. IDE ini akan memudahkan kalangan programmer untuk membuat sebuah program.

Hingga saat ini, versi terbaru adalah Microsoft Excel 2013 yang termasuk dalam bagian Microsoft Office System.

Kelebihan Microsoft Excel


Microsoft Excel sebagai program populer memiliki kelebihan/keunggulan diantaranya yaitu :
  1. Antarmuka pengguna yang userfriendly.
  2. Tersedianya fitur untuk membuat grafik data.
  3. Adanya fitur pemrograman VBA.
  4. Kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar.
  5. Mudah dioperasikan jika paham rumus dan logika dalam Excel.

Kekurangan Microsoft Excel


Selain memiliki kelebihan, Microsoft Excel juga memiliki kekurangan/kelemahan diantaranya yaitu :
  1. Merupakan program berlicensi sehingga harus membayarnya kepada pengembang.
  2. Jika belum tahu rumus dan logika excel, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.
  3. Jika salah menggunakan rumus akan berakibat pada kesalahan membaca data.

Microsoft Excel tidak sesulit yang dibayangkan, jika kita benar-benar paham seluk beluk Excel maka pekerjaan berat akan jauh lebih ringan. 

Nah demikian artikel tentang pengertian dan fungsi Microsoft Excel. Intinya kita sudah mengenal dan memperlajari pengertian, komponen, sejarah, kelebihan dan kekurangan Ms. Excel itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top