Siswa Master

Berbagi Mata Pelajaran Sekolah, Tips Belajar dan Info Menarik Lainnya | Lengkap dan Terpercaya

21 Agustus 2015

Macam - Macam Norma dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Jenis/Macam - Macam Norma dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari -  Norma pada saat ini menjadi sarana penting agar terciptanya suatu ketentraman, kedamaian, keadilan, ketertiban, kedamaian, dan rasa aman dalam hidup bermasyarakat.

macam-macam norma dan contohnya

Di dalam kehidupan sehari hari, kita dapat mengenal norma dalam empat macam, yaitu : Norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan (asusila), dan norma hukum.

Ke-empat norma ini akan membuat setiap individu menjadi lebih taat pada Hak dan Kewajiban serta memperjuangkan kepentingannya dalam batas tidak melanggar aturan sehingga tidak merugikan orang lain.

Ingin tahu lebih lanjut ? 

Berikut adalah macam-macam norma dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari :

1. Norma Agama


Norma Agama adalah aturan yang berisi kaidah, perintah, larangan, dan petunjuk yang berasal dari Tuhan. Norma ini umumnya merupakan suatu kepercayaan dimana kepercayaan tersebut akan memberikan pedoman hidup pada masing-masing individu. 

Norma ini mengharuskan tiap individu untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dengan cara menjauhi segala larangan-Nya dan melaksanakan segala perintah-Nya. Jika norma ini dilaksanakan dengan baik, niscaya orang tersebut akan selamat di dunia dan di akhirat kelak.

Jika norma ini dilanggar, maka sanksinya berupa dosa dan akan dipertanggungjawabkan kelak setelah meninggal dunia ( sanksi bersifat tidak langsung ). Oleh karena itulah norma ini merupakan norma tertinggi dari norma lainnya dimana aturan-aturannya bersifat mutlak dan tidak bisa ditawar atau diganggu gugat. 

Norma agama juga menjadi landasan bagi norma lainnya karena jika seseorang patuh terhadap agama maka secara langsung atau tidak langsung akan patuh juga terhadap norma lainnya. 

Sebagai contoh, jika seseorang melakukan perbuatan maksiat yang tidak dianjurkan agama ( misal mencuri ) maka hati nuraninya ikut merasa bersalah bahkan ada perang batin di dalam dirinya. Beda lagi dengan seseorang yang selalu melaksanakan perintah-Nya dengan baik ( misal menolong sesama ) maka hati nuraninya akan menjadi lebih tentram, damai, dan bahagia.

Contoh norma agama dalam kehidupan sehari-hari :

~ Menjauhi larangan :
  1. Tidak meminum minuman keras
  2. Tidak berzinah dan berselingkuh
  3. Tidak suka berbohong atau berdusta
  4. Tidak melakukan perjudian
  5. Tidak membunuh atau menganiaya seseorang
~ Melaksanakan perintah :
  1. Beramal, bersedekah dan bersodakoh
  2. Selalu berbakti kepada kedua orang tua
  3. Selalu berbuat baik kepada siapa saja
  4. Menolong sesama manusia yang sedang membutuhkan
  5. Menghormati dan menghargai orang lain
Semua norma agama mengandung perintah atau larangan dari Yang Maha Kuasa sehingga mengandung petunjuk untuk melakukan hal-hal yang baik. Jangan heran jika perilaku yang menunjukkan norma agama juga dapat menunjukkan perilaku terhadap norma lainnya.

2. Norma kesusilaan ( asusila)


Norma kesusilaan ( asusila) adalah aturan tingkah laku manusia yang berasal dari suara hati, dimana hati nurani mengatur tentang baik dan buruknya suatu perbuatan. Norma ini akan menunjukkan kualitas pribadi seseorang. 

Mengapa demikian ? 

Manusia yang punya kepribadian baik relatif lebih peka untuk menilai baik dan buruknya sesuatu. Beda dengan manusia yang kepribadiannya kurang baik, tentu akan sulit untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Jika seseorang dapat menilai baik dan buruknya perbuatan, maka norma ini akan dengan mudah memberikan petunjuk  tentang cara untuk bertingkah laku memutuskan hal yang harus dilakukan, dijauhi, dan ditentang.

Setiap orang di dunia ini tentu memiliki hati nurani, maka norma ini ada dalam setiap orang di dunia.  Dengan adanya norma kesusilaan, masing-masing orang dapat memiliki pedoman hidup untuk membedakan baik dan buruknya perbuatan dan menjadikan seseorang mempunyai sifat kesusilaan yang tinggi sesuai nilai kemanusiaan agar menjadi pribadi yang sempurna.

Pelanggaran norma ini akan dikenai sanksi berupa perang batin, kegelisahan, bahkan penyesalan atas apa yang telah diperbuat karena telah menentang hati nurani.

Contoh norma kesusilaan dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Selalu bersikap jujur dalam perkataan, tindakan, dan perbuatan.
  2. Tidak memfitnah atau mencemarkan nama baik seseorang.
  3. Tidak menghina dan merendahkan orang lain.
  4. Peduli terhadap sesama dengan memberi berbagai bantuan.
  5. Bersikap adil dan bijaksana di lingkungan masyarakat.

3. Norma Kesopanan


Norma Kesopanan adalah aturan-aturan atau kaidah yang terdapat di dalam suatu masyarakat dan timbul karena sikap saling menghormati antar sesama manusia.

Di tiap daerah di dunia ini tentu memiliki adat yang berbeda-beda. Mengapa hal itu terjadi ? Ini disebabkan karena di setiap daerah menentukan peraturannya sendiri tentang hal-hal yang dianggap sopan dan dirasa boleh/baik untuk dilakukan serta hal yang kurang baik untuk dihindari.

Norma kesopanan memiliki patokan atau ukuran yang berbeda-beda di setiap daerah, sehingga tiap masyarakat memiliki patokan mengenai apa yang harus dilakukan, dihindari, dan ditentang.

Tujuan utama norma kesopanan adalah untuk menciptakan sifat saling menghargai dan menghormati antar individu. Norma ini juga diciptakan demi lahirnya keharmonisan, ketentraman, dan ketertiban di dalam masyarakat.

Contoh norma kesopanan dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Tidak melakukan perbuatan zinah yang dapat mencemarkan nama baik diri sendiri dan orang banyak.
  2. Ramah dan tidak sombong di lingkungan masyarakat.
  3. Menerima sesuatu dan makan dengan tangan kanan.
  4. Tidak menyela atau memotong pembicaraan orang lain.
  5. Tidak meludah, buang samapah atau kencing sembarangan.
  6. Tidak berkata kotor dan berbicara secara kasar.
  7. Mengucapkan salam ketika masuk ke rumah orang lain.
  8. Menghormati dan menghargai orang lain, terutama kepada orang yang lebih tua.
  9. Tidak menghina atau mencela orang lain baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi.
  10. Mempersilahkan orang yang lebih tua, ibu-ibu atau wanita untuk duduk ketika di dalam angkutan umum ( seperti bus atau kereta )

4. Norma Hukum

Norma Hukum adalah norma yang secara jelas yang ditetapkan dan diberlakukan oleh suatu negara. Norma ini dibuat karena norma lainnya ( norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan ) belum mampu menciptakan atau menjaga ketertiban dan kedamaian di dalam masyarakat.

Contoh norma hukum dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Tidak melanggar tata tertib berlalu lintas.
  2. Tidak membuat kericuhan, merusak fasilitas negara, dan atau mengganggu ketertiban umum.
  3. Tidak membunuh atau menghilangkan nyawa seseorang karena melanggar Pasal 338 KUHP.
  4. Tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.
  5. Tidak mencuri hak milik orang lain karena melanggar Pasal 362 KUHP.
  6. Tidak melakukan tindak kekerasan dan penganiayaan.
Kesimpulannya kita telah mempelajari tentang Macam-macam norma beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari...

Terimakasih...

Ayo budayakan komentar setelah membaca artikel ! (Jangan SPAM ya)

 
Back To Top